Monday, October 21, 2019

Khasiat Air Tebu Serta Efek Samping Bagi Tubuh, Bila Di Konsumsi Berlebihan

Ceritasakti.com - Tanaman Tebu adalah salah satu bahan utama pembuatan Gula. Tanaman Tebu biasanya dapat di temukan di negara yang memiliki iklim tropis seperti di Indonesia, terutama daerah Jawa dan Sumatra.

Kali ini ceritasakti akan membahas tentang Khasiat Air Tebu Serta Efek Samping Bagi Tubuh, Bila Di Konsumsi Berlebihan.

Tebu di sebut pula dengan Sugar Cane. Batang Tebu dapat di konsumsi langsung setelah di panen, kamu bisa menggigit dan mengunyah langsung dengan menggunakan gigi atau dapat pula di olah menjadi Minuman Jus yang segar dan manis.

Baca juga:

Selain rasanya yang manis, tumbuhan Tebu memiliki se-gudang manfaat lainnya yang perlu kita ketahui. Kandungan nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, serta mineral yang mencakup fosfor, kalsium, zat besi, kalium, vitamin A, B-Kompleks, dan juga vitamin C.

Air Tebu juga memiliki kandungan anti-oksidasi. Dengan meminum air perasan tebu ini disebutkan lebih sehat bila di banding dengan mengkonsumsi Gula.

Air dari perasan tebu pun adalah minuman manis alami yang bisa kamu olah sesuai selera yang pas menurut kamu.

Sudah pada tahu kan? Air tebu adalah hasil ekstrak yang kemudian menjadi bahan utama pembuatan gula yang memiliki kandungan 15 kalori.

Kandungan dalam air tebu terbagi dalam sukrosa, fruktosa, serta banyak varietas glukosa yang lain dengan keseluruhan 13 gr serat makanan.

Dengan mengkonsumsi air tebu sebanyak satu gelas perhari, selain lebih sehat dari Gula air tebu alami dapat membantu menjaga kesehatan.

Kaya akan serat makanan serta banyak mengandung senyawa polifenol yang dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhannya serta dapat membantu mengurangi depresi oksidatif.

Beberapa Manfaat Mengkonsumsi Air Tebu dan Efek Sampingnya Yang Perlu Anda Ketahui

Tidak hanya itu saja, masih banyak manfaat lain yang terdapat dari air tebu ini. Mari kita simak Khasiat Air Tebu Serta Efek Samping Bagi Tubuh, Bila Di Konsumsi Berlebihan, di bawah ini sampai selesai ya.

1. Menjaga Kepadatan Tulang

Air Tebu memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, sehingga dapat meningkatkan kandungan kalsium, zat besi, kalium, magnesium, serta mangan pada tubuh kita.

Sumber mineral itu adalah elemen penting untuk menguatkan tulang manusia. Dengan demikian, air tebu bisa menahan perkembangan Osteoporosis.

Dengan mengkonsumsi air tebu secara teratur dan tidak berlebihan, dapat membantu membuat tulang tetap kuat bersamaan dengan bertambahnya umur kita.

2. Mengurangi Depresi, Membantu Tidur Lebih Pulas

Jus Tebu atau air tebu memiliki kandungan asam amino yang bisa menyamakan / seimbangkan kandungan hormon depresi dalam tubuh.

Di luar itu, asam amino pun memiliki fungsi untuk membantu kamu dalam menangani permasalahan susah tidur.

Dengan konsumsi air tebu secara teratur dan tidak berlebihan, kamu dapat beristirahat dan tidur lebih pulas yang tentunya akan membuat pemikiran anda lebih tenang serta jauh dari depresi.

3. Menjaga Kulit Tetap Sehat, Membantu Mengatasi Jerawat

Di dalam air tebu memiliki kandungan alpha hydroxy acids (AHAs) seperti asam glikolat yang memberi efek sebagai anti-oksidan pada kulit dan mampu meningkatkan pergantian sel yang mati.

Apabila saat ini kamu memiliki masalah dengan Jerawat dan bahkan kulit yang rentan terhadap jerawat, maka cobalah Jus Tebu sebagai masker wajah untuk hasil yang efektif.

Jika mengkonsumsi air tebu dengan teratur, maka dapat membersihkan radang serta infeksi pada kulit, dapat pula menjaga tampilan kulit agar bercahaya, lembut dan juga lembab serta dapat mengurangi bahkan menunda tanda-tanda penuaan dini.

 4. Membantu Turunkan Kandungan Kolesterol Tubuh

Sebuah riset menemukan bahwa mengkonsumsi air tebu murni bisa menolong turunkan kandungan kolesterol, baik kolesterol LDL serta trigliserida.

Sari dari air tebu inilah yang dapat membuat perlindungan kesehatan jantung serta menahan berlangsungnya penyakit jantung serta pembuluh darah bersamaan menambahnya umur.

Meminum air tebu atau jus tebu secara teratur juga dapat mencegah penyakit kardiovaskular.

5. Membantu Tubuh Melawan Sel Kanker

Dalam kandungan air tebu atau jus tebu terdapat sifat Basa karena adanya kalsium, magnesium, potasium, zat besi dan juga mangan.

Juga terdapat adanya flavonoid dalam sari tebu yang dapat membantu menyembuhkan tubuh dari sel kanker yang dapat menyebabkan kanker payudara dan kanker prostat.

6. Membantu Sistem Kekebalan Dalam Tubuh

Mengkonsumsi jus tebu atau air tebu ini dapat menolong tubuh kita untuk merangsang serta tingkatkan system kekebalan dalam tubuh.

Zat yang terkandung dalam sari tebu sangat berguna dalam menahan infeksi, khususnya infeksi pada lambung, hati, serta aliran pernafasan.

Hal tersebut dikarenakan unsur kandungan vitamin C serta anti-oksidan yang tinggi pada air tebu.

Beberapa Manfaat Mengkonsumsi Air Tebu dan Efek Sampingnya Yang Perlu Anda Ketahui

7. Membantu Mengatur Tekanan Darah

Senyawa kalium yang terkandung di dalam air tebu dapat juga membantu mengurangi masalah penyempitan pada pembuluh darah serta arteri.

Sehingga dapat berguna untuk menurunkan atau mengatur tekanan darah secara efisien. Di luar itu, air tebu dapat kurangi efek aterosklerosis, serangan jantung, serta stroke.

8. Menjaga Kesehatan Ginjal

Beberapa riset juga membuktikan dan memberikan laporan bahwa mengkonsumsi air tebu bisa kurangi resiko berlangsungnya infeksi aliran kemih serta batu ginjal.

Ini karena manfaat air tebu yang menjadi detoksifikasi badan serta dapat membuat perlindungan peranan pusat detoksifikasi badan.

9. Menjadi Alternatif Gula Pasir Untuk Penderita Diabetes

Air tebu memiliki kandungan gula alami yang mempunyai indeks glikemik yang rendah bila di banding gula olahan lain. Sehingga, di sarankan dapat di konsumsi untuk pasien diabetes.

Bagi orang-orang yang tidak memiliki kendala diabetes type 2, air tebu sebetulnya bisa menurunkan serta mengatur kandungan gula darah, jika dikonsumsi seperlunya dan tidak berlebihan.

Tetapi, apabila saat ini kamu sedang mempunyai kendala diabetes type 2, akan lebih baik apabila sebelum mengkonsumsi jus tebu kamu tanyakan terlebih dahulu kepada dokter kamu untuk hasil yang maksimal.

10. Menjaga Kondisi Kandungan Ibu Hamil Tetap Stabil

Banyak para ahli riset yang merekomendasikan ibu hamil untuk konsumsi air tebu sepanjang kehamilan.

Pada ibu hamil, manfaat air tebu ialah meningkatkan metabolisme, melakukan perbaikan pencernaan, serta dapat mengurangi tanda-tanda morning sickness.

Selain itu, air tebu memiliki indeks glikemik yang tergolong rendah yang dapat memberi daya atau energi pada tubuh ibu hamil selama seharian beraktifitas.

Air tebu dapat juga meningkatkan skema kekebalan tubuh pada ibu hamil secara alami, di banding harus memercayakan obat-obatan kimia atau antibiotik buatan.

Hal ini dapat menolong mengurangi tanda-tanda sembelit serta keluhan lain yang seringkali di rasakan oleh ibu hamil.

11. Dapat Meningkatkan Energi Tubuh

Glukosa alami dalam air tebu bisa menolong meningkatkan energi tubuh pada badan kita.

Tebu memiliki beberapa kandungan senyawa aktif serta glukosa alami yang dapat meningkatkan daya atau energi untuk tubuh.

Glukosa serta senyawa elektrolit dalam tebu dapat tingkatkan daya yang berfungsi menggerakkan metabolisme pada tubuh.

Di luar itu, zat gula alami yang terkandung di dalamnya menjadi salah satu penambah energi terbesar khususnya saat musim panas tiba.

12. Membantu Sistem Pencernaan

Banyak sekali orang yang sering mengalami dan menderita masalah pencernaan, untuk itu alangkah baiknya jika mempertimbangkan untuk mulai meminum Sari Jus Tebu setiap hari.

Kandungan pencahar dalam jus tebu yang berkualitas dapat menyembuhkan peradangan di usus dan dapat mengurangi rasa sembelit, kembung dan kram.

Dalam air tebu juga mengandung potasium yang berguna untuk menyeimbangkan kadar pH pada lambung.

Efek Samping dan Resiko Konsumsi Air Tebu

Se-gudang manfaat dari air tebu telah kamu ketahui setelah membaca tulisan di diatas. Akan tetapi jangan lupa mengkonsumsi air tebu yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping dan resiko yang bisa di alami oleh tubuh loh.

Maka dari itu sangat dianjurkan bahwa saat mengkonsumsi jus tebu jangan terlalu banyak, cukup sekali dalam sehari saja.

Ada beberapa efek samping dari minuman air tebu atau jus tebu ini apabila kamu mengkonsumsi secara berlebihan. Diantaranya:

Baca juga:
  • Dapat menimbulkan beberapa masalah dalam tubuh
Menimbulkan sakit kepala, masalah pada perut, mual, pusing, masalah perdarahan yang lebih buruk serta tingkatkan insomnia.
  • Air tebu dapat berubah menjadi racun
Air tebu dapat berubah menjadi racun dengan sangat mudah dan cepat. Apabila kamu menyimpannya lebih dari 15 menit, air tebu akan ter-oksidasi dan dapat menyebabkan masalah pada lambung.
  • Meningkatkan Insomnia
Air tebu mengandung policosanol, yaitu senyawa yang dapat menyebabkan masalah kesehatan ringan di tubuh. Jika mengkonsumsi air tebu terlalu banyak, dapat menyebabkan pusing dan insomnia.
  • Membuat darah menjadi tidak kental
Senyawa policosanol yang terkandung di dalam air tebu juga dapat menyebabkan darah menjadi encer.

Dengan demikian air tebu yang di terima oleh tubuh secara berlebihan, akan menghentikan darah untuk membuat gumpalan, dan hal itu dapat menyebabkan pendarahan yang berlebihan dalam tubuh.
  • Resiko infeksi
Pada saat proses pembuatan air tebu atau jus tebu yang tidak higienis dapat memicu adanya infeksi saat kita meminumnya. Karena, ikut tercampurnya bakteri dan pestisida ke dalam jus tebu yang malah dapat menyebabkan jatuh sakit.

Oleh karena itu cuci bersih tebu sebelum kamu mengolahnya menjadi minuman jus.

Yang perlu di ingat adalah sejumlah besar resiko-resiko tersebut dapat terjadi dan berlangsung apabila kamu mengkonsumsi air tebu terlalu berlebih.

Bila Ingin Memperoleh Manfaat Air Tebu Ini, Batas Aman Konsumsi Air Tebu Alami Adalah Satu Gelas Perhari Saja.

Nah, dengan adanya pengetahuan tersebut di atas, banyak sekali pelajaran yang dapat kita petik dari artikel tentang Khasiat Air Tebu Serta Efek Samping Bagi Tubuh, Bila Di Konsumsi Berlebihan.

Semoga artikel ini dapat meningkatkan pengetahuan kita semua untuk mengkonsumsi air tebu secara teratur dan tidak berlebihan.

Dan tentunya jangan lupa baca juga artikel lainnya yang bermanfaat di halaman selanjutnya. Semoga bermanfaat.(E/S)

Load comments