Saturday, April 13, 2019

Keindahan Kebun Raya Bogor

CeritaSakti.com - Kota Bogor, terletak di propinsi Jawa Barat, di sana terdapat kebun raya yang sangat luas. Siapapun akan senang bisa berjalan-jalan dan berlibur kesana.

Di sana kita bisa menghirup udara segar nan bersih dan bebas dari polusi udara loo, dan disana kita bisa bermain kejar-kejaran di halaman rumputnya yang sangat luas.






Dalam sejarah Indonesia negara kita tercinta ini, kebun raya ini didirikan pada tanggal 18 Mei 1917 oleh Prof.Dr.CGC Reinwardt. Beliau adalah seorang ahli tanaman yang berkebangsaan Jerman. Itu berarti kebun Raya Bogor ini sudah berumur 202 tahun lebih. 

kebun raya bogor

Sekitar dua ratus tahun lalu, kebun ini digunakan untuk melakukan percobaan berbagai tanaman yang dapat diperdagangkan. Misalnya, tanaman kelapa sawit, cokelat, karet dan kina.

Nah... sekarang selain berfungsi sebagai tempat wisata, Kebun Raya Bogor juga digunakan sebagai tempat penelitian, pendidikan, serta pelestarian alam.

Ketika memasuki pintu gerbang kebun raya, kita sudah dapat merasakan betapa sejuk udara disana, nyaman dan terutama bebas polusi yang sering kita hirup di area perkotaan. Disana pun banyak tempat teduh karena banyak sekali pohon besar yang usianya sudah ratusan tahun.

Kebun Raya Bogor adalah salah satu kebun raya terlengkap di dunia. Di Kebun raya ini telah tumbuh kurang lebih 12,531 tanaman yang telah dikelompokkan kedalam 3,228 jenis tanaman.

Kita tidak perlu heran  bila melihat pohon-pohon yang sudah sangat tua disini. Karena di kebun raya ini telah tumbuh sekitar 600 pohon yang usianya sudah mencapai 100 tahun. Dan kurang lebih ada sekitar 3000 pohon yang usianya mencapai dan bahkan lebih dari setengah abad.

Di dalam area Kebun Raya Bogor yang memiliki luas 47 hektar ini, kita juga dapat menemukan berbagai macam pohon unik lainnya. Disana kita dapat menemukan bunga bangkai, teratai raksasa, bunga rafflesia arnoldii, anggrek macan, pohon sosis, hingga pohon pandan yang usianya sudah puluhan tahun.

O iya, didalam area kebun juga terdapat jembatan merah yang kata masyarakat sekitar sih mempunyai kisah mistis.

Di kebun raya ini kita dapat belajar untuk lebih mengenal berbagai macam jenis tanaman. Jenis-jenis tanaman di kebun ini telah dikelompokkan sesuai dengan jenis masing-masing. Misalnya, kita ingin belajar tentang jenis-jenis tanaman obat maka kita tinggal pergi ke bagian Taman Obat.

Jangan khawatir yaa.. dan kita tidak perlu bingung kemana kita harus mencarinya karena disana sudah disediakan papan tulisan pada setiap bagian taman dan jenis-jenis tanamannya, kita tinggal membaca dan ikuti petunjuk yang ada disana.

Banyak sekali tempat-tempat menarik yang bisa kita kunjungi di kebun raya ini, disana terdapat Kolam Gunting dan juga Griya Anggrek. Di sana kita dapat menemukan berbagai macam bunga anggrek yang sangat cantik dengan warna-warna yang sangat indah memukau.

Kebun Raya Bogor termasuk kebun raya terbesar di Indonesia yang memiliki keunikan tersendiri. Di kebun ini kita bisa melihat istana Presiden yang megah. Dan di belakang istana itu terbentang kolam yang cukup besar dan indah.

Nah... itulah keseruan yang dapat kita nikmati jika berkunjung di Kebun Raya Bogor ini.
Jika kalian berencana untuk pergi kesana, jangan lupa untuk cari tahu cuaca di daerah sana dulu yaa... karena di kota Bogor sering banget turun hujan.

Load comments