Monday, May 27, 2019

5 Gunung Tertinggi di Dunia, Khusus Bagi Petualang Sejati ?!

CeritaSakti.com - Berada ditempat berudara tipis, ketinggian ekstrim, adrenalin berdenyut-denyut dalam pembuluh darah ataupun kelelahan amat dahsyat yang membuat tidak sanggup lagi kaki untuk melangkah ke atas adalah situasi kondisi dan perasaan yang sering dan sangat akrab bagi pendaki gunung.

Tetapi hadiah dari tantangan yang diberikan oleh alam bagi para pendaki tersebut tidak akan dapat diraih oleh kebanyakan orang, ada sesuatu yang mengisi jiwa mereka para pendaki sejati setelah melalui pendakian yang sulit dan tiba di puncak gunung tujuan.




Berikut daftar 5 Gunung Tertinggi Di Dunia, Khusus Petualang Sejati ! menurut penulis ceritasakti.com

1. Gunung Vinson

Berada di selatan Semenanjung Benua Antartika, Gunung Vinson terletak diantara Sentinel Range di utara dan Heritage Range di selatan Pegunungan Ellsworth.

Gunung Vinson Masif adalah gunung tertinggi di Benua Antartika. Mempunyai ketinggian 4.897 MDPL dan berjarak kurang lebih 750 mil bila ditempuh dari Kutub Selatan.

Kebanyakan pendaki naik dari Gletser Branscomb yang sudah dikenal sebagai rute normal dan membutuhkan waktu sekitar 10 harian untuk menuju puncak.

Sudah sekitar 1000-an pendaki telah tercatat mencapai puncak gunung Vinson, jauh lebih sedikit daripada tujuh puncak lainnya yang juga berada di Pegunungan Ellsworth.

Puncak Vinson lebih dipilih para pendaki, hal tersebut lantaran Puncak Vinson dianggap lebih menantang dari sisi teknis pendakiannya, kondisi hawa dingin dan kencangnya angin yang tak jarang membuat banyak pendaki harus kembali turun dan tidak berhasil mencapai puncak.

2. Gunung Elbrus

Membentang dari barat sampai timur pegunungan kaukasus dan sebagai puncak tertinggi di Benua Eropa dengan ketinggian yang menakjubkan 5.642 meter diatas permukaan air laut (MDPL). Sebenarnya Gunung Elbrus terdiri dari dua puncak utama dan keduanya merupakan gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi, letusan Gunung Elbrus terakhir terjadi pada 50 Masehi yang lampau.

Pegunungan Elbrus

Terlepas dari ketinggian dan ukurannya yang mengesankan, Gunung Elbrus telah cukup banyak dikunjungi para traveller dari seluruh dunia. Mungkin disebabkan pendakian di tempat ini yang lebih mudah daripada gunung yang memiliki tinggi menakjubkan lainnya.

Pendakian di gunung ini bisa dibantu menggunakan kursi gantung elektrik dan memakan waktu sekitar delapan jam untuk mencapai puncak. Namun, tidak berarti bahwa pendakian disini bisa sembarangan dilakukan oleh siapa saja, karena Gunung Elbrus ini juga termasuk dalam daftar gunung paling berbahaya di Eropa.

Dengan perencanaan yang sangat matang dan terukur adalah hal paling penting untuk memastikan anda kembali dengan selamat dalam pendakian gunung mana pun di dunia.

3. Gunung Kilimanjaro

Menjadi puncak gunung tertinggi di Afrika, menjadikan Kilimanjaro sebagai salah satu dari gunung tertinggi di tujuh benua di dunia. Berdiri tegak dengan ketinggian mencapai 5.895 MDPL.

Gunung Kilimanjaro juga tercatat sebagai gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi. Memiliki tiga puncak yang mirip kubah bernama Puncak Kibo, Puncak Mawenzi dan Puncak Shira, ketiga kubah tersebut terbentuk akibat dari aktifitas letusan terakhir gunung berapi ini ribuan tahun yang lalu yang menambah besar skala tubuh dari Gunung Kilimanjaro.

Rekor pendakian tercepat Kilimanjaro tercatat dibuat oleh pendaki sekaligus pemandu gunung asal Swiss bernama Karl Egloff, dia mengungguli pendaki gunung legendaris bernama Killian Jornet pemegang rekor pendaki tercepat di gunung Everest.

4. Gunung McKinley

Gunung McKinley atau lebih sering disebut Gunung Denali artinya "Yang Tinggi" oleh penduduk asli Alaska. Tidak hanya gunung tertinggi di Amerika Utara, tetapi juga merupakan puncak tertinggi ketiga yang paling menonjol di seluruh permukaan Bumi dengan ketinggian mencapai 6.168 MDPL.

Gunung ini memiliki relief tebing vertikal 5486 meter yang melebihi relief di gunung Everest. Upaya untuk mendaki Gunung McKinley sudah dilakukan oleh para pendaki dunia pada tahun 1896, tetapi tidak ada satupun pendaki yang berhasil mencapai puncak sampai pada tahun 1913. Mungkin disebabkan lapisan oksigen dan suhu udara di puncaknya yang sangat rendah yaitu mencapai minus 83 derajat Celcius.

5. Gunung Everest

Mungkin beberapa orang pernah mempunyai cita-cita atau angan-angan ingin berada di tempat tertinggi di bumi ? Ingin menyentuh langit ? Nah, berada di puncak tertinggi Everest mungkin bisa mewujudkan apa yang menjadi impian anda tersebut selama ini, hehe..

Memiliki ketinggian puncak 8.848 MDPL, Maka Gelar yang sangat layak disandang oleh Gunung Everest tidak lain adalah sebagai gunung tertinggi di muka bumi. Dan seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa pendaki gunung legendaris bernama Killian Jornet adalah pemegang rekor pendakian tercepat di Gunung Everest ini, Killian Jornet berhasil mencapai puncak Everest dalam waktu 7 jam 14 menit.

Secara geografis puncak Everest terletak di perbatasan antara Nepal dan Tibet. Ada dua rute jalan untuk mencapai gunung ini, yang pertama dari sisi tenggara Nepal dan yang satunya lagi bisa lewat sisi utara Tibet.

Fakta yang mengejutkan lagi dari Gunung Everest adalah bahaya yang mengancam para pendaki di gunung ini bukanlah teknis pendakiannya melainkan cuaca yang teramat sangat ekstrim dan sindrome mendadak mengalami trauma ketinggian yang dapat sekejap mata mengancam jiwa para pendaki Gunung Everest.

Nah, kira-kira itulah 5 Gunung Tertinggi yang cocok bagi mereka yang ingin menguji mental dan fisik, Oke bosquh.

Load comments