Sunday, August 4, 2019

Tips Memilih Durian Yang Manis dan Enak, Untuk Di Santap Bersama Keluarga

CeritaSakti.com - Hai semua pembaca setia ceritasakti, di kesempatan kali ini saya akan memberikan atau mengulas tentang bagaimana tips memilah buah durian yang punel, manis serta enak buat di santap bersama keluarga.

Apakah masih ada dari pembaca yang belum mengenal buah durian ? Pastinya tahu semua kan buah yang cukup familiar ini ya.




Okey, Buah Durian yakni salah satu buah endemik dari benua tropis yang juga menjadi buah kegemaran banyak orang, pada khususnya masyarakat pada daerah tropis seperti Indonesia termasuk saya sendiri adalah penggemar berat buah durian.

Menilik dari namanya saja durian pasti panggilan tersebut mengambil dari bentuk kulit buahnya yang berliuk-liuk, keras dan lancip sehingga mirip duri-duri makanya jadilah disebut durian :)

Kepopuleran namanya, keunikan bentuknya, ketajaman aroma dan rasa khas buah yang satu ini bahkan sampai ada sebagian orang-orang meminjam durian dalam pengertian filosofinya.

Misalnya, "jadilah orang layaknya durian, meski pun keras diluar namun manis dan lembut di dalam" atau ada pula "lakukan sesuatu layaknya buah durian, yang tak akan jatuh sebelum dia matang" serta banyak sekali filosofi-filosofi baik lainnya dari buah durian ini.

Buah Durian pun kerap sekali di sebut sebagai Raja dari segala buah. Selain pohon durian memang tinggi menjulang, hal itu lantaran buah ini mempunyai bentuk unik, bau khas yang harum dan tentu rasanya yang manis dan enak.


Aroma unik dari buah ini dapat membuat tergiur siapa saja yang menciumnya, tetapi tahukah kamu untuk menikmati rasa buah durian yang manis dan punel kamu perlu sedikit pengetahuan lebih. Di sebabkan tak semua buah durian yang diperdagangkan di pasaran memiliki rasa yang manis alami loh.

Hal lainnya tentang buah yang satu ini adalah Buah Durian Mahal ? Iya, memang harga buah durian yang berkualitas baik itu tidak lah murah banget, apalagi buah durian adalah buah musiman yang sulit di temui bila belum tiba musimnya.

Jadi, kalau kamu ingin menikmati buah durian dengan rasa yang mantab ada nih satu dua rahasia sederhana atau tips mudah yang harus kamu ketahui dulu sebelum berburu durian.

Nah, berikut ini ada beberapa Tips Memilih Durian Yang Manis dan Enak, Untuk Di Santap Bersama Keluarga. Yuk, langsung saja disimak sampai habis yuk.

Tips Memilih Buah Durian

Warna Durian

Meminjam dari sebuah peribahasa populer "Jangan menilai isi buku hanya dari sampulnya". Hal tersebut juga berguna dan dapat kamu terapkan saat hendak membeli dan memilih buah durian.

Warna bisa membuat bingung bagi yang ingin dan sedang berburu durian, sebab warna dari kulit buah durian sangat beragam. Mulai dari hijau, hijau kekuningan hingga durian berwarna kecoklatan juga ada.

Kesalahan pertama dalam memilih durian berkualitas baik yaitu mengira warna dari kulitnya ini mempengaruhi rasanya dan hal itu tidak lah sepenuhnya betul.

Warna kecoklatan atau kuning dari kulit buah durian tak selamanya menandakan kalau durian tersebut sudah matang. Begitu pun sebaliknya dengan durian yang berkulit hijau muda tidak selalu menandakan buah durian berwarna hijau belum matang.

Terlebih lagi khususnya durian asli Indonesia sendiri kebanyakan memiliki kulit cenderung agak kehijauan namun isinya matang dan manis alami loh. Jadi, abaikan penilaian kualitas durian dari melihat warnanya.

Bentuk Bulat

Sebenarnya sih, jika di lihat dan di perhatikan lebih seksama lagi tidak semua buah durian itu memiliki bentuk yang bulat sempurna. Beberapa buah durian ada pula yang mempunyai tampilan elip atau sedikit lebih lonjong.

Namun, maksudnya di sini adalah di kala kamu sudah berniat untuk beli durian hal pertama yang perlu di ingat yaitu amati dahulu dengan seksama lalu pilihlah buah durian dengan bentuk yang lebih bulat dari pada durian lainnya.

Karena buah durian yang berbentuk bulat menjadi tanda kalau buah tersebut memiliki daging yang banyak di dalam. Sedangkan buah durian yang berbentuk lebih lonjong apalagi berbentuk penyok kebanyakan mempunyai daging buah lebih sedikit di dalam.

Tangkai dan Duri Pendek

Bagian tangkai pada durian turut serta menjadi salah satu faktor penentu tebal dan tipis daging dalam durian. Adanya tangkai yang panjang dan kecil menunjukkan kalau daging dalam buahnya kebanyakan tipis dan tidak banyak.

Apabila buah durian yang mempunyai bentuk tangkai pendek dan besar itu bertanda kalau durian tersebut memiliki isi yang lebih banyak dan berdaging cukup tebal.

Pengertian sederhananya adalah karena tangkai dari buah durian tersebut memiliki fungsi buat membawa unsur karbohidrat ke batang pohon. Maka dari itu, jika tangkai buah tersebut pendek dan besar itu pertanda bahwa intensitas suplai volume karbohidrat dalam buah juga lebih besar.

Selain memilih durian bertangkai pendek, ciri-ciri lain yang mesti kamu perhatikan di saat membeli durian yakni pilih buah durian yang memiliki duri pendek. Lainnya duri yang pendek perhatikan pula jarak kerapatan durinya. Sebisanya cari dan belilah buah durian yang berduri tidak terlalu rapat.

Amati Aroma Buah Durian

Tips selanjutnya adalah di saat mengamati bentuk fisik dari buah durian yang akan kamu beli, jangan lupa untuk memperhatikan aroma dari masing-masing durian yang sedang kamu teliti.

Oleh sebab, buah durian yang betul-betul siap untuk di konsumsi serta memiliki rasa manis walaupun kulitnya belum terbuka akan mempunyai semerbak aroma yang tercium harum.

Cara Memilih Durian

Hindari Buah Durian Terbuka

Pada umumnya saat memilih buah durian biasanya orang lebih tertarik dengan buah durian yang telah terbuka kulitnya, karena di kiranya matang dan lebih enak.

Tetapi perlu di ketahui buah durian yang sudah terbuka kulitnya malah menjadi tanda kalau buah tersebut sudah tidak fresh karena sudah terkena angin sehingga membuat daging buah menjadi hambar serta kurang sedap.

Jadi, sebaiknya ketika kamu melihat buah durian yang sudah terbuka kulitnya jangan di pilih. Belilah buah durian yang kulitnya masih tertutup rapat ya.

Memukul Buah Durian

Tips berikutnya adalah kamu dapat memilah durian yang berkualitas bagus dengan sedikit memukulnya kemudian coba dengarkan suara yang keluar dari dalam buah durian tersebut.

Untuk cara gampangnya mintalah pada bapak penjual untuk melakukan hal tersebut, atau bisa kamu lakukan sendiri dengan memukul durian menggunakan pisau. Ingat, tidak di sarankan menggunakan tangan kosong untuk mengecek suara dari durian ya.

Apabila setelah sedikit di pukul durian terdengar seakan teredam itu ciri-ciri jika buah tersebut sudah cukup matang dan siap di santap bersama keluarga.

Sedangkan bila durian tersebut berbunyi nyaring itu tandanya kalau buah belum cukup matang serta butuh waktu lagi sebelum siap di makan.

Bergaris Lima

Tips terakhir yaitu bila kamu amati lebih teliti lagi akan tampak buah durian memiliki garis samar atau juring pada kulit bagian luarnya.

Kamu bisa melihat dari permukaan kulitnya yang seolah membentuk garis di sela-sela durinya dari tangkai sampai bagian ujung buah durian. Garis samar atau juring itulah merupakan tanda ruang di dalam buah yang terisi dengan biji dan daging buah.

Dan buah durian yang bagus idealnya mempunyai juring atau garis sebanyak lima. Sebab, durian dengan jumlah juring lima kebanyakan buahnya manis dan dagingnya tebal.

Nah, sekiranya demikian lah beberapa pengetahuan penulis tentang Tips Memilih Durian Yang Manis dan Enak, Untuk Di Santap Bersama Keluarga.

Terimakasih telah membaca dengan teliti ulasan sederhana di atas dan jangan lupa untuk terus membaca tips menarik lainnya di halaman berikutnya ya. Selamat berburu durian dan Semoga Bermanfaat.

Load comments