Sunday, August 4, 2019

5 Jembatan Terunik Di Dunia, Salah Satunya Di Bangun Di Indonesia

CeritaSakti.com - Di berbagai belahan dunia ini ada beberapa jembatan yang unik maupun di bangun dengan sengaja untuk di buat unik. Jembatan unik yang akan saya ulas di bawah ini selain tidak ada duanya juga sangat instagramable untuk berfoto ria serta bila berkesempatan sangat layak buat di kunjungi.

Jembatan sesuai dengan fungsinya adalah bangunan yang memanjang dari hilir hingga pangkal. Jembatan di buat sebagai sarana penyeberangan orang dan barang. Biasanya, jembatan di buat dengan menggunakan konstruksi material baja.




Tapi tahukah kamu, bahwa ada beberapa jembatan yang sengaja di buat dengan menggunakan material kaca, batu bahkan menggunakan selembar papan kayu saja loh.

Okey, bagi kamu yang sudah penasaran ada jembatan unik apa saja di dunia. Berikut ini saya rangkum tentang 5 Jembatan Terunik Di Dunia, Salah Satunya Di Bangun Di Indonesia. Yuk, langsung saja baca selengkapnya sampai habis yuk.

1. Jembatan Henderson di Singapura

Jembatan Henderson Singapura

Jembatan terunik di dunia yang pertama ada Jembatan Ombak Henderson. Pastilah kamu sudah bisa membayangkan bentuk jembatan hanya dari namanya ya. Iya betul, jembatan ini memang di rancang supaya terlihat seperti ombak.

Jembatan Henderson memiliki panjang kurang lebih 36 meter di bangun di atas Henderson Road Singapura dan menghubungkan dua tempat yaitu Mount Faber Park dan Teluk Blangah Hill Park yang barang tentu sudah cukup populer memiliki pemandangan yang indah di sekitarnya.

Rancangan konstruksi yang terdiri dari serangkaian tulang jembatan dari baja melengkung serta di buat bergelombang tersebutlah yang membuat jembatan ini begitu unik.

Apalagi bila pada malam hari, Jembatan Henderson terlihat unik dan begitu indah dengan di terangi lampu-lampu dengan desain yang artistik lengkap beserta area duduk-duduk dan bersantai serta cocok buat kamu yang haus akan eksistensi, karena tempat ini memang pas buat kamu ber-selfie ria loh.

2. Jembatan Hongayu Scenic di China

Jembatan Hongayu Scenic China


Tahukah kalian, di China ada salah satu jembatan kaca yang keren banget loh. Jembatan kaca itu bernama Hongayu Scenic. Jembatan kaca Hongayu Scenic menjadi salah satu jembatan kaca paling panjang di dunia.

Bahkan saking panjangnya jembatan kaca ini untuk menempuh dari satu ujung ke ujungnya bisa membutuhkan waktu yang cukup lama.

Kendati jembatan ini terbuat dari kaca, tetapi Jembatan Kaca Hongayu Scenic sendiri mempunyai kekuatan menahan beban hingga berton-ton. Bahan material kaca yang di gunakan untuk membuat lantai jembatannya pun memang bukan sembarang kaca.

Daya tarik lainnya yaitu saat para wisatawan jalan melalui jembatan ini di garansi akan merasakan sensasi seperti sedang terbang di atas awan. Sebab sudut pandang ke arah bawah memang serasa nyata pengunjung seperti sedang melayang di udara.

Hanya saja ada beberapa peraturan yang harus di patuhi, misalnya pengunjung harus memakai alas kaki khusus yang sudah di sediakan serta bagi para penderita jantung dan phobia ketinggian tempat ini tidak direkomendasikan ya, sebab selain di klaim sudah sangat aman tetapi tetap saja sangat ngeri dan menakutkan guys.

3. Jembatan Somerset di Bermuda

Jembatan Somerset Bermuda

Pada awalnya Jembatan Somerset di bangun pada tahun 1620 dan telah mengalami renovasi menyeluruh pada abad 20. Namun, sebagian besar konstruksi dan bahan dasar dari material batu alami tetap dipertahankan sampai sekarang.

Jembatan ini sendiri menghubungkan antara Pulau Somerset dan Pulau Sandys Paris. Sehingga untuk pergi dari satu pulau ke pulau lain cukup menggunakan jembatan ini saja.

Lalu, apa sih yang membuat jembatan ini unik ? Bagaimana tidak unik, Jembatan Somerset adalah Jembatan Terpendek di Dunia dengan panjang hanya 18 inch saja.

Selembar papan kayu bongkar pasang dengan lebar 18 inch tersebut di tempatkan di antara rentangan jembatan bermaterial batu alami.

Uniknya lagi nih, jika ada perahu layar bertiang yang akan melintas, maka papan kayu yang menghubungkan jembatan dapat di lepas sehingga tiang pada perahu yang akan melintasi jembatan bisa lewat, cukup unik bukan.

4. Jembatan Pring Wulung di Indonesia

Jembatan Pring Wulung Indonesia


Berbeda dengan jembatan unik dari kaca yang nyeremin tadi, kali ini kita akan membahas jembatan yang bikin penyeberangnya bahagia. Adalah Jembatan Cinta Pring Wulung, Purbalingga, Indonesia.

Jembatan keren untuk para pasangan sedang kasmaran ini sangat rekomendasi banget untuk di kunjungi bagi orang-orang yang punya pasangan lah. Pasalnya, jembatan ini sendiri mempunyai bentuk hati.

Jembatan ini memang di bangun sengaja agar membuat kesan romantis bagi siapa saja yang berkunjung ke tempat ini. Kesan horor apalagi ngeri saat menyeberangi jembatan pun jadi tak ada deh.

Selain itu, para traveler juga bisa foto-foto di jembatan ini untuk di jadikan foto pra nikah atau buat kamu pasang di beranda media sosial kamu, di jamin bakal kebanjiran like deh. Jadi, tunggu apalagi langsung datangi saja tempat unik dan indah di Purbalingga ini ya.

5. Jembatan Musa di Belanda

Jembatan Musa Belanda

Jembatan terunik di dunia yang terakhir adalah Jembatan Musa di Belanda. Berbeda dengan jembatan unik sebelumnya yang kebanyakan memiliki skala besar dan megah.

Namun, tidak dengan jembatan musa. Bangunan ini di beri nama jembatan musa sebab jembatannya memang terlihat membelah air menjadi dua bagian.

Pada awalnya, seorang arsitek ingin membangun sebuah benteng di abad 17 dengan desain yang inovatif. Akan tetapi sang arsitek tidak cukup puas sebab di nilai benteng tersebut mudah terlihat oleh musuh.

Kemudian, arsitek tersebut memutuskan untuk menyamarkan benteng tersebut dengan cara di bangun konstruksi di sebuah parit, tidak di atas air tetapi di bangun di bawah garis permukaan air parit.

Selain terlihat seperti membelah air parit Jembatan Musa di Belanda juga dapat di lalui manusia, jembatan di bawah parit ini juga pastinya samar bila di lihat dari pinggir parit dan sangat memungkinkan orang yang berjalan melaluinya tidak terlihat saat menyeberangi jembatan.

Nah, kira-kira itulah beberapa pengetahuan dan rangkuman saya tentang 5 Jembatan Terunik Di Dunia, Salah Satunya Di Bangun Di Indonesia. Gimana menurut kamu, mana jembatan yang paling unik ?

Akhir paragraf saya ucapkan terimakasih telah selalu setia membaca artikel saya sampai habis dan juga jangan lupa buat membaca artikel menarik di halaman selanjutnya ya. Semoga bermanfaat.

Load comments