Tuesday, July 23, 2019

5 Desa Terunik Di Dunia, Salah Satunya Ada Di Indonesia!

CeritaSakti.com - Hai semua, apa kabar hari ini ? kembali lagi seperti biasanya saya selalu harapkan para pembaca setia ceritasakti dimana pun berada tetap dalam keadaan sehat walafiat tak kurang suatu apapun ya, Amin.

Di kesempatan kali ini saya akan menghadirkan ulasan tentang keunikan beberapa desa yang tersebar di berbagai belahan dunia. Pada kenyataannya Desa memang lah menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi orang, terutama orang-orang dari kota-kota besar yang mendambakan suasana ketenangan dalam hidup.




Setiap daerah atau desa pastinya mempunyai keunikan dan keontetikannya masing-masing ya. Desa-desa unik yang ada di dunia ini cukup perlu di ketahui buat menambah wawasan pengetahuan atau bila berkesempatan cukup seru juga untuk dikunjungi loh.

Lalu, apa saja sih kiranya desa-desa terunik di dunia yang nyata dan memang ada di muka bumi tersebut ? Berikut ulasan tentang 5 Desa Terunik Di Dunia, Salah Satunya Ada Di Indonesia! Yuk, mulai saja menyimak selengkapnya sampai akhir yuk.

Desa Wigwam Amerika Serikat

Desa Wigwam Amerika Serikat

Baca Juga: Danau Terunik Di Dunia, Salah Satunya Milik Indonesia!

Kamu pasti sering lihat film Cars 2 kan ? Di dalam film itu di paparkan ada salah satu desa yang cukup unik dan keren, nama desanya yaitu Desa Wigwam.

Sleep in Wigwam, itulah ungkapan ikonik yang melekat pada tempat ini. Desa Wigwam sendiri terletak di Rute 66, sebuah jalanan terkenal di negeri Paman Sam yang berubah menjadi sangat sepi semenjak ada proyek besar untuk pembangunan jalan tol.

Di desa ini sendiri terdapat banyak bangunan unik. Sebagian besar bentuk arsitektur dari bangunan hotel maupun penginapan di sana banyak berkiblat pada model bangunan-bangunan Amerika Latin.

Tentunya terlihat sangat nyaman sekali bagi orang yang datang ke Desa Wigwam untuk berniat sekedar menikmati istirahat atau tidur dengan nyenyak bebas kebisingan oleh saking sepinya tempat yang satu itu.

Desa Viganella Itali

Desa Viganella Itali

Desa Terunik Di Dunia selanjutnya adalah desa bernama Viganella. Ada sebuah desa di negara Italia yang terletak di bagian bawah lembah Piedmont, Italia. Lalu, apa yang membuat desa tersebut unik ? karena desa tersebut memiliki matahari pribadi sendiri. Hah ?!

Sinar matahari yang di dapat desa viganella tidak terpapar langsung dari alam tetapi di buat oleh tangan manusia. Hal tersebut karena Desa Viganella memang tidak pernah mendapatkan sinar matahari langsung oleh sebab lokasi desanya di bagian bawah lembah.

Kemudian, salah satu arsitek dari desa tersebut yang bernama Giacomo Bonzani mencoba terobosan besar dengan membuat matahari buatan untuk desa itu.

Di dalam eksperimen tersebut, Giacomo membuat cermin raksasa yang dapat memantulkan sinar surya ke desanya. Setelah selesai sebuah cermin raksasa itu di buat selanjutnya desa viganella yang berada di bawah lembah tersebut tidak khawatir lagi tak mendapatkan sinar surya.

Dengan makin berkembangnya ilmu teknologi, sinar matahari buatan di desa viganella pun di jalankan oleh sistem komputerisasi canggih yang dapat melacak keberadaan sumber matahari bersinar dan secara otomatis memantulkannya ke Desa Viganella tersebut.

Desa Nagoro Jepang

Desa Nagoro Jepang

Baca Selengkapnya: Pulau Terunik Di Dunia, Salah Satunya Berbentuk I Love You!

Nagoro adalah nama desa terpencil di negara Jepang yang terkenal dengan julukan Lembah Boneka. Karena hampir semua penduduk desa yang berada di sebuah lembah ini adalah boneka.

Pada awalnya Nagoro adalah sebuah desa biasa seperti laiknya desa-desa lainnya. Namun, seiring berjalannya waktu banyak warga yang pindah atau meninggal, hal tersebut menyebabkan populasi desa berkurang menjadi kurang dari 50 orang saja.

Kemudian, salah satu warga desanya bernama Ayano Tsukimi wanita paruh baya berumur 64 tahun mulai membuat boneka untuk berkeinginan menghadirkan semua orang yang telah wafat maupun telah pergi meninggalkan desa.

Setiap kali tetangganya meninggal atau pergi dari desa, Tsukimi akan segera membuat boneka replika. Selanjutnya, menempatkan boneka hasil karyanya itu seolah-olah menggantikan sedang melakukan kegiatan yang biasanya dilakukan oleh tetangganya tersebut.

Wanita paruh baya tersebut telah membuat boneka model guru lengkap bersama anak muridnya untuk di masukkan ke dalam gedung sekolah, boneka manusia dewasa yang lengkap dengan kursi roda yang seolah menunggu bus di halte dan berbagai boneka anak kecil serta orang dewasa lainnya yang tampak bagaikan aktif di rumah mereka masing-masing.

Kendati desa ini sangat unik dan langka, akan tetapi desa ini pun beraroma sangat horor uwow ya. Banyak pula orang yang konon mengalami kesurupan ketika datang ke desa ini tanpa niat baik.

Desa Kwatisore Indonesia

Desa Kwatisore Indonesia

Di Negeri Indonesia Timur ada sebuah desa yang indah dan sangat unik, lebih tepatnya terletak di kawasan Taman Nasional Teluk Candrawasih. Kalau kamu berkesempatan berkunjung ke tempat ini pasti dapat dengan mudah menemukan sebuah desa unik tersebut yang bernama Desa Kwatisore.

Menariknya, penduduk dan anak-anak setempat ternyata juga memiliki hobi unik loh, yaitu menjadikan rusa, buaya bahkan hiu paus sebagai hewan peliharaan dan kawan bermain.

Sebuah desa unik dan asri yang dikelilingi hutan rimba yang bebas polusi karena memang tidak ada kendaraan bermesin di sana. Rumah-rumah warga desa juga terlihat rapi berjejer serta indah menyejukkan mata dengan hiasan Anggrek Papua yang dipinjam langsung dari hutan.

Keunikan yang paling menonjol adalah Desa Kwatisore sering dijuluki Desa Hujan. Ini karena setiap sore desa itu sering sekali turun hujan bahkan meski sedang musim kemarau sekalipun. Usut punya usut nama dari desanya tersebut pun meminjam dari kependekan kata "Khawatir Sore Hujan".

Lihat Juga: Desa di India yang selalu hujan lengkap beserta petir dan angin

Sederet keunikan dan tentunya juga keindahan dari sebuah desa di Papua, Indonesia Timur itulah yang membuat Desa Kwatisore banyak di kunjungi wisatawan domestik dan mancanegara.

Mereka yang telah berkesempatan mengunjungi Desa Kwatisore umumnya merasa sangat senang. Sebab, selain sangat unik desa ini masih rapat akan biodiversitas alamnya.

Desa Shani Shingnapur India

Desa Shani Shingnapur India

Kamu boleh percaya atau tidak, bahwa ada sebuah desa di negara India di mana tidak ada pintu sama sekali pada sekitar 300-an bangunan aneh dan rumah warganya.

Bangunan seperti gedung sekolah, rumah-rumah penduduk bahkan Bank Desa pun tak memiliki pintu. Barang berharga seperti perhiasan emas dan uang kas warga desa di simpan dalam wadah dan ruangan terbuka. Hemm..lalu bagaimana ruangan kamar mandi apakah tanpa pintu juga ? Iya betul, tak berpintu juga guys, haduuh ?!

Namun, seiring berjalannya waktu untuk sebagian besar ruangan toilet umum di Desa Shani Shingnapur tersebut meski tetap tidak memiliki pintu tetapi sudah mulai di pasang tirai tipis untuk alasan privasi dan permintaan para kaum perempuan, karena sebuah pintu ternyata berhubungan erat dan bertentangan dengan keyakinan penduduk desa tersebut.

Hanya sebagian kecil saja para pria penduduk desa memasang daun pintu itu pun tidak permanen, hal itu dilakukan untuk menjaga gangguan hewan liar dan itu pun dilakukan hanya pada malam hari.

Para warga Desa Shani Shingnapur, Maharashtra, India tidak merasakan perlunya tindakan keamanan memasang pintu sebab menurut mereka, iman mereka kuat dan abadi layaknya Shani Sang Dewa Saturnus.

Nah, sekiranya itulah beberapa ulasan serta pengetahuan penulis tentang 5 Desa Terunik Di Dunia, Salah Satunya Ada Di Indonesia! Bagaimana dengan desa tempat tinggal kamu ? Apa saja keunikan yang di miliki desa tercintamu ? Silahkan tinggalkan komentar di kolom tersedia di bawah ya.

Terimakasih sudah membaca tulisan saya sampai habis dan jangan lupa lihat juga artikel menarik lainnya di halaman selanjutnya. Semoga Bermanfaat.

Load comments