Saturday, April 13, 2019

Keunikan Burung Kiwi Berparuh Panjang

CeritaSakti.com - Sudah pada tahu belum burung kiwi?..Yuk kiat cari tahu apa saja keunikan yang dimiliki fauna yang satu ini, Let's gooo...






Keunikan burung Kiwi salah satunya, mempunyai paruh yang panjang dan lancip. Kiwi adalah salah satu fauna dari sekian banyak fauna yang berasal dari hutan di Selandia Baru.

Burung kiwi berparuh panjang

Burung yang satu ini termasuk kelompok unggas yang tidak bisa terbang. Di tempat habitat aslinya di hutan selandia baru, burung kiwi biasanya tinggal dan bersarang dalam lubang-lubang akar pohon besar.

Makanan kesukaannya adalah cacing tanah, serangga tanah, buah-buahan semak tumbuhan perdu, dan hewan-hewan kecil yang berbau.

Ukuran tubuh burung kiwi ini hampir sebesar ayam. Ada juga beberapa jenis kiwi yang berat tubuhnya bisa mencapai 3kg, tetapi ada juga beberapa jenis yang hanya berbobot 1,5kg saja. Tinggi burung kiwi kurang lebih 30cm.

O iya, burung ini ternyata tak mempunyai sayap, sehingga ia tak bisa terbang. Kiwi hanya bisa berjalan-jalan di tanah saja.

Berparuh panjang, Apabila dibandingkan dengan burung lainnya, paruh dari kiwi ini termasuk ukurannya panjang. Keunikan dari paruhnya yang panjang itu terdapat indera pengecap/perasa.

Saat mencari makanan paruhnya tidak hanya sekedar untuk mematuk saja, tetapi juga bertugas mengecap/mencicipi calon makanannya tersebut. Jika kiwi merasa suka atau sesuai dengan seleranya, mulailah ia menggali tanah untuk mengambil makanannya itu.

Bekerja dan Bertelur, Antara kiwi jantan dan kiwi betina mempunyai tugas masing-masing loo, Tugas dari kiwi jantan adalah menggali lobang di akar pohon, Sedangkan kiwi betina bertugas untuk bertelur.

Telur dari burung kiwi mempunyai ukuran cukup besar, Bobotnya kira-kira 0,5kg, panjangnya 12,5cm atau dua kali panjang dari telur ayam.

Sekali bertelur kiwi betina biasanya hanya mengeluarkan dua butir telur saja, telur-telur tersebut membutuhkan waktu dierami kurang lebih sekitar 75 hari sampai 80 hari hingga tiba waktunya menetas.

Burung Kiwi juga mempunyai keunikan lagi looh, ternyata burung tak bersayap ini kalo lagi sedang tidur suka menyembunyikan kepalanya lalu ditutupinya dengan bulu-bulunya. Hi..hi..hi...unik kaan..

Load comments