Sunday, April 14, 2019

KEUNIKAN PURA ULUN DANU YANG EKSOTIS

CeritaSakti.com - Namanya Pura Ulun Danu Beratan, adalah Pura terbesar kedua di Pulau Bali setelah Pura Besakih, pemandangan di sekitarnya sangat indah sekali.

Untuk mencapainya memang cukup tidak mudah, tempat ibadah umat Hindu ini terletak di ujung Danau Beratan, Bedugul Tabanan Bali. Jaraknya kurang lebih sekitar 57 km dari kota Denpasar Bali, Indonesia tercinta.




Di sana udaranya sejuk dan dingin bersuhu sekitar 25 derajat celcius itu karena lokasinya yang terletak di dataran tinggi pegunungan di ketinggian 1.239 m di atas permukaan air laut. Dilengkapi taman bunga mengelilingi sekitar danau, sungguh terlihat indah, asri, dan menyenangkan.

Ketika air dari Danau Beratan naik, maka Pura Ulun Danu akan tampak seperti mengapung di atas air danau, sungguh Eksotis mempesona. Jadi orang-orang yang akan ke pura harus naik perahu sampan dulu untuk menuju pura tersebut.

Tetapi jika air danau sedang lagi surut, mereka umat Hindu yang mau sembahyang dapat berjalan kaki saja untuk mencapai lokasi pura.

Pura Ulun Danu Bratan Bali

Pura Ulun Danu ini berupa kompleks yang terdiri dari lima pura.
  1. Pura Penataran Agung, pura ini dipergunakan sebagai tempat pemujaan kepada Tri Purusha Siwa. Untuk memohon anugerah kesuburan, kemakmuran, kesejahteraan umat manusia, dan untuk keseimbangan alam semesta.
  2. Pura Dalem Purwa, di dalam pura ini terdapat tiga pelinggih utama yang diperuntukkan sebagai tempat memuja, tempat untuk rapat dan berdiskusi, serta tempat untuk meletakkan sarana upacara.
  3. Pura Taman Beji, pura yang ketiga ini digunakan untuk upacara Ngebejiang (upacara mensucikan sarana upacara) dan tempat untuk memohonkan air suci. Pura Taman Beji ini juga biasa di gunakan untuk tempat Melasti (upacara pembersihan dan pensucian) oleh masyarakat sekitar.
  4. Pura Lingga Petak, pura inilah yang sering di sebut Pura Ulun Danu Beratan. Gambar pura ini di abadikan pada mata uang Indonesia pecahan Rp 50.000,00. Pura ini pun di percaya sebagai sumber utama dari air Danau Beratan. Bagi daerah sekitar Danau Beratan, juga menjadi pemenuhan keperluan Subak (sistem irigasi di bali). Sungguh indah yaa..keselarasan perpaduan antara kebutuhan rohani dan juga pemenuhan kebutuhan pangan bagi masyarakat sekitar. Sejarah lebih jauh tentang Pura Ulun Danu bisa anda lihat pada Lontar Babad Mengwi.
  5. Pura Prajapati, pura yang terakhir ini terletak di bawah pohon beringin, pura ini adalah tempat bersemayamnya Bhatari Durga.

O iya, ada satu lagi keunikan dari Pura Ulun Danu Beratan ini. Di pura ini terdapat Stupa Budha, dengan adanya stupa ini cukup menandakan bahwa keselarasan, kehidupan antar umat beragama sudah terjalin baik dari jaman dahulu kala.

Nah, Ingin juga kan berwisata di tempat ini??, Bisa menyewa perahu terus mengelilingi danau. Kalau anda suka memancing juga bisa loh. Banyak kok perahu sampan dan peralatan memancing yang disewakan di sana.

Di sekitar komplek pura juga ada pasar tradisional bagi para pelancong. Ada berbagai jenis makanan, buah-buahan, sampai kerajinan tangan untuk suvenir dijual di sana, lumayan kan buat oleh-oleh orang tercinta di rumah.

Load comments