Monday, May 6, 2019

10 Tips Terbukti Membantu Tidur dan Beristirahat

CeritaSakti.com - Tahukah kamu, kalau kurang tidur nyenyak dapat memiliki efek negatif yang bahkan mungkin sama sekali tidak pernah kamu sadari sebelumnya. Kelambanan, kealpaan, dis orientasi, dan lekas marah dapat juga menghambat produktivitas, konsentrasi, dan pengambilan keputusan yang baik.




Pentingnya mendapatkan jumlah istirahat yang tepat tidak bisa di abaikan begitu saja. Bagi sebagian orang biasanya tidur menjadi lebih mudah dari pada sebagian orang lain yang sangat sulit untuk tidur lelap.

Tips Membantu Tidur dan Beristirahat

Nah, jika kamu termasuk dalam kelompok orang yang mengalami sedikit kesulitan tidur, apapun itu lakukanlah perubahan yang dapat memudahkan kamu untuk memperoleh kualitas tidur yang lebih prima.

Yuk, Langsung saja membaca dan ikuti 10 Tips Terbukti Membantu Tidur dan Beristirahat di bawah berikut ini supaya tidur kamu lebih cepat dan nyenyak.

1. Atur Rutinitas Tidurmu dan Patuhi

Memang betul bahwa tidur menjadi lebih mudah ketika tubuh kamu lelah. Buat jadwal waktu tidur dan waktu bangun, hindari tidur siang dan patuhi jadwal yang kamu buat, nantinya kamu akan terbiasa dan mengikuti jadwal tersebut.

Semakin kamu membiasakannya setiap hari maka semakin baik, selain itu menetapkan interval tidur teratur sangat penting pula untuk mendapatkan kualitas tidur yang jauh lebih baik.

2. Hindari Konsumsi Stimulan

Tips yang kedua yakni hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung zat tertentu seperti kopi yang sarat kafein, minuman bersoda, alkohol, rokok dan obat-obatan terlarang dapat menyebabkan masalah tidur. Permen yang rasanya manis bagai gula juga dapat turut menyebabkan masalah jika di makan terlalu dekat dengan jam tidur.

3. Olahraga Secara Teratur

Jika tubuh sering di pakai melakukan olahraga secara rutin, maka tubuh pun cenderung akan membutuhkan istirahat dan itu merupakan hukum alami tubuh. Lagi pula olahraga secara teratur juga dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental manusia secara keseluruhan, kedua hal tersebut lah yang sangat memiliki kontribusi terhadap kualitas tidur yang baik.

4. Minimalis Gangguan

Ruangan sejuk dengan pencahayaan tidak begitu terang serta ter-isolasi dari kebisingan adalah sebuah tempat paling sempurna untuk melakukan tidur nyenyak. Matikan pula televisi atau perangkat elektronik lainnya yang dapat mengeluarkan suara maupun cahaya menyilaukan mata.

Dan juga usahakanlah untuk mencegah hal apa pun yang berpotensi akan mengganggu ritual tidur kamu nantinya.

5. Jadikan Tempat Tidur Sebagai Tempat Tidur

Banyak orang tergoda untuk melakukan aktivitas seperti menonton televisi, mengerjakan tugas kantor, atau bermain gadget di tempat tidur. Jangan buat waktu bersiap tidur dengan melakukan hal-hal tersebut yang pastinya malah akan membuat kamu cenderung sulit tidur lelap, nongkrong di tempat tidur dari pada saat seharusnya kamu tidur adalah hal yang tidak baik buat kualitas istirahat kamu.

6. Konsumsi Makanan Sehat

Diet yang tepat dan seimbang di pastikan dapat membantu seluruh organ dalam tubuh berfungsi seperti yang seharusnya. Konsumsi makanan sehat sangat lah berguna untuk pikiran dan kemampuan otak agar tidur nyenyak di kala yang semestinya.

Banyak makanan dengan kandungan glukosa berlebihan atau kafein dapat pula turut menyebabkan kegelisahan dan harus di hindari semampu mungkin saat menjelang waktu tidur.

7. Santai dan Rileks

Sikap santai dan rileks adalah tips membantu tidur berikutnya, kamu bisa mencoba melakukan olah nafas seperti meditasi atau sedikit gerakan yoga sebab hal tersebut dapat membantu menyiapkan tubuh dan otak untuk rileks dan santai.

Ingatlah, waktu menjelang tidur ialah bukan waktu yang tepat untuk introspeksi diri atau pun mengkhawatirkan tagihan-tagihan dan masalah-masalah dalam hidup yang malah membuat stres dan semakin sulit mencapai kualitas tidur sempurna.

8. Hindari Perangkat Elektronik

Menjelang tidur ada baiknya untuk tidak menonton televisi, menggunakan komputer, handphone atau perangkat lainnya karena cahaya dari lampu perangkat elektronik merangsang otak untuk bekerja bukan beristirahat. Jadi, jangan lakukan hal tersebut ya, supaya keinginan tidur nyenyak tercapai.

9. Makanan Karbohidrat

Makanan kaya karbohidrat dapat membantu tubuh menjadi lebih tenang. Cobalah misalkan sajian kentang keju bakar, sereal gandum, granola, popcorn jagung, minuman susu maupun teh.

10. Mandi Air Hangat

Air hangat yang menyentuh tubuh akan membuat tubuh rileks dan kamu akan merasa bersih serta siap untuk beranjak tidur nyenyak.

Nah, mulai saat ini yang dapat kamu lakukan adalah membuat jadwal-jadwal tersebut dan patuhi itu ya. Pergi tidur dan bangun pada waktu yang telah kamu sepakati sendiri setiap harinya.

Tubuh kamu lama-lama juga akan menyesuaikan dengan rutinitas tersebut kok. Carilah rasa nyaman dari tempat tidur dan jadwal yang kamu buat tersebut. Lalu, apakah kamar kamu sudah cukup nyaman untuk tidur dan beristirahat ?

Jika kamu memiliki ranjang per, pertimbangkan untuk beralih menggunakan kasur busa. Efek terapi busa meningkatkan sirkulasi dan menghilangkan titik-titik tekanan yang dapat menyebabkan rasa sakit dan susah tidur saat masih menggunakan ranjang per/pegas.

Lupakan sementara waktu semua elektronik, tv, iphone, samsung, komputer, dan gangguan serupa. Jadikan kamar tidur kamu zona bebas gangguan, hal ini untuk mendorong tubuh kamu rileks dan tubuh menginginkan tidur. Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat.

Load comments