Monday, February 3, 2020

Gejala dan Penyebab Virus Corona

Gejala dan Penyebab Virus Corona

Ceritasakti.com - Dalam beberapa bulan terakhir ini telah ditemukan kasus baru dalam dunia kesehatan. Virus yang sangat mematikan bagi manusia dan hingga saat ini belum ditemukan obat atau penawar dari virus tersebut.

Virus Corona atau sering disebut - sebut dengan Virus 2019 Novel Corona virus (2019 - N-Cov) adalah jenis virus baru yang dapat menular ke manusia.

Corona virus adalah sekumpulan virus mematikan yang dapat menimbulkan infeksi sistem pernapasan. Virus corona ini dapat berakibat buruk bagi kesehatan.

Corona virus di klasifikasi-kan menjadi tiga golongan utama, yakni golongan 1 dan 2 menimbulkan infeksi mamalia mulai dari kelelawar hingga manusia. Sedangkan golongan ketiga hanya ditemukan pada spesies avian ( Burung ).

Virus yang sangat cepat menyebar melalui udara layaknya virus flu yang menyebabkan infeksi pernapasan ringan hingga infeksi pernapasan berat, seperti pneumonia, MERS atau Middle - East Respiratory Syndrome dan juga SARS atau Severe Acute Respiratory Syndrome.

Virus corona telah ditemukan sejak akhir tahun 2019 di negeri Cina, tepatnya di kota Wuhan. Dan hingga saat ini sudah banyak negara - negara tetangga yang juga ikut terjangkit virus corona ini.

Berbagai upaya dan cara telah dilakukan dari pihak kedokteran dan juga pihak terkait di Wuhan untuk mencegah virus ini menyebar ke luar dari kota tersebut.

Perlu kita ketahui tentang Gejala dan Penyebab Virus Corona ini agar kita lebih berhati - hati dalam menjaga kondisi tubuh kita maupun keluarga tercinta.

Penyebab Virus Corona

Penyebab utama dari virus ini adalah Corona virus, sekumpulan virus yang masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan infeksi sistem pernapasan.

Pada sebagian kasus virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan hingga sedang, seperti flu. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa virus ini juga menyebabkan infeksi saluran pernapasan yang berat.

Dugaan awal terjadinya penyebaran Virus Corona ini adalah ditularkan dari hewan ke manusia.

Namun kemudian setelah ahli kesehatan mengembangkan penelitian, ternyata Virus Corona ini juga menular dari manusia satu ke manusia lainnya.

Gejala Virus Corona

Infeksi virus ini menimbulkan gejala yang bervariasi, mulai dari tidak timbul gejala apapun hingga gejala yang sangat cepat dan fatal.

Gejala awal manusia atau pasien yang terjangkit virus corona hampir sama dengan gejala flu pada umumnya. Yaitu seperti sakit kepala, batuk, nyeri tenggorokan, demam, hidung berair atau meler.

Atau bahkan banyak ditemukan juga gejala ini muncul layaknya gejala penyakit infeksi pernapasan berat. Seperti batuk berdahak hingga mengeluarkan darah, nyeri dada, sesak napas, dan demam tinggi.

Secara umum gejala - gejala tersebut dapat dikategorikan menjadi tiga gejala umum terjangkit virus Corona, yaitu:

  • Demam tinggi
  • Batuk
  • Sesak napas

Menurut para ahli penelitian kesehatan, gejala terinfeksi Virus Corona akan muncul sekitar dua hari hingga dua minggu setelah orang tersebut terjangkit Virus Corona.

Pencegahan Dini Terjangkit Virus Corona

Memang hingga saat ini, para ahli kedokteran masih belum dapat menemukan anti virus untuk mencegah terjangkit Virus Corona ini.

Akan tetapi ada hal - hal yang dapat anda lakukan untuk antisipasi dalam melakukan pencegahan terhadap virus apapun termasuk Virus Corona ini, diantara lain:

  • Gunakan masker saat anda keluar rumah atau berada di tempat umum.
  • Gunakan tisu untuk menutup mulut anda ketika anda bersin atau batuk, dan buanglah ke tempat sampah.
  • Sering - sering lah mencuci tangan dengan sabun setelah anda melakukan kegiatan, baik didalam maupun luar ruangan.
  • Hindari berbagi alat makan dan minum, serta perlengkapan mandi dengan orang lain.
  • Jagalah kebersihan di sekitar rumah maupun lingkungan anda.

Setidaknya masih banyak sekali hal-hal yang dapat anda lakukan untuk menjaga kondisi tubuh untuk tetap sehat dan menjaga lingkungan sekitar kita tetap bersih agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat menyerang tubuh dengan mudah.

Nah, itulah yang dapat ceritasakti rangkum-kan tentang Gejala dan Penyebab Virus Corona agar kita semua terhindar dan waspada akan virus yang berbahaya ini.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk menyimak kembali beberapa info menarik lainnya di halaman selanjutnya.(E/S)

Load comments