Monday, May 13, 2019

10 Manfaat yang Mengagumkan Buah Sukun bagi Kesehatan

CeritaSakti.com - Buah ini masuk ke dalam kelompok plantae sejenis pohon yang berbuah, buah sukun datang dengan membawa banyak manfaat kesehatan yang sulit dipercaya atau dipahami.

Ciri umum dari buah Sukun adalah tidak memiliki biji dan kulit luar tidak berduri, berbeda dengan kerabatnya kluwih (bahasa jawa) yang mempunyai biji di dalam buah dan kulitnya berduri.

Nama ilmiahnya dari buah ini adalah Artocarpus Altillis, endemik buah ini dipercaya berasal dari Semenanjung Melayu Kepulauan Pasifik Barat, yang kemudian menyebar ke berbagai belahan bumi lainnya.




Mengkonsumsi buah sukun untuk kesehatan merupakan kebiasaan yang baik, sebab sukun kaya nutrisi dan manfaat kesehatan bagi tubuh. Ketika dimasak dengan benar, buah ini akan menjadi hidangan yang enak untuk dikonsumsi semua orang, juga merupakan makanan tanpa resiko efek samping merugikan. Sukun hadir dengan banyak khasiat obat yang terbukti baik bila dikonsumsi.

Manfaat Buah Sukun

1. Serat

Salah satu kandungan utamanya adalah serat esensial, kandungan serat ini sangat membantu para penderita diabetes. Penelitian tentang buah ini telah mengungkapkan bahwa, jika mengkonsumsi buah secara teratur tidak hanya membantu dalam menurunkan resiko diabetes tetapi juga mengurangi dampaknya. Dari penelitian tersebut juga diketahui bahwa serat esensial dapat mengurangi tingkat penyerapan berlebih kadar gula dari makanan yang telah dikonsumsi.

2. Sumber Energi

Selain buah yang kaya serat, buah ini merupakan sumber energi sempurna yang berfungsi meningkatkan tingkat energi dalam tubuh. Sukun bisa menyebabkan seseorang merasa kenyang tanpa perlu menambah kalori.

Dengan demikian, seseorang dapat merasakan mengalami peningkatan energi yang tinggi setelah makan buah sukun. Selain itu, buah ini membantu menurunkan kolesterol dalam darah sehingga mengurangi segala masalah komplikasi jantung di masa-masa kedepannya.

3. Sumber Omega 3 dan Omega 6

Agar mendapatkan keseimbangan yang baik dari kedua zat penting itu, kamu perlu juga menjadikan buah sukun sebagai camilan biasa atau bagian dari diet kamu. Kedua zat omega 3 dan 6 ini bekerja secara ajaib dalam merangsang pertumbuhan otak dan pikiran.

Perlunya para orang tua disarankan untuk memberi menu makan anak-anak mereka dengan buah ini sebagai tambahan asupan perkembangan otak yang sangat baik juga.

4. Kesehatan Usus

Selain itu, anak-anak yang secara teratur mengkonsumsi buah ini akan lebih sedikit mengalami resiko komplikasi masalah pada usus dan bisa pula menghentikan kebiasaan mengompol anak-anak lebih awal.

Fungsi dari usus dioptimalkan oleh kandungan dari buah ini, karena kandungan serat dalam buah sukun akan ikut membantu mengeluarkan kotoran dan membuang racun dari sistem pencernaan.

5. Penurunan Berat Badan

Sukun adalah makanan lengkap yang direkomendasikan untuk menurunkan berat badan. Wanita yang sedang berjuang dengan kenaikan berat badan, maupun wanita pada tahap menopause disarankan untuk mengambil buah ini sebagai diet harian secara teratur.

Rasanya tidak hanya enak seperti roti jika di olah dengan cara direbus, tetapi khasiatnya yang rendah kalori juga membuat seseorang tidak bertambah gemuk. Serat dalam buah berfungsi menjadi multi tasker, karena juga membantu melawan lemak tubuh.

6. Sangat Baik untuk Wanita Hamil

Hampir semua unsur yang terkandung dalam buah yang satu ini sangat cocok untuk ibu hamil. Faktor kalori rendah dan kapasitas potensial untuk meningkatkan tingkat energi sangat berguna selama masa kehamilan, terutama dalam mencegah kelebihan berat badan.

Kolesterol dan penyebab diabetes terendap akan diperangi dengan metode pemecahan lemak berbahaya oleh omega tiga. Selain itu, baik omega 3 dan asam lemak membantu janin tumbuh secara optimal. Karena itu, wanita hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah tersebut dalam diet mereka untuk menjaga semua masalah kesehatan mereka.

7. Penguat Sistem Kekebalan Tubuh

Dibandingkan dengan buah-buahan lain, sukun juga termasuk buah kaya akan vitamin C, yang sangat vital untuk menjaga tubuh kamu bebas dari infeksi ringan. Buah ini dapat juga mencapai tingkat kegunaannya dalam meningkatkan kekebalan tubuh kamu.

Sepiring olahan buah sukun yang sangat bergizi ini sangat penting dalam memerangi serangan flu dan pilek, juga membantu penyerapan mineral yang lebih baik dari makanan yang telah dikonsumsi.

Jika tidak suka dimasak dengan cara direbus, kamu dapat mengolahnya menjadi olahan penganan keripik, atau mencampurkannya dengan jus jeruk atau jus lemon juga boleh asal kamu suka.

8. Antioksidan Konsentrasi Tinggi

Kamu akan membutuhkan jumlah antioksidan yang tepat dalam tubuh, jika kamu sedang serius menjalani pola hidup sehat tanpa harus minum obat-obatan kimia apapun. Meski antioksidan biasanya ditambahkan ke dalam tubuh dengan cara mengkonsumsi suplemen buatan, namun sekarang kamu dapat memilih sukun ke dalam menu makanan harian dan untuk sejumlah manfaat lainnya yang lebih baik.

Unsur alamiah dalam buah ini juga membantu tubuh dalam memerangi radikal bebas bagi kesehatan kulit yang lebih baik. Dapat menghilangkan berbagai jenis jerawat terutama bagi wanita di masa menopause mereka. Selain itu, kandungan buah sukun bisa ikut membantu dalam memerangi masalah-masalah kulit, seperti timbulnya selulit yang muncul akibat mengalami penurunan berat badan dan peradangan kulit lainnya.

9. Menjaga Komplikasi Pada Usia Lanjut

Radikal bebas adalah penyebab utama dalam mempercepat timbulnya berbagai masalah komplikasi pada usia lanjut. Di masa sekarang ini kamu akan melihat sangat sulitnya untuk melawan radikal bebas itu apalagi di kota-kota besar. Inilah makanya sangat penting untuk kamu mendapatkan perlindungan ekstra dari radikal bebas tersebut atau sebagai tabungan kesehatan di masa mendatang.

Kamu tidak akan pernah mendapatkan perlindungan yang lebih baik seperti yang kamu dapatkan dari buah sukun, karena buah sukun juga bisa mencegah timbulnya bahaya bagi kulit kamu di masa depan ketika kamu mengijak pada usia lanjut.

Unsur antioksidan dalam buah sangat penting dalam mendorong memberdayakan tubuh melawan radikal bebas. Oleh karena, sukun mengandung salah satu konsentrasi tertinggi dari aspek kandungan antioksidannya.

Ini berarti jika setiap hari kamu mengkonsumsi sukun maka kamu tanpa sadar telah memberdayakan tubuh secara alami tanpa resiko, yang tentu saja lain ceritanya jika kamu mengkonsumsi obat-obatan kimia, sebab endapan kimiawi yang tertinggal dalam tubuh akan berdampak tidak baik pada saat usia lanjut nanti.

10. Untuk Kesehatan Tulang

Kandungan Omega tiga dan enam dalam buah sukun tidak hanya membantu dalam perkembangan otak saja, tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan tulang. Apa yang membuat buah ini penting dalam kesehatan tulang adalah mengenai fakta bahwa, buah ini mengandung kalsium yang membantu dalam pembetukan tulang.

Selain itu, dalam buah sukun juga memiliki unsur tembaga, magnesium/ zat besi yang berguna dalam membantu  penyerapan vitamin C yang sangat dibutuhkan tubuh manusia.

Nah, ternyata banyak sekali Manfaat Mengagumkan Buah Sukun bagi Kesehatan bukan. Mulai hari ini kurangilah efek samping yang mungkin muncul karena konsumsi obat-obatan mengandung unsur kimia, Mari hidup sehat dengan konsumsi makanan sehat dan alami. Oke..

Load comments