Sunday, May 12, 2019

7 Tips Sehat Selama Bulan Ramadhan

CeritaSakti.com - Bulan Ramadhan 1440 Hijriah telah tiba, saatnya untuk umat muslim sedunia untuk menjalankan kewajiban ibadah puasa. Selama sebulan penuh umat muslim sedunia diwajibkan untuk menahan segala nafsu untuk tidak melakukan kegiatan makan, minum dan aktivitas-aktivitas yang dapat membatalkan puasa.

Tentunya di bulan yang penuh berkah dan pahala ini jangan sampai dilewatkan oleh kamu dengan sia-sia. Selain untuk mendapatkan pahala yang sebesar-besarnya, kamu juga penting untuk tetap menjaga kesehatan selama Bulan Ramadhan. Kali ini ceritasakti.com akan membagikan 7 Tips Sehat Selama Bulan Ramadhan, agar kamu tetap bisa mendapatkan nikmatnya berpuasa.

Sehat di bulan puasa

1. Makan secukupnya dan tidak berlebihan

Makanlah sebelum lapar dan berhentilah makan sebelum kenyang, mungkin itulah pepatah yang tepat agar menjaga tubuh kamu supaya tidak kaget ketika berbuka puasa. Lakukan buka puasa bersama keluarga dengan menyantap hidangan sedikit demi sedikit atau bertahap.

Mungkin kebanyakan dari kamu, setelah tiba waktu berbuka puasa ingin menghabiskan semua makanan yang dihidangkan tanpa melihat kapasitas sistem pencernaan kita. Tentunya itu tidak sehat kan, lakukan bertahap seperti makan atau minum dengan porsi ringan saat berbuka puasa dan kamu bisa makan porsi berat setelah menjalankan ibadah tarawih.

2. Batasi makanan-makanan manis berlebihan

Ada ungkapan makanlah yang manis-manis ketika sedang berbuka puasa, hal tersebut sangat masuk akal, sebab glukosa atau kadar gula akan di ubah menjadi energi oleh tubuh. Sel dalam tubuh akan menyimpan glukosa sebagai cadangan energi yang sangat berguna ketika tubuh tidak mendapat asupan makanan seperti ketika berpuasa. Namun yang dimaksud adalah jangan terlalu berlebihan, tetap harus dibatasi makan-makanan manis ini.

Oleh sebab, tidak semua glukosa akan di ubah menjadi energi oleh tubuh, jika tidak diimbangi dengan olahraga atau aktivitas tubuh yang baik, glukosa atau kadar gula yang terendap dalam sel-sel ini pun dapat berisiko pada munculnya berbagai penyakit salah satunya Diabetes Millitus.

3. Banyak makan buah-buahan dan sayur

Makan buah dan sayur baik untuk sistem pencernaan kita. Usus kita membutuhkan banyak serat agar frekuensi buang air besar dapat teratur. Selain itu, selama berpuasa tubuh kita juga membutuhkan banyak asupan vitamin dan anti oksidan yang banyak terkandung dalam buah dan sayur.

4. Minum Vitamin

Agar kondisi tubuh kita tetap seimbang karena sedang kekurangan asupan makanan. Maka dari itu salah satu caranya adalah dengan rutin mengkonsumsi vitamin. Oleh sebab itu kebutuhan vitamin ini gunanya untuk membantu tubuh supaya tetap fit dan bugar.

5. Perbanyak minum air putih hangat

Minum air putih sangat membantu tubuh agar tidak terjadinya dehidrasi. Disarankan minumlah air putih hangat kuku ketika bersahur. Karena selain air putih yang hangat dapat membantu sel-sel dalam tubuh kamu rileks, banyak minum air putih hangat dapat menghilangkan minyak yang tertinggal dalam rongga kerongkongan dari makanan yang dikonsumsi ketika sahur, jadi membuat kerongkongan kamu nyaman dan tidak mudah merasa haus ketika di siang hari berpuasa.

6. Lakukan olahraga teratur

Selain vitamin, olahraga teratur selama bulan ramadhan pun sangat diperlukan. Bayangkan bagaimana tubuh sobat pada malam hari harus makan-makanan banyak, terutama yang manis-manis dan tubuh sobat tidak digunakan beraktivitas. Hal tersebut akan menyebabkan tubuh menjadi tidak sehat.

7. Istirahat secukupnya

Istirahat tidurnya seseorang yang sedang berpuasa adalah Ibadah, Ungkapan tersebut pasti membuat kamu gembira kan ? Ingat..Esensi, hakikat dan makna sesungguhnya berpuasa adalah menahan dan melawan hawa nafsu.

Termasuk melawan nafsu kamu untuk tidur seharian sampai tiba waktu berbuka puasa, bukan berarti saat berpuasa kita bisa bersantai-santai, ayo saatnya kamu beraktivitas seperti biasanya, agar ibadah berpuasa di bulan Ramadhan tahun ini tetap sehat, bermakna dan produktif.

Nah, sekian beberapa informasi dari ceritasakti.com mengenai Tips Sehat Selama Bulan Ramadhan. Semoga ibadah puasa ramadhan 1440H ini, kita semua mendapatkan kesehatan dan berkah. Oke..

Load comments