Thursday, April 18, 2019

7 FAKTA MENARIK TENTANG PLASTIK

CeritaSakti.com - Plastik telah tersebar dan menjadi suatu kebutuhan bagi manusia di seluruh dunia saat ini termasuk negara kita tercinta ini. Kita telah banyak menggunakannya sebagai alat penunjang kehidupan kita sehari-hari. Seperti alat tulis dan peralatan rumah tangga adalah salah satunya.




Akan tetapi tahukah anda bahwa ada beberapa fakta yang menarik tentang plastik, apa sajakah itu? Oke..mari kita pelajari bersama..

Biji plastik daur ulang

Tujuh Fakta Menarik Tentang Plastik:
  1. Plastik merupakan hasil olahan dari minyak bumi. Beragam hasil pengolahan nya yaitu bahan bakar minyak (BBM), aspal dan ada juga polymer plastik.
  2. Polymer plastik ini kemudian akan di kirim ke pabrik untuk diolah menjadi berbagai macam  bentuk benda yang dapat kita gunakan sehari-hari seperti mainan, kotak bekal, pencil, sampul buku, kantong plastik, serta peralatan rumah tangga.
  3. Bila dibandingkan dengan bahan lainnya, benda-benda yang berasal dari plastik harganya relatif jauh lebih murah dan sangat terjangkau dari pada dengan harga besi misalnya. Hemm..mungkin itulah sebabnya yaa..banyak orang-orang di sekitar kita yang tidak ragu untuk menggunakannya, dan membuangnya setelah mereka pakai. Ada yang membuangnya di tempat sampah tapi ada pula yang membuang limbah plastik di sembarang tempat seperti di sungai, di taman dan lain-lain. Hingga kini ada banyak sekali sampah plastik di negara kita juga di dunia.
  4. Sampah plastik sangat sukar terurai di alam. Ada beberapa jenis plastik yang dalam penguraian nya membutuhkan hingga ratusan tahun. Sampah plastik inilah jika kita membuangnya sembarangan maka dapat mencemari lingkungan hidup.
  5. Sampah-sampah dari bahan plastik yang sangat banyak dan terbawa oleh arus sungai akan terus mengalir hingga menuju ke laut. Hal ini berakibat fatal bagi ikan-ikan dan biota laut lainnya yang hidup di perairan kita. Banyak hewan laut yang tanpa sengaja telah memakan sampah ini karena mereka kira itu semua adalah makanan baginya...sungguh kasihan mereka yaa..
  6. Beberapa jenis plastik seperti botol minuman dapat kita daur ulang. Plastik daur ulang ini akan dihancurkan menjadi butiran-butiran kecil (pelet), yang kemudian di masukkan mesin untuk dibuat menjadi aneka barang baru lagi, seperti boneka, bola plastik, mainan anak, piring, tempat pensil, beberapa alat rumah tangga, pot tanaman, dan lain sebagainya.
  7. Selain di daur ulang sampah plastik juga dapat dimanfaatkan dan kita rubah menjadi hiasan rumah sesuai dengan kreatifitas yang kita miliki. Botol bekas minuman dapat kita jadikan sebagai pot bunga, tempat pensil dan juga bunga plastik. Tas plastik dapat kita rangkai menjadi bentuk bunga yang indah.

Nah, dari ketujuh fakta menarik tentang plastik yang telah kita ketahui diatas tersebut maka akan lebih baik jika sekiranya kita dapat mengurangi penggunaan plastik, apalagi dengan membuang limbah plastik tidak pada tempatnya, jangan yaa..

Untuk lingkungan yang lebih sehat dan bersih mari kita manfaatkan bahan plastik menjadi berbagai macam bentuk benda yang dapat memperindah rumah kita dari pada kita membuangnya atau membakar limbah plastik agar lebih mudah di uraikan oleh tanah.

Ayo kita tingkatkan kesadaran diri untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat, nyaman, asri dan indah.

Load comments