Tuesday, November 5, 2019

Beberapa Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Ceritasakti.com - Jahe adalah salah satu jenis tanaman rimpang sebagai bahan rempah-rempah dan juga dapat bermanfaat sebagai tanaman obat. Secara ilmiah Jahe disebut dengan Zingiber Offinicale.

Manfaat jahe bukan hanya sebagai tumbuhan yang dapat berfungsi untuk menghangatkan badan saja. Jahe adalah tanaman yang datang dari Asia Tenggara. Nama ilmiah Jahe berasal dari bahasa sanskerta dari kata Yunani Zingiberi.

Tanaman Jahe telah menebar ke beberapa negara. Tanaman ini populer akan aromanya yang memiliki cita rasa yang khas, yaitu pedas. Jahe dijadikan sebagai bahan masakan sekaligus juga bahan obat penyembuhan pilihan di Cina, India, hingga Timur Tengah.

Ketika anda memilih Jahe, khususnya bila anda ingin memakainya sebagai pengobatan, akan lebih baik jika anda memilih jahe yang masih fresh dan segar, berstruktur kuat,  kulitnya halus, serta tidak berjamur agar mendapatkan sari ekstrak jahe yang berkualiatas.

Jahe fresh dan segar mempunyai rasa yang lebih kuat bila dibanding dengan Jahe Bubuk, kandungan Gingerol yang baik buat kesehatan masih utuh dan lebih banyak dibandingkan dengan Jahe Bubuk.

Untuk memanfaatkan jahe fresh, anda bisa mencampurkan jahe dengan berbagai olahan masakan seperti masakan olahan seafood, topping salad, serta kombinasi smoothies atau Jus anda.

Namun apabila anda memilih jahe dalam bentuk bubuk, pastikan anda memilih bubuk jahe yang masih murni. Minuman bubuk jahe yang di jual di market umumnya telah memiliki kandungan penambahan gula.

Dan pastikan pula anda menyimpan bubuk jahe dalam wadah tertutup rapat serta disimpan dalam tempat yang kering, gelap, dan tidak pengap atau panas.

Beberapa Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Ada Beberapa Manfaat Jahe Untuk Kesehatan yang akan kita bahas dalam artikel ceritasakti kali ini, diantaranya telah kita rangkumkan dibawah ini.

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan 

1. Menangani permasalahan pencernaan 

Kegunaan Jahe mempunyai riwayat panjang dalam menangani permasalahan berkaitan pencernaan. Diketahui dari generasi ke generasi, Jahe adalah salah satu dari bahan pilihan untuk membuat lancar skema pencernaan.

Kandungan phenolic dalam jahe berperan untuk menurunkan tanda-tanda iritasi gastrointestinal, merangsang air liur, menahan berlangsungnya kontraksi pada perut, hingga membantu pergerakan minuman dan makanan dalam system pencernaan di dalam tubuh.

Jahe dikatakan sebagai carminative, satu intisari yang bisa membantu mengeluarkan gas berlebihan yang berada di skema pencernaan Anda.

Permasalahan pencernaan seperti kolik serta dispepsia bisa ditangani dengan mengkonsumsi jahe.

2. Mengurangi rasa mual 

Manfaat jahe yang kedua yaitu dapat membantu menurunkan rasa mual yang dikarenakan oleh morning sickness, vertigo, atau efek samping dari tahap penyembuhan kanker.

Anda bisa mengkonsumsi Jahe dengan mentah atau menjadikannya minuman. Sekarang ini banyak sekali bentuk olahan jahe, salah satunya berbentuk permen. Sangat mudah anda dapatkan di toko-toko atau swalayan terdekat di kota anda.

Dengan mengkonsumsi ini dapat membantu secara baik khususnya dalam menangani mual yang sering dialami oleh ibu hamil.

3. Dapat mengurangi rasa sakit

Satu riset yang dikerjakan di University of Georgia mengatakan bahwa, jika mengonsumsi suplemen jahe setiap hari dapat mengurangi sakit-sakit pada otot yang disebabkan oleh olahraga sampai 25%.

Manfaat jahe dapat juga mengurangi rasa sakit karena dysmenorrhea, rasa sakit saat menstruasi.

Pada suatu riset, disebut jika 60% wanita merasakan rasa sakit yang dikarenakan oleh menstruasi dan menyusut sesudah mengkonsumsi jahe.

4. Menolong proses detoksifikasi serta mencegah penyakit kulit 

Jahe adalah salah satu type makanan yang disebutkan diaphoretic, bekerja dalam tubuh untuk mengeluarkan keringat.

Pengeluaran keringat berguna bagi anda khususnya ketika anda sedang demam atau flu.

Tidak hanya menolong proses detoksifikasi, berkeringat nyatanya bisa melindungi tubuh anda dari mikroorganisme yang bisa mengakibatkan infeksi pada kulit.

Beberapa pakar mempelajari semacam protein yang disebutkan dengan dermicidin, dibuat pada kelenjar keringat serta berperan membuat perlindungan badan dari bakteri seperti E. coli, staphylococcus aureus, dan jamur yang bisa mengakibatkan penyakit kulit.

5. Melindungi anda dari tumbuhnya sel kanker 

Salah satu kandungan dalam manfaat Jahe yang bertindak dalam menahan kanker ialah Gingerol. Dan Phytonutrient dalam jahe yang memberi rasa pada jahe yang unik.

Gingerol bisa menahan perkembangan sel kanker usus besar. University of Minnesota telah melakukan eksperimen pada sekumpulan tikus.

Pada barisan pertama yang diberi Gingerol ada 4 tikus yang tengah menderita tumor usus besar.

Selanjutnya pada barisan kedua yang tidak dikasih Gingerol ada 13 tikus yang tengah mengalami gangguan perkembangan tumor.

Sampai di hari ke 49 riset membuktikan, bahwa semua tikus yang tidak diberi Gingerol pada akhirnya disuntik mati sebab perkembangan tumornya telah begitu besar.

Sedangkan pada tikus yang diberi Gingerol ukuran tumornya berkurang menjadi 1/2 dari ukuran tumor sebelum disuntikkan.

Ahli riset yang sama melanjutkan pengujiannya dan hasilnya tidak hanya menahan pembentukan tumor, akan tetapi Gingerol juga dapat menekan penebaran serta mengurangi tingkat keparahan sel tumor atau kanker.

Hasil riset itu memberi hasil yang positif. Gingerol dipercaya dapat menahan penebaran serta mengurangi bertambah parahnya sel tumor yang tidak bisa di operasi.

Beberapa Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

6. Bermanfaat sebagai anti peradangan

Gingerol nyatanya berbentuk anti-inflamatori. Ini menerangkan bahwa banyak orang yang saat ini sedang mengalami penyakit persendian seperti osteoarthritis serta rematik memberikan laporan menyusutnya rasa sakit setelah mengkonsumsi Jahe dengan teratur.

Konsumsi jahe bukan sekedar untuk mengurangi rasa sakit dan juga pembengkakan di bagian yang sakit. Akan tetapi jahe juga bisa menghalangi elemen yang bertindak dalam proses inflamatori pada tubuh seperti sitokin, kemokin, kondrosit, serta leukosit.

7. Manfaat jahe untuk turunkan berat tubuh 

Dalam satu studi yang dikerjakan oleh beberapa para riset ahli dari Institute for Human Nutrition di Columbia University menemukan bahwa jika mengkonsumsi Minuman Jahe Panas untuk diet maka dapat membuat anda merasakan kenyang lebih lama.

Ini berarti akan megurangi porsi makan anda secara otomatis, sehingga sangat bagus untuk program diet anda.

Riset Lain Temukan Hal Sama Mengenai Jahe 

Studi ini menemukan jika mengkonsumsi Jahe setiap hari bisa meningkatkan nafsu makan anda. Hal ini berlangsung disebabkan karena Jahe bisa meningkatkan pergerakan metabolisme badan serta kalori yang dibakar.

Masih banyak manfaat lain dari jahe yang telah ditemukan oleh para ahli analisis baru yang diedarkan dalam Annals of New York Academy of Sciences.

Mempelajari lebih dari dari 60 penemuan riset sebelumnya yang dikerjakan pada kultur sel, hewan eksperimen, serta manusia.

Secara keseluruhan riset mengatakan jika Jahe serta beberapa senyawa yang terdapat di dalamnya memberi dampak positif dan memberikan keuntungan pada obesitas, diabetes, serta penyakit jantung.

Tidak hanya itu saja, Jahe juga sudah dibuktikan dapat menghalangi depresi oksidatif (bentuk penuaan seluler), mempunyai karakter anti-inflamasi, turunkan kandungan cholesterol dan tekanan darah.

Serta, jahe dapat mengurangi aterosklerosis, yakni penumpukkan lemak beresiko di pembuluh darah arteri.

Dalam riset itu, diterangkan bagaimana rempah jahe bertindak dalam pembakaran lemak, pencernaan karbohidrat, serta produksi insulin.

Ketika uji riset yang diumpankan pada kelompok tikus, Jahe sudah dapat dibuktikan dapat mengurangi berat tubuh serta peradangan sistemik dengan relevan.

Turunkan cholesterol serta gula darah dan membuat perlindungan hati dari dampak beresiko penyakit perlemakan hati non-alkohol serta penekanan sel kanker atau tumor.

Walau demikian, sampai sekarang beberapa periset belum juga memahami mengenai formulasi serta dosis yang pas buat memperoleh manfaat klinis dari Jahe untuk turunkan berat tubuh.

Dari Beberapa Manfaat Jahe Untuk Kesehatan yang telah anda ketahui dari artikel ceritasakti kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi kehidupan anda dan kita semua.

Masih banyak tips – tips dan manfaat lain yang sangat menarik untuk dibaca di halaman selanjutnya. Jika anda rasa artikel ini berguna bagi para pembaca setia lainnya silahkan di share yaa. Semoga bermanfaat.(E/S)

Load comments