Kamis, 20 Januari 2022

Microsoft Membeli Activision Blizzard Inc Seharga Hampir 70 Miliar Dolar

Ceritasakti.com - Microsoft telah membeli Activation Blizzard Inc. Ini adalah akuisisi besar-besaran. Mungkin merupakan akuisisi perusahaan game terbesar sepanjang masa? Apakah ada yang tahu ada perusahaan yang membeli perusahaan lain yang berharga sebesar kali ini di dunia game? Ini adalah salah satu yang langka di dunia game dan dunia usaha streaming pada umumnya yang sebegitu besar nilai akuisisinya.


Mari ulangi judul artikel ini diatas sekali lagi, "Microsoft Membeli Activision Blizzard Inc Seharga Hampir 70 Miliar Dolar,". WOW..!! Yang berarti mereka kini memiliki semua penerbitan sah atas Activision Blizzard beserta masalah-masalahnya. Activision blizzard menerima deal dan itu untuk semua anak perusahaan sejenis game lainnya. Jadi dengan kata lain Microsoft saat ini juga memiliki Warcraft, Diablo, Overwatch, Call of Duty, Candy Crush, Skylanders, dan semuanya.


www.ceritasakti.com


Dapat dipastikan Microsoft Game yang baru dibentuk akan segera menjadi perusahaan game terbesar ketiga di dunia setelah perusahaan game Tencent dan Sony.


Jika ada yang ingat dengan benar, Microsoft baru-baru ini juga membeli perusahaan jaringan pekerja yaitu Linkedin seharga 26 miliar dolar, yang membuat bingung dan menimbulkan tanda tanya bagi sebagian pengamat dunia jaringan adalah seberapa berharga Linkedin? atau mengapa harus Linkedin?


Microsoft menghabiskan banyak uang di jaringan game. Kesepakatan tersebut harus disetujui oleh regulator pemerintah. Ada antitrust yang harus dilalui, dan tentu butuh waktu lama. Jadi, mereka diharapkan untuk menyelesaikan kesepakatan regulator tersebut sekitar pada tahun 2023 nanti. Sekarang, mungkin seluruh komunitas game dunia tahu bahwa Activation Blizzard Inc berada di bawah tekanan peraturan dengan federal California sehingga Activation Blizzard memberikan deal tersebut ke tangan Microsoft Game.


Perlu diketahui baru-baru saja harga saham Activision Blizzard Inc merosot turun secara besar-besaran bahkan setelah berita ini viral beberapa hari yang lalu, ini karena efek dari tuntutan hukum tersebut.


Bayangkan Microsoft ingin mengakuisisi mereka untuk waktu yang lama. Kesepakatan ini berhasil, tetapi karena gugatan berlarut-larut dan kerusakan bertambah, regulator federal terlibat, dan Activision Blizzard Inc sangat berpotensi kehilangan 30-40% nilainya sebagai perusahaan utuh. Sepertinya akan ada tiga atau empat korporasi yang berkaitan dan semoga saja apapun yang terjadi nantinya adalah yang terbaik untuk para gamers.


Oke, mari kita bicara tentang beberapa hal yang lebih positif tentang apa artinya ini bagi masa depan salah satu gamenya yaitu Call of Duty. Menurut Xbox, dengan adanya pembelian ini mereka ingin memperluas permainannya menjadi model bisnis. Perlu diketahui mereka saat ini telah memiliki 25juta pelanggan setia untuk Xbox game.


Topik positif dan menarik berikutnya untuk dilihat adalah bahwa CEO Microsoft game bernama Satya Nadella mengatakan bahwa kesepakatan ini akan mengutip dan memainkan peran penting dan menjadi kunci dalam mengembangkan platform metaverse di masa depan.


Selanjutnya hal ini tentu saja merupakan berita besar yang bakal mengubah dan sekaligus mengejutkan bagi para gamers di dunia terutama di komunitas game ya.


Tentunya semua berharap yang terbaik dengan transisi ini bahwa segala sesuatu yang benar akan menjadi sesuatu yang baik dan tidak ada yang dimasukkan atau terjerumus ke dalam area yang salah pada kenyataannya. Tapi hanya waktu yang akan memberitahu kita. Good luck Microsoft.(E/S)