Sunday, May 26, 2019

5 Air Terjun Terunik di Dunia, Salah Satunya Milik Indonesia!

CeritaSakti.com - Begitu banyak air terjun yang tersebar di seluruh belahan bumi dan masing-masing memiliki karakter yang berbeda-beda, kelebihan dan juga keunikannya tersendiri.

Ada beberapa dari ratusan bahkan mungkin ribuan air terjun yang mengesankan di seluruh dunia. Baik itu karena warna uniknya, ketinggiannya, letak geografisnya, flora dan fauna yang tinggal di dalamnya, maupun karena fitur-fitur spesial lainnya.




Meskipun ada ribuan air terjun di seluruh belahan bumi ini, yang membuat sulit rasanya bagi penulis untuk memilih dan merangkum menjadi lima paling terunik diantara lainnya. Tapi kali ini saya akan mencoba lebih fokus pada keunikannya saja. Berikut ulasan 5 Air Terjun Terunik di Dunia, Salah Satunya Milik Indonesia! menurut ceritasakti.com

1. Air Terjun Wallaman

Terletak di Taman Nasional Girringun, Queensland, Australia. Jauh di dalam Kawasan hutan Tropis Basah, yang konon disebut sebagai hutan hujan tertua di dunia dan juga merupakan Situs Warisan Dunia UNESC. Dikatakan Air Terjun Wallaman ini sebagai air terjun yang mempunyai puncak tertinggi di Australia dengan ketinggian sekitar 268 meter.

Keindahan air terjun ini dapat dilihat dari berbagai posisi dari seberang lembah ngarai, tidak perlu mendekati air terjun tersebut karena cukup mudah bagi traveller untuk menikmati air terjun dari kejauhan serta jika beruntung akan melihat pelangi di air terjun itu.

Di lembah-lembah hutan semi tropis ini, selain dapat menikmati keindahan air terjun Wallaman, traveller juga bisa melihat betapa pentingnya ekologi bagi bumi dan manusia.

Uniknya, dibalik pemandangan lembah yang curam, terjal dan alami, lembah ini juga dihuni fauna asli Australia yang langka. Jika cukup beruntung para traveller akan melihat kasuari australia yang sudah terancam punah, naga air dan platipus di sini.

2. Air Terjun Bigar

Berada di pegunungan Anina di dalam kawasan Izvorul Bigar, yang merupakan cagar alam di Bozovici bagian sebelah barat Rumania.

Tempat ini sering memenangkan penghargaan sebagai air terjun paling mengesankan di dunia, bahkan disebut-sebut sebagai Air Terjun Negeri Dongeng. Salah satu alasannya adalah karena air terjun ini paling tidak biasa dan terunik di dunia.

Air terjun Bigar sebenarnya merupakan sebuah tebing yang dilewati mata air. Namun, yang menjadikannya unik yaitu Air menyembur di antara sekitar tonjolan-tonjolan batu berbentuk kerucut yang ditutupi lumut-lumut hijau cerah, kemudian air terbelah-belah menjadi ratusan aliran kecil-kecil lalu jatuh ke sungai yang mengalir di bawahnya.

Efek eksotisnya adalah jatuhnya air ke sungai menciptakan semacam kerudung berumbai-rumbai cahaya berkilauan di sekitar tebing batu, wow!! Pesona itu mampu membuat traveller akan berdecak kagum, meski pun air terjun ini hanya punya ketinggian beberapa meter saja.

Selain pesona eksotis yang pasti membuat para traveller menganga, di air terjun ini traveller juga dapat mendaki dan melihat goa-goa asal dari mana air tersebut mengalir.

3. Air Terjun Blood Red

Air terjun Darah? Tenang, traveller tidak perlu khawatir apalagi jijik ya, karena itu bukan berarti darah sungguhan kok, penamaannya meminjam dari warna rona merah darah dari tempat ini.

Mungkin sebagian orang tidak akan menyangka ada air terjun di benua yang tertutup es. Tetapi lain halnya di McMurdo Dry Valley Antartika, disana akan kamu temukan air terjun setinggi lima tingkat mengalir perlahan dari Gletser Taylor menuju ke Danau Bonney. Dan bukan hanya itu, uniknya air terjun di benua beku Antartika ini berwarna merah seperti darah yang meluncur melalui potongan-potongan gletser es berwarna putih.

Menurut para ilmuwan dan ahli geologi dunia, bahwa lima juta tahun yang lalu, permukaan air laut naik membanjiri Antartika Timur dan membentuk danau asin. Lalu, jutaan tahun kemudian gletser terbentuk di atas danau tersebut.

Jadi, artinya air di Blood Red Waterfall adalah berasal dari terbentuknya semacam kapsul super besar berisi air laut, tersimpan jutaan tahun lalu, 400 meter di bawah tanah. Tanpa terkena sinar matahari dan sama sekali tanpa oksigen, juga sangat kaya akan kandungan zat besi.

Ketika air dari danau subglacial merembes keluar melalui celah-celah di gletser, air yang sangat asin itu mengalir menuruni Gletser Taylor hingga ke Danau Bonney. Nah, ketika air yang kaya zat besi itu bersentuhan dengan udara, air akan berkarat menimbulkan fenomena seperti noda darah merah di atas gletser es.

Diperkirakan saat ini, kandungan garam dari danau subglacial di bawah Blood Red Waterfall adalah tiga kali lebih asin dari pada air laut biasa di tempat lain dan juga terlalu asin untuk bisa membeku.

Namun, warna Air Terjun seperti darah bukan satu-satunya hal yang aneh dan unik bagi para peneliti sains. Para ilmuwan lebih tertarik pada mikroba yang hidup di dalam air. Mikroba-mikroba tersebut tidak pergi kemana pun, meski air disitu sangat asin, tanpa oksigen dan terkubur dalam kegelapan total di kedalaman 400 meter di bawah gletser.

Lokasi Air Terjun ini terletak di wilayah Lembah Kering McMurdo Dry Valley dan hanya dapat dicapai menggunakan helikopter saja atau bisa juga dengan kapal pesiar yang mengunjungi Laut Ross.

4. Air Terjun Niagara

Dianggap sebagai kakek dari semua air terjun di Amerika Serikat, Air terjun Niagara memang dengan mudah dapat mengalahkan semua air terjun yang lainnya di negara paman sam ini. Baik dalam hal besarnya debit air, ukuran, popularitas dan tentunya banyak hal lain lagi.

Terletak dekat Buffalo, New York, AS. Air terjun Niagara secara geografis dibagi antara New York Barat dan Ontario Tenggara di Kanada.

Air Terjun Niagara Waktu Malam Hari

Tidak hanya cukup menikmati keistimewaan air terjunnya, tetapi traveller juga akan merasakan beragam paket kegiatan mengasyikan dan juga menikmati semua fitur yang ditawarkan disini.

Banyak dari para traveller dari berbagai penjuru dunia yang telah mengunjungi air terjun Niagara mengatakan, kalau air terjun ini sebagai salah satu air terjun unik dan paling wajib dikunjungi di dunia.

Jika kamu mengaku travellr sejati, pastikan untuk tidak melewatkan air terjun yang satu ini. Cepat siapkan koper juga paspor dan rasakan keunikan atraksi air terjun Niagara yang mendunia ini.

5. Air Terjun Sibolangit

Berada di kawasan wilayah Taman Hutan Rakyat, Bukit Barisan dengan luas kurang lebih 39.679 Hektar Are, secara geografis terletak di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli serdang, Sumatera utara.

Air terjun Sibolangit memiliki keunikan karena perpaduan dua warnanya. Air yang tertampung di bawah berwarna biru tosca dan air yang jatuh dari atas memiliki warna bening keabuan. Menurut peneliti hal tersebut dikarenakan air mengandung unsur belerang dan fosfor.

Untuk mencapai lokasinya dibutuhkan usaha ekstra, karena harus menembus dulu lebatnya hutan Bukit Barisan yang masih alami dan juga dihuni oleh Harimau Sumatera.

Namun, lokasi wisata air terjun ini ditutup untuk umum pada pertengahan tahun 2016, disebabkan bencana alam longsor dan banjir bandang yang memakan korban di waktu itu. Pemerintah daerah memutuskan menutup akses menuju air terjun Sibolangit dan menetapkan tempat ini sebagai tempat konservasi, hanya orang-orang dengan kepentingan tertentu yang diperbolehkan masuk, itupun harus mengantongi surat ijin dari pemerintah daerah setempat.

Terlepas dari ditutup atau dibukanya akses ke tempat ini, penulis hanya fokus pada keunikan yang dimiliki air terjun yang satu ini, yaitu adanya fenomena alam dwi warna pada air terjun Sibolangit. Sebab sangat jarang air terjun yang memiliki degradasi warna air yang begitu eksotis seperti disini.

Nah, itulah 5 Air Terjun Terunik di Dunia menurut penulis blog ceritasakti.com ,spesialnya salah satunya adalah milik Indonesia bosquh.

Tentu, masih banyak bahkan sangat banyak sekali tempat-tempat indah lainnya di Indonesia ya. Sebagai masyarakat negeri ini kita sepatutnya boleh berbangga, karena Sumber Daya Alam kita tak kalah bahkan cenderung lebih unik daripada tempat-tempat yang terlanjur Populer di belahan bumi lainnya. Oke bosquh.

Load comments