Thursday, May 23, 2019

Tempat Wisata Kuliner Murah di Yogyakarta Yang Wajib di Kunjungi

CeritaSakti.com - Selain dikenal sebagai kota pelajar dan kota budaya, Jogja dikenal pula sebagai kota wisata kuliner. Berburu tempat-tempat kuliner murah memang seru, akan tetapi terpenting rasanya tidak murahan. Dan kota jogja gudangnya tempat wisata kuliner yang sedapnya maknyus habis.

Berbagai aneka macam hidangan masakan lezat dan tak menguras isi dompet bisa di dapatkan pada kota Jogja, dengan harganya sangat bersahabat dan relatif murah saja sudah bisa membuat perut kenyang. Ayo buktikan kelezatan tempat-tempat kuliner murah dan lezat di Kota Yogyakarta.




Gule Balung Bu Wardoyo

Menyantap masakan daging empuk yang masih menempel di sela-sela tulang kambing, lalu menghisap sumsumnya, sembari sesekali menyeruput kuah sup gule balung memberikan sensasi tersendiri.

Gule balung di tempat Bu Wardoyo memiliki kuah sup encer, sehingga tak merasa eneg sama sekali ketika disantapnya. Meskipun menyediakan menu lain seperti sate, tongseng kambing, lelung atau balung adalah hidangan yang paling spesial dan paling dicari di tempat ini.

Untuk menikmati masakan Gule Lelung ini, kamu bisa langsung datang saja ke Lelung Bu Wardoyo, Desa Jodog Legi, Pandak, Jl. Srandakan Km 1. Harga per porsi lelung hanya sekitar 10.000 rupiah. Jam operasionalnya dari jam 09.00 pagi sampai jam 21.00 malam.

Kedai Rakyat Djelata Lempuyangan

Menginginkan menikmati makanan dan minuman yang spesial ala Jawa kuno ? Kedai Rakjat Djelata Lempuyangan jagonya. Bertempat di Jl. Dr. Soetomo No. 54, warung ini mengusung desain interior dan penggunaan perabot makan serba tradisional, tidak terkecuali pelayannya juga berbusana tradisional ala rakyat jelata.

Kedai Rakyat Djelata Yogyakarta

Menu makanan yang ditawarkan mengingatkan kita pada masakan nusantara tempoe doeloe. Tempat kuliner ini buka mulai dari jam 11:00 sampai habis. Untuk harganya berkisar antara Rp4.000 sampai Rp10.000 masih cukup murah bingits termasuknya ya.

Soto Ayam Kampung Pak Selamet

Memang lokasinya sedikit agak tersembunyi, tepatnya di sebelah utara rel kereta api Dusun Mejing Kidul, Gamping, Sleman. Akan tetapi, Pas tiba waktunya jam makan siang jangan heran jika parkiran di tempat makan ini akan terlihat mendadak penuh oleh kendaraan pengunjung. Mobil-mobil para pemburu kuliner lezat sudah berderet rapi menunggu tuannya yang sedang menyantap makan siang.

Jangan lupa saat asyik menikmati segarnya soto ayam kampung Pak Slamet kurang lengkap bila tidak memesan dan menikmati minuman limun Sarsaparilanya ya.

Warung soto ayam kampung pak Selamet ini buka mulai pukul 07:00 hingga pukul 16:00 saja. Harga untuk per porsi hanya Rp7.000 Murah gilak kan bosquh!

Mie Ayam Jumbo Afui

Wisata kuliner di Jogja selanjutnya yang dapat dijadikan sasaran makan siang adalah warung yang nampak sederhana saja, namun pasti tak pernah sepi sebab di jejali mahasiswa-mahasiswi yang sedang ngantri memesan berbagai menu, seperti mie ayam biasa, mie ayam jumbo bahkan mie monster.

Tak perlu menunggu lama, mangkuk melamin berukuran diameter kurang lebih 20 cm akan penuh dengan mie yang telah dipesan dan cepat disajikan di depan mata pemesan. Harga dibandrol mulai 6.000 rupiah buat mie ayam porsi biasa dan mie ayam jumbo dibandrol dengan harga 12.000 rupiah saja. Jika masih kurang puas dengan porsi biasa dan porsi jumbo, maka pesanlah mie porsi monster dengan harga 20.000 rupiah maka kamu akan mendapatkan porsi super besar.

Jangan ragukan lagi mie yang tidak fresh, lantaran mie dibuat eksklusif di lokasi tersebut juga. Sangat menyenangkan bukan? Para pemburu tempat kuliner, terlebih yang mengaku penggemar masakan mie ayam harus cobain nih warung mie ayam Afui. Untuk waktu operasional tempatnya dibuka dari jam 09.00 hingga jam 17.00 sore.

Tongseng Petir Bantul

Jangan mengaku-ngaku penghobi citarasa masakan pedas kalau belum mencicipi Tongseng Petir olahan Pak Nano. Tongseng kambing di tempat kuliner ini memiliki rasa super wow pedas, sangat cocok bagi penggila masakan pedas.

Kemudian, uniknya lagi pelanggan dapat memesan tingkatan taraf kepedasan yang diinginkan. Nanti, ada beberapa julukan-julukan yang akan diberikan sang koki Pak Nano berdasarkan tingkat kepedasan masing-masingnya.

Bila tidak suka pedas, Pak Nano menyebutnya playgroup atau TK. Namun, apabila bagi yang senang pedas, Pak Nano menyebutnya D1, D2, sampai Diploma 3 atau S1/Strata I bagi olahan super duper ampun pedasnya, tergantung pada seberapa banyak cabe yang dipesan, rata-rata bisa berkisar 8 biji - 15 biji cabe dan ada juga beberapa pelanggan meminta hingga 30 biji cabai rawit.

Harga per porsi tongseng kisaran 15.000 rupiah, warung ini terletak di Desa Menayu Kulon No. 90, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul. Buka biasanya pada jam 12:00 sampai habis.

Bakmi Jawa Pak Nur

Cita rasa bakmi jawa yang ditawarkan warung ini tidak kalah istimewa dengan warung bakmi terkenal lainnya. Rasa legit spesial ayam kampung akan menarik selera siapapun buat segera menikmati kelezatan Bakmi Jawa olahan Pak Nur. Dengan ditambah secangkir teh poci panas, dituang dari poci tanah liat semakin menghangatkan suasana bersantap.

Warung ini mulai beroperasi pada jam 18:00 sore. Lokasinya cukup mudah dijangkau, dari perempatan ring road Jl. Magelang ambil arah utara, lihat kanan jalan ada gang pertama masuk kampung, lalu ikuti papan nama yang tertera disana.

Untuk menikmati seporsi bakmi goreng Jawa cukup mengeluarkan uang 12.000 rupiah saja. Termasuknya cukup murah bukan ?

Gado-Gado Colombo Bu Bagyo

Jika sedang berjalan-jalan di area tengah kota Yogyakarta, jangan lupa mampir ke warung Lotek dan Gado-gado Colombo Bu Bagyo, yang terletak di Jl. Sagan Baru III, Yogyakarta.

Menikmati hidangan salad ala tradisional kota Yogyakarta dengan berbagai kombinasi sayuran dan saos kacang yang kaya akan bumbu rempah-rempah. Hidangan Gado-gado di tempat kuliner ini per porsinya pas buat satu orang.

Masalah harga pasti masuk murah juga ya, dengan cukup hanya Rp10.000 saja satu porsinya. Warung Gafo-gado Bu Bagyo ini buka mulai jam 08.30 hingga 21.00 malam.

Nasi Langgi

Menu nasi langgi di Jl. Magelang (depan UFO) ini memang menarik perhatian pecinta tempat wisata kuliner, terbukti dengan antrian panjang sering terlihat dan terjadi terlebih pada saat jam-jam makan malam.

Nasi putih dicampur aneka lauk oseng teri, oseng tempe, rica-rica ayam, oseng daun pepaya ditambah minuman. Harganya tidak lebih berdasarkan kisaran Rp10.000. Kombinasi rasa pedas, manis dan asin bertarung di lidah serasa maknyus banget olahan masakannya.

Untuk jam operasionalnya, warung Nasi Langgi Jalan Magelang dibuka dari pukul 18.00 sampai habis.

Nah, gak perlu berpikir panjang lagi langsung aja diserbu tempat wisata kuliner Kota Yogyakarta di atas bosquh!! Hampir semua lokasi kuliner di atas memperlihatkan harga-harga yang murah habis, namun bercitarasa sama sekali gak murahan ya. Oke.

Load comments