Saturday, July 27, 2019

5 Sungai Terunik Di Dunia, Salah Satunya Milik Indonesia!

CeritaSakti.com - Hai semua pembaca setia ceritasakti di mana pun berada, saya doakan semoga selalu dalam keadaan sehat dan tercapai segala yang di inginkan ya, Amin.

Pada artikel berikut saya akan menulis tentang hal-hal unik lagi ya, atau lebih tepatnya mengenai Sungai terunik. Di dunia ini ada beragam sungai yang bentuknya unik, sungai dengan bentuk unik ini tidak biasa di temui di sungai-sungai maenstrim di tempat lainnya.




Tolak ukur kali ini yang membuat sungai-sungai tersebut menjadi unik adalah dapat di lihat dari misal keunikan geografis, warna dan bentuk dari sungai itu sendiri.

Sungai juga sebagai bagian dari salah satu ciptaan Tuhan yang patut untuk kita syukuri bersama, sehingga perlu bagi kita menjaganya dan melestarikan.

Nah, setidaknya ada beberapa sungai terunik di dunia yang perlu kita ketahui atau bila berkesempatan juga sangat seru buat di kunjungi.

Inilah 5 Sungai Terunik Di Dunia, Salah Satunya Milik Indonesia! Langsung saja baca selengkapnya sampai akhir yuk.

1. Sungai Cano Cristales

Sungai Cano Cristales

Sungai Cano Cristales atau biasa di sebut sungai lima warna ini adalah salah satu keajaiban alam paling menakjubkan yang berada di Kolombia. Masyarakat setempat juga menyebutnya sebagai Sungai Pelangi dan Sungai Puspa yang berwarna-warni di wilayah pegunungan Serranía de la Macarena.

Di Sungai Cristales kamu akan menyaksikan bermacam warna-warna cerah dan menawan yang terjalin di antara aliran sungai yang mengalir lembut. Adanya variasi warna kuning, hijau, biru, hitam dan merah muda tersebut berasal dari vegetasi akuatik endemik bernama Clavigera Macarenia yang menumbuhkan warna terpal di dasar sungai yang begitu spektakuler.

Pada saat musim hujan dan kemarau tiba, Clavigera Macarenia tersebut akan berubah menjadi beragam warna indah yang menakjubkan. Maka, tidak mengherankan pada musim-musim tersebut dari bulan Juli hingga bulan November ribuan traveler akan terlihat ramai mengunjungi situs Cano Cristales.

Wisatawan juga diperbolehkan berenang di sungainya, dengan catatan bahwa hanya 200 orang saja per hari dapat menikmati keindahan Sungai Cano Cristales sambil berendam di sana.

Namun satu hal yang perlu di ingat, jika seorang pelancong ingin berenang di sungai ini jangan pernah berkeinginan memakai tabir surya atau krim anti serangga karena vegetasi Clavigera Macarenia yang menghiasi sungai Caño Cristales sangat sensitif terhadap bahan kimia.

2. Sungai Amazon

Sungai Amazon

Lihat Juga: Sungai Terpanjang Di Bumi, Salah Satunya Sungai Amazon

Salah satu sungai terunik di dunia yang paling mengundang decak kagum yaitu sungai Amazon. Saking mengundang decak kagumnya Sungai Amazon sendiri menjadi salah satu sungai yang paling banyak di cari di internet.

Sungai Amazon ini membentang sepanjang benua Amerika Selatan, menjadikan sungai Amazon sebagai salah satu pusat dari satwa unik dan langka di dunia.

Sungai Amazon sendiri mempunyai banyak spesies mulai dari hewan kecil beracun hingga hewan buas berukuran besar seperti anaconda.

3. Sungai Firehole

Sungai Firehole

Sungai Firehole terletak di kota wyoming, sebuah kota yang juga di kenal memiliki geografis alam yang cukup unik.

Maka dari itulah sebabnya tidak mengherankan kalau salah satu sungai yang paling unik di dunia juga ada di sini di Kota Wyoming.

Faktor yang juga menjadikan sungai ini begitu unik yaitu Sungai Firehole mengalir melalui tiga cekungan geyser paling aktif dan terbesar di dunia.

Sungai Firehole yang menjadi bagian dari Taman Nasional Yellowstone ini mengalir sepanjang kurang lebih 22 mil dari Danau Madison menuju Sungai Gibbon di Madison Junction serta melewati hampir di seluruh sisi barat laut Wyoming.

Para traveler yang melewati atau mengunjungi sungai ini sering menyebutnya dengan julukan Sungai Beruap, sebab memang aliran sungai terlihat seperti air sedang di rebus dan mengeluarkan uap.

Meskipun begitu, Sungai Firehole di bagian sisi yang bernama Caliente Springs di huni oleh species ikan trout pelangi dan pastinya membuat titik lokasi ini menjadi surga spot memancing yang cukup populer bagi wisatawan.

4. Sungai Sekonyer

Sungai Sekonyer

Kebanyakan sungai kan berwarna bening ya, kalaupun tidak bening biasanya berwarna coklat susu terutama ketika datang musim penghujan.

Akan tetapi di Tanjung Puting, Kalimatan Tengah, Indonesia ada sungai yang warnanya hitam legam loh. Sebutan sungai unik itu bernama Sungai Sekonyer.

Warna hitam pada sungainya sendiri bukan di sebabkan karena aktivitas pembuangan limbah pabrik dan bukan pula di sebabkan karena pencemaran air oleh zat-zat kimia terbuang.

Warna Sungai Sekonyer yang hitam legam itu di dapatkan dari dasar sungai yang tekstur tanahnya di dominasi lapisan gambut. Itulah mengapa tanah di kawasan sungai ini kemudian mempunyai warna hitam legam. Unik sekali bukan.

5. Sungai Puerto Princesa

Sungai Puerto Princesa

Sungai Puerto Princesa Subterranean atau sering di sebut Sungai Sant Paul Underground terletak di Taman Nasional Filipina. Lebih tepatnya taman ini berada kurang lebih 50 kilometer di sebelah utara kota Puerto Princesa, Palawan, Filipina.

Apa sih yang membuat tempat ini begitu unik ? Oleh sebab, sungai ini mengalir tak lazimnya sungai pada umumnya. Sungai Puerto Princesa airnya mengalir di bawah tanah sebelum pada akhirnya muncul dan berakhir di sekitar bibir Laut Cina Selatan.

Selain itu sungai unik di Filipina ini adalah aliran sungai bawah tanah paling panjang di dunia yang dapat dan boleh di lalui maupun di kunjungi wisatawan.

Hal lain yang juga menarik yaitu Sungai Puerto Princesa beserta Taman nasionalnya pernah termasuk sebagai salah satu dari 28 finalis untuk sebuah kompetisi bertajuk New Seven Wonders of Nature yang di rilis UNESCO pada tahun 1999.

Sungai unik beserta Taman Nasional tersebut di anggap sebagai sebuah tempat yang berisi ekosistem lengkap mulai dari wilayah pegunungan hingga ke laut dan juga merupakan hutan yang paling penting di zona Asia.

Nah, sekiranya itulah ulasan mengenai 5 Sungai Terunik Di Dunia, Salah Satunya Milik Indonesia! Lalu, apa nih hal unik mengenai sungai yang ada di sekitar tempat tinggal kamu ? Coba tulis komentar dan tanggapan kamu pada kolom komentar yang tersedia di bawah ya.

Baca Juga: Air Terjun Terunik Di Dunia, Salah Satunya Milik Indonesia!

Dan tentunya, terimakasih juga telah senantiasa mengikuti dan membaca tulisan saya sampai akhir ya. Semoga Bermanfaat.

Load comments