Tuesday, July 16, 2019

Beberapa Tips Ampuh Mengusir Nyamuk Menggunakan Bahan Alami dan Sederhana

CeritaSakti.com - Hai apa kabar kamu hari ini ? semoga pembaca blogweb yang sederhana ini terus dalam keadaan sehat walafiat ya, Amin. Pada kali ini saya akan berbagi tips menarik yang akan mengulas dan membahas seputar serangga kecil yang tidak jarang sangat meresahkan dan juga menjengkelkan atau lebih tepatnya adalah Beberapa Tips Ampuh Mengusir Nyamuk Menggunakan Bahan Alami dan Sederhana.

Mengusir apalagi membasmi nyamuk memang susah-susah gampang ya. Nyamuk bisa pula disebut sebagai serangga pengganggu atau pun hama yang acap kali merugikan bagi manusia, sebab kehadirannya akan membawa sejumlah masalah dan penyakit bagi manusia.




Meskipun telah dіberantas berkali-kali, nyamuk akan tetap muncul terus dan terus. Kenapa bisa begitu ? Hal ini akibat dari nyamuk yang sangat gampang sekali untuk berkembang biak.

Tips Ampuh Mengusir Nyamuk

Baca Juga: Cerita Raja Nyamuk Penghisap Darah Manusia

Begitu mudah dan cepatnya nyamuk berkembang biak membuat serangga kecil ini sangat mudah ditemui karena memang berkeliaran dimana-mana. Apalagi jika di lingkungan sekitar tempat tinggal yang kotor dan tidak terurus, pasti akan membuat nyamuk merasa nyaman sejahtera untuk bermukim dan berkembang biak.

Seperti juga adanya saluran air yang buntu dan genangan air biasanya merupakan tempat paling disenangi oleh nyamuk dan tentu lokasi seperti itu menjadi salah satu tempat yang sangat berpeluang untuk dijadikan berkembang biak nyamuk.

Dan selain itu tumpukan sampah-sampah yang berserakan dan tidak ada yang peduli juga menjadi tempat favorit untuk berkembang biak nyamuk. Apalagi saat musim hujan tiba, genangan air hujan yang terdapat pada sampah-sampah plastik dan botol yang bertebaran di sana-sini pastinya akan dijadikan salah satu tempat untuk membantu nyamuk mempercepat perkembangbiakannya.

Nah, berikut beberapa tips dan metode yang dapat kamu jadikan sebagai opsi dan referensi untuk membasmi nyamuk-nyamuk menjengkelkan tersebut, untuk penjabaran dibawah berikut sudah saya rangkum semudah dan se-efisien mungkin, supaya kamu dapat memahaminya. Yuk, langsung saja membaca dan simak dengan teliti bersama-sama ya.

Bersihkan Lingkungan Tempat Tinggal

Kebersihan ialah menjadi kunci pokok untuk mengusir, memberantas dan memutus rantai perkembangbiakan nyamuk. Walaupun tidak seratus persen nyamuk menghilang, tapi setidaknya sebagian besar nyamuk yang ada akan musnah.

Jangan biarkan saluran pembuangan di sekitar hunian kamu tidak mengalir dengan sempurna atau tersumbat, hal ini akan turut mendukung tumbuh kembang nyamuk dengan cepat.

Apabila ada sampah botol maupun sampah plastik yang berserakan dimana-mana, bersihkan secepatnya bisa dengan cara ditimbun dalam tanah atau dibakar saja. Sebab jika kamu cuekin saja sampah-sampah tersebut, bagaimana ketika hujan tiba ? pastilah akan tercipta genangan air di sampah plastik dan botol itu yang dapat mengundang nyamuk datang untuk akhirnya bersarang dan bertelur disitu.

Langkah selanjutnya selalu ingatlah akan kebersihan ѕеluruh area dalam rumah kamu secara rutin pagi dan sore hari. Perhatikan titik-titik yang bakal menjadi tempat favorit nyamuk seperti misalnya bawah meja, kolong lemari, tirai gorden, tumpukan baju dan lain sebagainya.

Bila memiliki taman di area rumah, maka kamu wajib merapikannya secara teratur, bersihkan daun-daun kering yang berserakan, pangkas rumput yang sudah tinggi. Kegiatan bersih-bersih taman dan rumah tersebut juga akan ikut mengurangi potensi keberadaan nyamuk di sekitar rumah.

Minyak Kayu Putih

Selain digunakan sebagai obat mujarab menyembuhkan perut yang kembung dan bisa pula mengobati rasa gatal bekas gigitan nyamuk, ternyata minyak kayu putih juga bisa di manfaatkan untuk mengusir nyamuk loh. Aroma terapi dari minyak kayu putih ternyata memang tidak disukai oleh nyamuk jadi gunakan buat mengusir serangga yang menjengkelkan tersebut.

Untuk cara pembuatannya pun cukup gampang, hanya perlu siapkan botol penyemprot yang sudah tidak terpakai, jangan lupa botol cuci terlebih dulu atau kalau mau beli yang baru juga banyak di toko sekitar tempat tinggal kamu kok, biasanya toko pakan burung jual, bilang saja beli botol buat mandikan burung harganya sekitar 12 ribu saja.

Setelah botol semprot sudah kamu dapatkan, sekarang masukkan air bersih kurang lebih setengah dari botol saja, supaya mudah nanti saat melakukan pengocokan. Berikutnya masukkan beberapa tetes minyak kayu putih sambil sesekali di kocok sampai aroma dari minyak kayu putihnya tercium.

Jangan lupa lakukan pengocokan sesering mungkin agar cairan tercampur secara merata ya, jika di biarkan minyaknya tidak akan bercampur air dalam botol.

Nah, sekarang botol berisi ramuan sederhana pengusir nyamuk sudah ѕіар untuk di gunakan, kamu cukup melakukan penyemprotan di ѕеluruh sudut-sudut dalam ruangan. Dipastikan nyamuk akan kabur semua lah.

Minyak Lavender dan Ragi

Lavender merupakan bahan yang sudah cukup populer dan sering dipakai untuk campuran bahan pembuat obat nyamuk bakar, obat nyamuk spray maupun obat anti nyamuk berbentuk krim. Nah, jika ingin membuat obat pengusir nyamuk berbahan dasar lavender tersebut, sebenarnya kamu bisa membuatnya sendiri di rumah juga bisa kok.

Selain bisa digunakan sebagai aroma terapi dan membuat ruangan menjadi wangi, lavender bіѕа juga kamu manfaatkan untuk mengusir nyamuk tentunya.

Untuk caranya tidaklah begitu sulit kok, disini kamu hanya perlu membeli minyak lavendernya dan ragi terlebih dahulu. Apakah tidak mahal minyak lavender ? Tenang saja, harga minyak lavender dan ragi sangat terjangkau.

Jika kesulitan mencari di sekitar tempat tinggal kamu dapat membelinya di toko online, banyak sekali yang menjual Essential Minyak Lavender harganya yang termurah sekitar 40 ribuan sebotol kecil.

Bila bahan-bahan semua sudah ѕіар, kamu bisa mulai tuangkan air ke dalam sebuah toples kecil atau gelas kecil yang sudah tidak terpakai. Masukkan air kira-kira 15 persen saja dari total ruang yang ada di gelas tersebut.

Lalu mix minyak lavender dan ragi, Jangan lupa аduk-аduk agar kedua bahan bisa tercampur secara sempurna dan merata. Nah, sekarang hasil ramuan sudah siap digunakan deh.

Letakkan toples atau gelas yang berisi ramuan tadi pada tempat yang sering digunakan nyamuk untuk bersarang ya. Cek tiga hari sekali apakah ramuan dalam gelas habis, jika berkurang kamu bisa mengisi ulang lagi dan lagi dengan ramuan lavender tadi. Dijamin nyamuk lama-lama akan pergi karena bosan dengan aroma wangi dari ramuan yang kamu buat.

Warna-Warna Cerah

Warna-warna cerah seperti putih, kuning atau pun oranye merupakan warna yang cenderung tidak disukai oleh nyamuk dibanding warna yang gelap.

Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan ketiga warna itu untuk beberapa bagian dekorasi ruangan dalam rumah. Misalkan gorden karena tirai gorden merupakan salah satu tempat yang disukai oleh nyamuk untuk sembunyi.

Mungkin sekarang saatnya kamu bisa kembali pertimbangkan untuk mengganti dan memakai kain gorden yang mempunyai motif warna-warna cerah tersebut.

Walaupun tak sepenuhnya menghilangkan nyamuk, namun hal tersebut dapat setidaknya mengurangi dan membuat nyamuk pergi menjauh.

Daun Serai

Bahan yang satu ini biasanya dikenal guna tambahan bumbu pelengkap ѕааt memasak di dapur, tetapi kini kamu juga bisa mengalih fungsikan daun serai ini untuk mengusir nyamuk juga.

Penggunaan dan cara pembuatan ramuan pengusir nyamuk dari daun serai ini kurang lebih hampir mirip dengan pembuatan ramuan lavender sebelumnya. Pastinya cara pembuatan pun sama mudahnya juga, kamu hanya perlu menghaluskan serai yang di iris kecil terlebih dahulu kemudian di blender sambil tambahkan sedikit air.

Cara Mengusir Nyamuk

Berikutnya hasil blenderan serai bisa disaring terlebih dahulu untuk mengambil airnya sebelum di masukkan ke dalam botol semprot yang tidak terpakai.

Kembali sekarang kamu dapat melakukan penyemprotan pada seluruh spot-spot dirumah yang dirasa berpotensi di jadikan sarang oleh si nyamuk.

Kulit Jeruk

Kulit jeruk memang sering di gunakan sebagai bahan campuran untuk aroma obat anti nyamuk bakar, semprot pun obat anti nyamuk bentuk lotion. Nah, kali ini kamu bisa pula memanfaatkan kulit jeruk dengan cara sederhana di rumah.

Langkah pertama keringkan terlebih dahulu kulit jeruk dibawah terik sinar matahari. Kalau sudah kering kamu bisa menggunakannya dengan cara meletakkannya di berbagai sudut rumah. Ingat ya, jangan gunakan kulit jeruk yang belum benar-benar kering, malah nantinya menimbulkan aroma busuk yang kurang sedap.

Selain cukup sederhana dan ampuh untuk mengusir nyamuk dari rumah, kulit jeruk kering itu juga akan menimbulkan aroma yang khas dan segar dari buah jeruk.

Buah Lemon

Buah Lemon merupakan buah yang mengandung zat yang populer sebagai antiseptik dan tidak disukai oleh serangga termasuk nyamuk. Kamu bisa memanfaatkan kandungan zat dari buah lemon tersebut untuk membuat bahan ramuan alami pengusir nyamuk di rumah.

Untuk caranya lemon diperas dulu beberapa buah, seterusnya masukkan hasil perasan tersebut ke dalam botol penyemprot. Jangan lupa untuk menambahkan air bersih secukupnya dan ingat juga untuk melakukan pengocokan supaya cairan merata ya.

Tahapan terakhirnya, sekarang kamu boleh menyemprotkannya di semua area rumah kamu kembali dengan teliti dan sabar ya, demi rumah yang bebas dari nyamuk tentunya kan :)

Tanaman Anti Nyamuk

Faktanya memang betul bahwa nyamuk ternyata juga sangat tidak suka dengan beberapa species tanaman atau bunga tertentu, karena aroma dan zat yang dihasilkan oleh tanaman tertentu tersebut.

Banyak ragam tanaman yang bisa dipilih, seperti contohnya tanaman bungа krismary, rosemary, geranium, lavender dan lain sebagainya.

Cobalah untuk menanam bungа-bungа tersebut di halaman rumah kamu. Dengan adanya tanaman anti nyamuk tersebut di sekitar rumah, maka nanti pastinya nyamuk pun jadi tidak berani mendekat ke dalam area rumah kamu lagi.

Bawang Putih

Bawang putih juga merupakan salah satu bahan bumbu penyedap masakan di dapur yang mempunyai aroma yang cukup kuat dan tajam. Nah, bau menyengat seperti aroma bawang putih inilah yang tidak di senangi oleh nyamuk.

Kamu dapat memanfaatkan kondisi seperti tersebut untuk menjadikan bawang putih sebagai salah satu pilihan untuk mengusir nyamuk. Ayo membuat racikan alami pengusir nyamuk dengan bawang putih sendiri di rumah.

Lihat Juga: Tips merawat kuku agar terlihat cantik menggunakan bawang putih

Pertama-tama cukup melakukan perebusan beberapa siung bawang putih yang sudah di kuраѕ kulitnya terlebih dahulu. Tunggu beberapa saat dan dingin kan terlebih dahulu. Langkah kedua masukkan air hasil rebusan bawang putih tadi ke dalam botol penyemprot.

Hore, sekarang kamu sudah bisa menggunakan racikan alami buatan kamu sendiri dari bawang putih tadi untuk penyemprotan di rumah, sangat mudah bukan.

Kapur Barus

Bau dari kapur barus terkenal cukup menyengat juga dan hal ini juga termasuk aroma yang tak di sukai nyamuk dan serangga lain seperti kecoak serta semut. Kapur Barus bisa kamu gunakan dalam membuat ramuan pengusir nyamuk dan serangga di rumah sendiri.

Untuk langkah-langkah pembuatannya pun tidak memerlukan waktu yang lama dan sulit kok. Hanya dengan sediakan gelas yang berisi air bersih dan kemudian pecahkan kapur barus lebih dulu dengan cara ditumbuk hingga halus. Selanjutnya masukkan serbuk halus kapur barus ke dalam gelas yang telah tersedia.

Letakkan kembali gelas-gelas berisi rendaman kapur barus tersebut di beberapa sudut ruangan rumah supaya nyamuk cepat menjauh pergi dan jangan lupa jauhkan dari jangkauan anak kecil ya.

Bubuk Kopi

Seperti di ketahui pada umumnya bubuk kopi ialah bahan favorit yang sering di buat minuman untuk menemani di kala santai di rumah.

Tetapi kini bubuk kopi bisa juga di alih fungsikan untuk bahan alami pengusir nyamuk atau bahkan membasmi telur nyamuknya sekaligus. Kamu dapat mencoba tips ini di rumah dengan sangat mudah, sebab bubuk kopi memang bahan yang gampang untuk diperoleh ya.

Mulailah dengan cara menaburkan bubuk kopi di sekitar rumah yang sering terdapat genangan air. Interaksi antara bubuk kopi dan air akan berakibat telur nyamuk sulit atau bahkan tidak jadi menetas.

Plastik dan Minyak Goreng

Iya betul, kombinasi antara plastik dan minyak goreng akan menjadi tips ampuh mengusir nyamuk selanjutnya. Triknya adalah dengan menggunakan Plastik yang di lumuri dengan Minyak Goreng. Trik ini tak jarang saya pakai di rumah dalam usaha memburu nyamuk atau pun serangga kecil lainnya seperti laron.

Untuk caranya gampang banget, hanya sediakan plastik bening ukuran satu kilo yang biasanya dipakai membuat еѕ batu. Setelah itu tiup sampai plastik menggelembung, ikat ujung plastik dengan menggunakan karet gelang. Kemudian ikatkan tali benang di bagian yang diikat karet tadi, oleskan minyak goreng secara tipis dan merata pada ѕеluruh bagian permukaan plastik.

Langkah terakhir gantungkan jebakan plastik di bagian sudut strategis dalam rumah. Lihatlah keesokan harinya kamu akan melihat banyak nyamuk dan serangga kecil lainnya menempel terperangkap pada jebakan Plastik dan Minyak Goreng.

Gula Merah

Panaskan gula merah secukupnya dengan cara di rebus dengan mencampurkan air seperlunya sampai menghasilkan cairan gula merah. Sebelumnya sediakan botol plastik bekas dan belah botol menjadi dua bagian terpisah antara sisi corong dan sisi bawah botol.

Lalu pasang kembali bagian ujung corong dalam posisi terbalik kearah bawah botol tadi yang sudah di іѕі dengan cairan gula merah. Kemudian tutup bilah samping botol dengan memakai plastik hitam atau bisa pakai plester lakban warna hitam.

Letakkan bubu untuk nyamuk tersebut pada sudut-sudut ruangan yang gelap dan dirasa banyak nyamuknya. Cek kembali pada esok harinya, maka kamu akan melihat banyak nyamuk yang terperangkap dalam botol bubu nyamuk tersebut.

Tidak perlu risau untuk menghindari datangnya semut yang disebabkan aroma manis pada gula merah, kamu bisa beri alas botol bubu tersebut dengan piring plastik medium yang sudah di beri sedikit air.

Daun Peppermint

Daun dari tanaman peppermint merupakan salah satu tanaman alami yang tidak disukai juga oleh nyamuk. Jadi sebaiknya kamu bisa manfaatkan kondisi seperti ini. Mari membuat ramuan cairan semprot pengusir nyamuk dirumah dengan menggunakan daun dari tanaman peppermint.

Caranya cukup rebus dahulu beberapa lembar daun peppermint dengan menggunakan air secukupnya setelah selesai tunggu hingga dingin. Tempatkan cairan daun peppermint tersebut ke dalam botol spray yang telah kamu sediakan sebelumnya.

Nah, sekarang bisa kamu pakai ramuan ini guna mengendalikan populasi nyamuk di hunian kamu dengan penyemprotan secara merata pada spot-spot yang dinilai banyak terdapat nyamuk.

Lilin Aroma Terapi

Tips serta metode yang satu ini juga sangat sederhana untuk kamu praktek kan sendiri di rumah. Hanya butuh menyiapkan lilin batang dan bungа geranium sebagai bahan dasarnya.

Pertama, panaskan beberapa batang lilin menggunakan wadah sampai berubah bentuk menjadi cairan. Langkah kedua, masukkan bunga-bunga geranium yang sudah di remas-remas atau bisa juga bunga dalam bentuk utuh ke dalam mangkuk atau gelas kecil yang sudah disediakan terlebih dahulu.

Tahap ketiga, tuangkan cairan lilin tadi ke dalam gelas berisi remah-remah bunga geranium lalu beri sumbu menggunakan benang wol atau benang kasur sebelum cairan lilin mengeras. Kemudian biarkan lilin yang dicampur remasan bunga geranium tadi sampai mengeras.

Nah, sekarang kamu dapat menggunakan lilin aroma terapi buatan kamu tadi pada saat mati lampu atau disaat diperlukan untuk mencegah datangnya nyamuk, sebab zat citronella yang terkandung dalam bunga geranium mampu mengusir nyamuk dengan ampuh.

Pelihara ikan

Ikan adalah salah satu hewan yang sangat senang memakan serangga kecil termasuk nyamuk. Dengan memelihara ikan dalam area rumah, maka jumlah nyamuk yang ada serta berseliweran di rumah akan sedikit berkurang dan terkendali pastinya.

Sudah pada tahu kan nyamuk itu kalau melihat genangan air akan sangat senang. Contohnya air di dalam bak mandi, air kolam taman, air akuarium, air dalam pot dan sebagainya. Pastilah nyamuk akan langsung menggunakannya sebagai tempat bersarang dan bertelur.

Nah, dengan situasi seperti itu bisa kamu manfaatkan genangan air disekitar rumah tersebut untuk memelihara ikan-ikan kecil. Misalnya jenis ikan hias pemakan serangga seperti ikan cupang, ikan guppy, ikan sepat dan lain-lain. Berkat adanya ikan, otomatis nyamuk yang mendekati genangan air akan langsung jadi santapan ikan peliharaan kamu tadi.

Raket Elektrik

Pemakaian raket elektrik untuk pengusir nyamuk sudah tidak asing lagi di masyarakat pada umumnya. Untuk penggunaannya pun cukup praktis dan sederhana. Hanya perlu menggerak-gerakkan raket ke daerah yang sering di gunakan sebagai tempat nyamuk bersembunyi dan bersarang.

Cobalah gunakan raket elektrik pada daerah bawah meja, kolong tempat tidur dan tempat lain sebagainya. Pastikan dulu bahwa raket elektrik sudah di charger terlebih dahulu atau pastikan sudah terisi baterai baru ya.

Jika kamu gunakan raket anti nyamuk pada tempat-tempat yang telah disebut, di jamin pasti kamu akan mendapatkan banyak nyamuk buruan kamu itu.

Fogging atau Pengasapan

Apabila tips, metode atau trik diatas sudah kamu coba semua namun belum merasa efektif, kamu bisa melakukan tips pamungkas di poin ini. Kamu bisa menghubungi dan meminta bapak petugas fogging atau pengasapan untuk melakukan fogging di lingkungan sekitar hunian kamu.

Fogging Nyamuk

Metode pengasapan adalah cara yang sangat ampuh untuk digunakan memberantas nyamuk. Metode fogging ini sering digunakan oleh pihak kelurahan atau dinas kesehatan setempat pada lingkungan atau desa yang terindikasi menjadi sarang nyamuk berbahaya penyebab penyakit demam berdarah seperti nyamuk jenis aedes aegypti.

Dari sekian banyak tips yang tertuang diatas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa beberapa cara serta tips yang telah disebutkan bisa kamu jadikan sebagai referensi dan opsi dalam upaya mengusir dan membasmi nyamuk di lingkungan rumah.

Nah, sekiranya cukup sampai disini dulu ya tulisan saya kali ini yang mengulas tentang Beberapa Tips Ampuh Mengusir Nyamuk Menggunakan Bahan Alami dan Sederhana.

Jangan lupa membaca tips sehat dan info menarik berikutnya pada halaman lainnya ya. Terimakasih telah membaca sampai akhir dan Semoga Bermanfaat.

Load comments