Thursday, May 23, 2019

Tips Begadang Sehat Agar Tubuh Tetap Bugar

CeritaSakti.com - Pasti semua setuju ya, bahwa begadang merupakan suatu kegiatan yang tentunya tidak baik bagi kesehatan, kalau dilakukan secara terus menerus. Namun, meskipun begadang itu buruk bagi kesehatan, nyatanya terkadang dalam kondisi tertentu seseorang tersebut terpaksa harus melakukannya, entah karena untuk menuntaskan suatu pekerjaan yang mengharuskan untuk segera diselesaikan misalkan.

Lalu, jika seseorang itu tidak biasa  begadang, maka besar kemungkinan pada keesokan harinya badan akan terasa loyo, lemas dan mata serasa berat.




Nah, supaya tubuh senantiasa sehat, segar dan tetap bugar meski setelah begadang semalaman, berikut ini ada beberapa tips sederhana yang mampu mengembalikan semangat setelah begadang. Lanjut simak sampai selesai ya.

Usahakan tetap bangun pagi

Meskipun kamu telah begadang semalaman, bangun pada pagi hari tetap harus dilakukan seperti biasanya saat tidak begadang. Walaupun pada awalnya terasa berat, tapi cara ini akan memudahkan tubuh untuk menyesuaikan kembali jam biologisnya untuk malam dan hari-hari berikutnya. Jangan dicuekin ketika alarm sudah berbunyi, segeralah kumpulkan segenap energi biar mampu bangun pagi pada ketika itu juga.

Berjemur di pagi hari

Efek samping dari sinar matahari di pagi hari sangat baik untuk kesehatan. Coba lihat, sekiranya cuaca pada pagi hari tersebut sedang cerah, segera untuk keluar kamar dan berjemur di bawah sinar matahari pagi biar seluruh badan, kulit serta tulang mencicipi hangatnya sinar matahari pagi. Kualitas terbaik dari sinar matahari maksimal hanya sampai jam 8 pagi bosquh.

Banyak minum air putih

Setelah terbangun dari tidur jangan lupa untuk segera minum air putih yang banyak. Hal ini bertujuan supaya tubuh jangan sampai mengalami dehidrasi kekurangan cairan.

Banyak minum air putih

Untuk mengetahui apakah tubuh sedang mengalami dehidrasi atau tidak bisa mengeceknya dengan buang air kecil lalu lihat warna urinnya. Jika warnanya pekat, itu tandanya bahwa tubuh segera membutuhkan asupan cairan, jadi jangan lupa minum air putih yang banyak.

Lakukan olahraga ringan

Memang sangat tidaklah mudah untuk melaksanakan olahraga setelah begadang semalaman. Akan tetapi, hal itu bukan berarti kamu tidak akan mampu untuk melakukannya.

Dengan melakukan olahraga ringan setelah bangun, misalkan dengan lari mengelilingi kompleks sekitar rumah atau berjalan kaki sudah cukuplah, hal itu akan cukup membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh dan membuat tubuh kembali bugar meski habis begadang.

Hindari terlalu banyak konsumsi kopi

Orang yang begadang biasanya lebih memilih kopi sebagai pendamping untuk mengatasi rasa kantuk yang diakibatkan oleh begadang. Hal itu sebetulnya tidaklah masalah selama tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Pasalnya kalau terlalu banyak minum kopi, hal itu malahan mengakibatkan efek buruk lain terhadap kesehatan karena kandungan kaffein yang tinggi pada kopi.

Memang bukan perkara yang mudah untuk mampu segar dan bugar selama seharian setelah begadang semalaman. Namun, melaksanakan beberapa tips sederhana yang telah disebutkan diatas setidaknya akan membantu kamu biar kembali bersemangat lagi dalam menjalani kegiatan seperti hari-hari biasanya. Oke, Lanjut lagi sampai selesai ya.

Buatlah suasana begadang yang nyaman

Agar kinerja otak tetap lancar selama begadang dan badan tidak mengalami pegal-pegal setelah begadang, sebisa mungkin buatlah suasana yang nyaman sewaktu melakukan aktivitas begadang.

Misalkan, untuk yang begadang di depan komputer usahakan tubuh tidak membungkuk aturlah posisi duduk menjadi sedemikian mungkin dan senyaman mungkin. Hindari satu posisi dalam jangka waktu yang lama, dan usahakan sering bergerak dalam beberapa menit sekali.

Hindari ngemil makanan

Ini dia nih, kebiasaan yang paling sering muncul ketika seseorang melakukan ritual begadang sampai larut malam. Apakah itu? Ngemil di malam hari adalah waktu yang kurang tepat karena akan membuat kerja lambung bertambah berat.

Selain itu, mengemil makanan pada malam hari dapat menimbulkan timbunan lemak yang tidak sehat dalam tubuh. Makan malam yang baik adalah diantara jam 5 sore sampai dengan jam 7 malam saja. Setelah itu, hindari makanan agar tidak mengganggu proses dalam lambung dan biarkan lambung beristirahat.

Sempatkan pejamkan mata dan lakukan peregangan

Dengan melakukan beberapa peregangan, dapat membuat tubuh tetap rileks dan tidak mengalami kram. Sedangkan bagi yang begdang di depan tv maupun di depan layar monitor, pastikan kamu memejamkan mata sekitar 30 detik setiap 1/2 jam sekali, gunanya agar mata tidak letih dan kesehatan mata tetep terjaga.

Nah, kira-kira gitu aja ya tipsnya. Harapannya, semoga dengan tips-tips tersebut setidaknya kamu bisa tetep begadang ria tanpa mengalami masalah kesehatan ya bosquh! Dan kalo mau nambahin tips begadang lainnya, boleh tulis komentar di bawah ya bosquh, Oke.

Load comments