Monday, December 2, 2019

Manfaat Dan Nutrisi Jus Wortel Untuk Kesehatan

Manfaat Dan Nutrisi Jus Wortel Untuk Kesehatan

Ceritasakti.com - Tahukah anda? Bahwa Jus wortel di ketahui menjadi salah satu sumber vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Tidak hanya itu, nyatanya jus yang satu ini tidak cuma baik di konsumsi untuk kesehatan mata saja loo.

Bahkan, banyak sekali manfaat lainnya yang dapat anda temukan dari jenis tanaman umbi-umbian yang satu ini.




Selain memiliki banyak sekali manfaat dari Jus Wortel ini, perlu diketahui juga bahwa jus wortel memiliki banyak sekali nutrisi yang sangat baik untuk tubuh anda.

Kali ini ceritasakti akan membahas Manfaat Dan Nutrisi Jus Wortel Untuk Kesehatan, agar lebih bermanfaat mari simak artikel ini hingga habis.

Nutrisi Pada Segelas Jus Wortel

Menurut United States Department of Agriculture National Nutrient Database, di dalam segelas Jus Wortel memiliki kandungan:

  • 94 kalori
  • 2,24 gr protein
  • 0,35 gr lemak
  • 21,90 gr karbohidrat
  • 689 mg potassium
  • 1,90 gr serat


  • 20,1 mg vitamin C
  • 0,217 mg tiamin
  • 0,512 mg vitamin B6
  • 2,256 mikrogram (µg) vitamin A
  • 36,6 µg vitamin K

Nah, setelah kita mengetahui banyaknya nutrisi yang terkandung dalam segelas jus wortel, berikut ini adalah beberapa manfaat dari jus wortel.

Beberapa Manfaat Jus Wortel

Di bawah ini beberapa manfaat Jus Wortel yang harus anda ketahui di samping berguna untuk kesehatan mata.

1. Membantu Turunkan Efek Sel Kanker

Kanker dapat berkembang seiring waktu, ada beberapa sel abnormal tercipta serta berkembang biak dengan tidak teratasi.

Dengan kandungan anti-oksidan pada jus wortel dapat membantu menghentikan serta mengurangi berkembangnya sel-sel penyebab kanker.

Dalam salah satu riset membuktikan, segelas ekstrak Jus Wortel bermanfaat selama 72 jam dalam perawatan sel leukemia serta mengontrol akar non-tumor dan dapat merangsang mematikan sel-sel kanker.

Hasil riset juga menunjukkan bahwa jus wortel memiliki kandungan bahan kimia bio-aktif yang efisien untuk menghentikan perkembangan penyakit ini serta perlahan membantu penyembuhan leukemia.

Pada studi kasus yang lain telah menemukan bahwa, jika mengkonsumsi makanan yang kaya akan betakarotin termasuk jus wortel dapat berguna untuk turunkan efek terserang kanker prostat.

Tingginya kandungan karetenoid pada Jus Wortel ini bisa menolong turunkan efek kanker payudara secara keseluruhan.

Studi kasus yang di terapkan pada pasien yang mengalami penyakit ini memperlihatkan jika kandungan karetenoid dapat turunkan efek depresi oksidatif serta peradangan dalam darah.

Sepanjang riset tersebut, menggunakan peserta yang mengkonsumsi 8 ons Jus Wortel atau sama dengan 227 gr tiap hari selama 3 minggu.

Hasilnya, kandungan depresi oksidatif di dalam tubuh yang berkaitan dengan efek kanker payudara menjadi lebih rendah di banding dengan awalnya sebelum mengkonsumsi Jus wortel.

2. Membuat Tubuh Menjadi Lebih Sehat Selama Masa Kehamilan

Minum Jus Wortel selama masa kehamilan benar-benar berguna buat anda serta janin. Menurut American College of Obstetrician and Gynecologists (ACOG), wanita hamil serta menyusui memerlukan 1.000 mg kalsium /hari.

Kandungan kalsium, folat, potasium, magnesium, serta vitamin A dapat menguatkan tulang bayi dalam kandungan serta mengurangi cacat lahir.

Di luar itu, vitamin C serta vitamin A dalam Jus Wortel bertindak sebagai anti-oksidan, yang juga di perlukan pada saat masa kehamilan.

Anti-oksidan dapat memberi perlindungan pada ibu serta janin dari paparan radikal bebas serta tingkatkan skema kekebalan dalam tubuh.

3. Membantu Menguatkan Peranan Otak

Depresi oksidatif yang di sebabkan oleh polusi udara serta unsur yang lain dapat memberi kehancuran sel otak serta sel saraf.

Keadaan ini dapat melemahkan signal saraf serta mengurangi peranan kognitif dari otak.

Mengkonsumsi Jus Wortel yang di kenal banyak mengandung beta-karoten dapat menguatkan peranan otak serta tingkatkan daya ingat.

Tidak itu saja, zat ini berguna untuk mengurangi efek demensia bersamaan dengan bertambahnya umur.

Sebuah riset di terapkan pada 10 pekerja yang ter-dampak oleh timbal. Mereka di beri 10 mg beta-karoten selama 12 minggu dan hasilnya, barisan pekerja yang menerima dan mengkonsumsi betakaroten dalam Jus Wortel mempunyai tingkat depresi oksidatif lebih rendah atau menurun.

Oleh karena itu, minum segelas Jus Wortel tiap hari dapat membantu efek penurunan pada sel serta saraf otak yang di akibatkan oleh depresi oksidatif.

4. Membantu Menguatkan Skema Imun

Seperti yang sudah di ketahui, Jus Wortel memiliki kandungan anti-oksidan yang bisa membantu tubuh menekan radikal bebas, kehancuran sel, peradangan, hingga terdapatnya vitamin C yang terkandung di dalam satu gelas Jus Wortel.

Semua unsur tersebut bisa menggerakkan skema imun/ kekebalan tubuh agar dapat mencegah serangan penyakit seperti flu serta penyakit yang menyerang sistem imun yang lain.

5. Membantu Tingkatkan Sistem Metabolisme Tubuh

Jus Wortel dapat tingkatkan sekresi empedu yang bisa tingkatkan metabolisme badan.

Masih menurut salah satu riset pada tahun 2006 yang di terapkan pada seekor tikus, pemberian jus wortel bisa tingkatkan saluran empedu yang berperan untuk tingkatkan metabolisme badan.

Terjadinya penambahan metabolisme pada tikus tersebut berpengaruh pada penurunan berat tubuh si tikus.

Ahli riset menjelaskan, hasil yang sama kemungkinan besar akan dirasakan oleh manusia selama mengkonsumsi Jus Wortel secara teratur.

Selain itu, jus wortel termasuk juga minuman rendah kalori yang mengenyangkan. sehingga, dapat jadi pilihan buat anda yang saat ini sedang dalam program diet :)

6. Berguna Untuk Kesehatan Kulit

Bila anda mempunyai permasalahan kulit seperti ruam atau psoriasis, maka dengan mengkonsumsi Jus Wortel adalah pilihan yang pas.

Kandungan vitamin C-nya dapat melakukan perbaikan dari penampilan kulit anda.

Di luar itu, zat bernama betakaroten pada Jus Wortel berfungsi mengurangi radang pada kulit yang dapat mempercepat proses pengobatan dan pemulihan.

Betakaroten pada jus wortel di nilai efisien melindungi kekeringan pada kulit yang di sebabkan oleh paparan cahaya matahari.

Maka dari itulah, karoten serta likopen yang ada pada jus wortel berguna juga untuk menjaga kesehatan kulit.

7. Membantu Turunkan Kolesterol

Jus Wortel adalah sumber kalium yang baik. Umumnya, orang yang melakukan diet rendah kolesterol pada makanan yang di konsumsi yang tinggi akan potasium.

Oleh karenanya, teratur meminum jus wortel dapat menolong anda menstabilkan kandungan kolesterol dalam darah.

Tentu saja, apabila kandungan kolesterol dalam tubuh rendah, itu dapat kurangi efek penyakit jantung serta stroke.

Manfaat Dan Nutrisi Jus Wortel Untuk Kesehatan

Nah, banyak banget bukan manfaat dari umbi-umbian yang satu ini? Membuat sendiri ramuan Jus Wortel di rumah sangat di anjurkan di banding dengan membelinya di luar.

Tidak hanya lebih sehat serta higienis, anda juga dapat mengkreasikan sendiri Jus Wortel buatan anda sesuai dengan keinginan anda dan keluarga.

Oke, setelah mengetahui Manfaat Dan Nutrisi Jus Wortel Untuk Kesehatan, tidak ada salahnya bukan, untuk memasukkan minuman sehat ini ke menu harian anda.

Terimakasih dan Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.(E/S)

Load comments