Sunday, December 8, 2019

Manfaat Kunyit Untuk Ibu Menyusui

Manfaat Kunyit Untuk Ibu Menyusui

Ceritasakti.com - Kunyit adalah salah satu bahan rempah-rempah yang tumbuh subur di Indonesia. Berbagai manfaat yang dapat kita peroleh dari kunyit dapat membantu tubuh kita menjadi segar dan sehat.

Kandungan kurkumin yang ada pada Kunyit nyatanya benar-benar berguna bagi badan manusia, seperti menurunkan rasa ngilu otot sesudah berolahraga serta memperbaiki hormon depresi tubuh.

Lalu, untuk ibu menyusui apakah Kunyit membawa manfaat yang sama juga? Nah, kali ini ceritasakti akan membagikan info tentang Manfaat Kunyit Untuk Ibu Menyusui. 

Manfaat kunyit untuk ibu menyusui 

Di Negeri Bollywood, India, kunyit bukan sekedar dipakai jadi bumbu masak saja, bahkan juga dipercaya bisa memperlancar produksi ASI pada ibu-ibu pasca melahirkan.

Disamping melancarkan ASI, beberapa kandungan dari Kunyit yang dapat dirasakan manfaatnya diantaranya:

1. Tingkatkan skema kekebalan tubuh

Menurut hasil penelitian mengenai manfaat Kunyit untuk kesehatan manusia, kandungan kurkumin pada kunyit telah dibuktikan bisa kurangi efek peradangan badan.

Ini disebabkan karena Kunyit memiliki kandungan senyawa kurkumin yang berbentuk antijamur, antibakteri, serta antivirus.

Ketiganya bekerja untuk meningkatkan skema kekebalan badan hingga menghindarkan sang ibu dari virus serta bakteri sepanjang menyusui.

Dengan demikian, ketika bayi anda meminum ASI dari ibu, maka anak anda pun akan jauh dari masalah penyakit.

2. Mengurangi peradangan

Bukan sekedar tingkatkan skema imun dalam tubuh, manfaat kunyit untuk ibu menyusui nyatanya dapat mengurangi peradangan serta pembengkakan pada payudara.

Pada beberapa masalah, seorang ibu bisa rasakan ngilu waktu menyusui bayinya karena kelenjar susu yang terhalang serta mengakibatkan payudara membengkak.

Nah, pada kenyataannya, cream topikal (salep) yang terbuat dari Kunyit yang banyak mengandung kurkumin dapat menolong menangani permasalahan itu.

Pada tahun 2014 ada satu riset tentang kemanjuran cream kurkumin untuk kurangi peradangan pada pasien mastitis laktasi.

Dalam riset tersebut diikutsertakan 63 ibu menyusui yang diolesi cream itu selama 3 hari berturut-turut dan diolesi tiap 8 jam.

Dari hasil riset itu memang tidak menunjukkan ketidaksamaan yang mencolok, tapi cukup memberikan hasil yang meyakinkan.

Setelah 72 jam, beberapa ibu menyusui itu memberikan laporan jika rasa ngilu serta kemelut pada payudara mereka telah berkurang.

Meskipun riset menunjukkan tanda-tanda mastitis laktasi pada ibu hamil berkurang, akan lebih baik jika anda berkonsultasi pada dokter anda sebelum memakai kunyit sebagai pilihan penyembuhan.

3. Menjaga berat badan tetap stabil saat masa menyusui

Pada sebagian besar ibu menyusui mungkin cukup kesulitan untuk menjaga berat badannya agar tetap stabil, sebab nafsu makan yang besar akan selalu dirasakan oleh ibu untuk kelancaran produksi ASI.

Agar berat tubuh mereka tetap konstan, pasti ada cara-cara yang dapat dilakukan oleh ibu menyusui dan masih tergolong aman untuk masa menyusui.

Dengan berolahraga ringan misalnya sampai mengontrol pola makan bisa saja salah satunya triknya.

Akan tetapi, tahukah anda jika kunyit nyatanya dapat membantu anda menangani permasalahan berat badan itu?

Menurut satu riset pada tahun 2013, pemakaian Kunyit pada obesitas menjadi pilihan penyembuhan dan nyatanya dapat dibuktikan dan hasilnya cukup efisien.

Hal itu karena kurkumin yang ada pada Kunyit bisa menekan peradangan yang menghalangi pergantian jaringan adiposa (sel lemak).

Bila sel lemak yang dihasilkan oleh tubuh terlalu berlebih, pasti bisa membuat lemak anda tertimbun di badan (adipositas). Keadaan itu bisa berbuntut pada obesitas.

Beberapa ibu menyusui bisa mendapatkan manfaat ini cukup dengan konsumsi satu sendok teh bubuk kunyit untuk menjaga berat badan mereka tetap stabil dan selalu sehat.

Manfaat Kunyit Untuk Ibu Menyusui

4. Menangani permasalahan pencernaan

Sering kali ibu menyusui alami permasalahan pencernaan. Itu disebabkan karena badan kembali lakukan rekonsilasi. pergantian dari masa kehamilan ke masa menyusui.

Umumnya, permasalahan konstipasi serta perut kembung jadi salah satunya yang seringkali dirasakan.

Ternyata Kunyit mempunyai manfaat untuk memudahkan permasalahan ini pada ibu menyusui.

Kandungan serat dalam kunyit diakui dapat mengurangi gas pada perut anda sebagai pemicu perut kembung serta konstipasi.

5. Menyamarkan stretch marks 

Tidak hanya baik untuk kesehatan anda, manfaat lainnya dari kunyit untuk ibu menyusui yang dapat anda temukan ialah menyamarkan stretch marks.

Pasca melahirkan, beberapa wanita yang mengeluhkan garis-garis tipis yang berada di paha atau perut mengakibatkan kerusakan penampilan mereka.

Nah, tidak hanya dari memakai cream dari dokter, mungkin anda bisa coba cream yang memiliki kandungan kunyit untuk memudarkan garis itu.

Sebab kunyit memiliki anti-oksidan yang bisa tingkatkan peranan sel membran kulit. 

Bila sel membran kulit bekerja dengan optimal, anda dapat ucapkan selamat tinggal pada stretch marks yang ada di kulit tubuh anda.

Anda bisa membuat krem tersebut sendiri di rumah dengan sangat mudah.

Langkah pemakaian:

  • Campurkan 1/2 sdt bubuk kunyit dengan 2 sdt minyak zaitun, lalu aduk hingga menjadi pasta. 
  • Oleskan pada bagian kulit anda yang terdapat stretch mark 
  • Biarkan krem tersebut hingga kurang lebih 15 menit
  • lalu basuh hingga bersih

Lakukan cara ini secara teratur hingga mendapat hasil yang memuaskan.

6. Membantu mengurangi efek stres postpartum 

Stres postpartum adalah keadaan yang seringkali ditemui pada wanita yang baru saja melahirkan.

Penyebabnya juga bermacam-macam, seperti kurang tidur, depresi, serta bermula dari rasa kuatir yang terlalu berlebih.

Nah, manfaat kunyit dapat dipakai untuk membantu ibu yang baru saja melahirkan serta menyusui untuk menangani permasalahan ini.

Rempah yang satu ini dapat meningkatkan peranan otak serta hormon dopamin yang dapat tingkatkan situasi hati.

Hingga saat ini belum ada riset yang betul-betul mengulas dampak kunyit pada stres pasca melahirkan (postpartum).

Oleh karena itu akan lebih baik apabila berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu untuk manfaat kunyit yang satu ini.

7. Membantu mencerahkan kulit

Sesudah melahirkan serta menyusui, beberapa ibu cenderung mengalami beberapa permasalahan kulit.

Pilihan pengobatannya juga terbatas sebab obat-obatan tertentu bisa berpengaruh pada produksi ASI.

Umumnya, ibu menyusui yang memiliki permasalahan kulit harus konsultasi dulu ke dokter sebelum putuskan memakai penyembuhan tersendiri.

Nah, tidak hanya pemakaian obat dari dokter, anda dapat memanfaatkan kunyit jadi pilihan lain untuk membantu menangani permasalahan kulit anda.

Kunyit sendiri didapati mempunyai manfaat untuk mencerahkan warna kulit.
Di jaman modern ini banyak juga produk-produk kosmetik pencerah kulit yang telah menggunakan kunyit sebagai kandungan alami dalam produk mereka.

Setelah anda membaca artikel Manfaat Kunyit Untuk Ibu Menyusui, kunyit memang mempunyai banyak manfaat untuk ibu menyusui. Tetapi, jangan lupa anda masih harus menanyakan pada dokter sebelum memakainya agar tahu dosis yang aman untuk digunakan.

Nah, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dan masih banyak lagi artikel-artikel lainnya yang sangat menarik untuk di baca.(E/S) 

Load comments