Thursday, January 16, 2020

Manfaat Ekstrak Buah dan Daun Zaitun Untuk Kesehatan

Manfaat Ekstrak Buah dan Daun Zaitun Untuk Kesehatan

Ceritasakti.com - Pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan buah zaitun bukan?

Pohon Zaitun  memiliki nama latin Olea europaea. Tanaman ini mempunyai tinggi tidak kurang dari 15 meter dengan daun tunggal berwarna hijau keperakan.

Pohon zaitun mempunyai bunga kecil berupa lonceng yang berwarna putih berbulu. Pohon ini mulai berbuah pada usia sekitar 5 tahun, dan usia dari pohon ini bisa mencapai hingga ribuan tahun loh.

Selanjutnya, buahnya yang berbentuk bundar dapat dipanen saat berwarna hijau atau keunguan.

Jika anda mendapati buah zaitun yang banyak dijual di market-market sekitar rumah anda berwarna hitam dalam kemasan kaleng, kemungkinan mengandung bahan kimia sebagai bahan pewarnaannya.

Bahan yang biasanya digunakan adalah fero sulfat. Zat inilah yang menjadikan buah zaitun berwarna hitam secara buatan alias tidak alami lagi.

Dengan begitu banyak nya manfaat yang terdapat dalam pohon zaitun ini, dengan senang hati penulis kali ini akan berbagi pengetahuan tentang Manfaat Ekstrak Buah dan Daun Zaitun Untuk Kesehatan.

Nah untuk selengkapnya, yuk cari tau info jawabannya pada penjelasan di bawah ini.

Manfaat Ekstrak Buah Zaitun Untuk Kesehatan

Banyak sekali manfaat dari Pohon zaitun ini. Yang seringkali digunakan adalah buahnya.

Buah Zaitun diekstrak menjadi minyak yang konon banyak orang mengatakan bahwa minyak zaitun ini adalah minyak terbaik untuk memasak, karena lebih alami dan aromanya yang sedap.

Selain itu minyak zaitun juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan produk kosmetik yang bermanfaat untuk menjaga kelembaban dan kekencangan kulit serta dipercaya dapat menjaga kulit anda agar terlihat awet muda loh...

Buah Zaitun hijau dapat diekstrak menjadi minyak zaitun. Minyak ini biasa digunakan sebagai pelengkap saat anda membuat salad.

Bahkan juga digunakan sebagai pelembab kulit yang dipercaya dapat menjaga kekencangan kulit anda.

Disamping itu, saat buah telah berwarna ungu, buah zaitun seringkali dijadikan sebagai pewarna buatan alami.

Nah, tidak hanya dari sisi buahnya saja, Daun Zaitun juga mempunyai manfaat yang besar sesudah diekstraksi. 
Manfaat Ekstrak Buah dan Daun Zaitun Untuk Kesehatan

Manfaat Ekstrak Daun Zaitun Untuk Kesehatan

Berdasarkan hasil riset dari para ahli kesehatan, terdapat beberapa Manfaat Ekstrak Daun Zaitun Untuk Kesehatan yang akan kita bahas dibawah ini.

1. Berpotensi meningkatkan kesehatan jantung

Salah satu unsur efek penyakit jantung ialah kandungan kolesterol tinggi. Kolesterol yang disebut ialah LDL (Low Density Lipoprotein) atau anda mungkin lebih mengenalnya dengan kolesterol jahat.

Makin tinggi kandungan kolesterol ini, makin besar juga peluang penimbunan serta penyempitan pembuluh darah jantung. Jika dibiarkan semakin lama, ini dapat mengakibatkan aterosklerosis.

Studi pada jurnal Phytotherapy Research, menunjukkan bahwa ekstrak daun zaitun mempunyai manfaat pada pasien dengan penyakit jantung.

Dalam sebuah riset, para ahli memberi ekstrak daun zaitun selama 8 minggu dengan dosis teratur pada seekor tikus. Hasilnya, menunjukkan bahwa tikus itu mengalami penurunan cholesterol jahat.

Penemuan ini membuktikan bahwa ekstrak daun zaitun berpeluang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat pada pasien penyakit jantung.

2. Bermanfaat sebagai perawatan pada pasien dengan diagnosa diabetes type 2

Dalam laporan hasil riset yang membahas tentang manfaat ekstrak daun zaitun untuk penyakit diabetes type 2, para ahli kesehatan telah menguji daun zaitun dan telah ditemukan beberapa hasil, yaitu:

  • Mengurangi efek hiperglikemia (kandungan gula darah tinggi) 
  • Mengurangi hiperinsulinemia (kebanyakan insulin dalam darah) 
  • Mengurangi depresi oksidatif (tidak ada keseimbangan radikal bebas yang dapat membahayakan badan) 
  • Mengurangi kandungan cholesterol jahat 

3. Mempunyai potensi untuk menekan perkembangan sel kanker

Tidak hanya meningkatkan kesehatan jantung, ekstrak daun zaitun mempunyai manfaat dalam menahan perkembangan sel-sel dalam tubuh yang abnormal.

Pada satu studi pada jurnal Molecular Nutrition & Food Research menemukan bahwa karakter anti-oksidan dari daun zaitun bisa menghentikan perkembangan sel kanker.

Dengan ditemukannya penemuan ini, membuat para ilmuwan kesehatan terus menggali pengetahuan serta menunjukkan dampak dan manfaat dari daun zaitun pada pertumbuhan sel kanker.

4. Punya potensi turunkan tekanan darah

Bukan sekedar menurunkan kolesterol, ekstrak daun zaitun juga bermanfaat menurunkan penyakit jantung beresiko tinggi pada seseorang yang mempunyai tekanan darah tinggi (hipertensi).

Pada riset tahun 2017 yang dimuat dalam European Journal of Nutrition menunjukkan bahwa ekstrak zaitun mempunyai dampak positif pada penurunan tekanan darah sistolik serta diastolik.

Itu berarti, ekstrak daun zaitun bisa menolong turunkan efek stroke serta serangan jantung.

5. Dipercaya dapat mengobati penyakit kulit herpes 

Herpes adalah jenis penyakit kulit yang dikarenakan oleh virus herpes.

Penyakit ini mengakibatkan timbulnya cedera atau luka di daerah sekitar mulut atau kemaluan.

Untuk mengobati penyakit ini, pasien dianjurkan untuk minum antivirus sebagai bentuk penekanan penyebarannya.

Akan tetapi, satu studi pada African Journal of Microbiology Research telah menemukan bahwa ekstrak daun zaitun mempunyai karakter antivirus serta antimikroba sehingga sangat berpotensi mengurangi virus agar tidak menyebar dan menyerang sel-sel sehat lainnya.

Untuk mngobatinya, yang dapat anda lakukan adalah meneteskan ekstrak daun zaitun ke bagian kulit yang terluka sekitar 1 atau 2 tetes perhari.

6. Dapat meningkatkan kesehatan otak 

Manfaat dari ekstrak daun zaitun lainnya adalah dapat meningkatkan kesehatan otak.

Satu riset pada International Journal of Molecular Science menemukan bahwa karakter anti-oksidan, yaitu oleuropein dari ekstrak daun zaitun dapat membantu untuk mencegah kerusakan atau hilangnya neuron dopamin dalam sel otak. Dan terbukti memiliki perlindungan terhadap penyakit Alzheimer.

Setelah anda mengetahui banyaknya Manfaat Ekstrak Buah dan Daun Zaitun Untuk Kesehatan, akan lebih baik pula sebelum anda mencobanya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter keluarga anda agar mendapatkan hasil yang maximal.

Ingatlah bahwa hasil yang diperoleh mungkin akan bertahap dari waktu ke waktu. Dengan mengkonsumsi ekstrak daun atau buah zaitun dengan teratur dan sesuai anjuran, akan dapat menuju pada tujuan anda untuk meningkatkan kesehatan serta kekebalan tubuh anda.

Masih banyak artikel-artikel menarik lainnya pada halaman selanjutnya, semoga artikel yang anda baca dapat bermanfaat untuk anda.(E/S)

Load comments