Sunday, December 22, 2019

Manfaat Daun Tulsi Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Tulsi Untuk Kesehatan

Ceritasakti.com - Siapa sih yang belum mengenal jenis tanaman yang satu ini, kemangi? Tanaman yang satu ini seringkali jadi pelengkap masakan lalap, misalnya pecel ayam atau ikan lele.

Pada kenyataannya, kemangi memiliki banyak macam jenis salah satunya yakni Kemangi Suci yang disebut juga dengan Tulsi. Memiliki banyak sekali manfaat yang sangat berguna buat tubuh kita.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang manfaat Daun Tulsi, ada yang tau gak bahwa antara Daun Tulsi dengan Kemangi biasa itu berlainan? Lalu, apa aja sih Manfaat Daun Tulsi Untuk Kesehatan?  Mari simak info dan jawabannya di bawah ini.

Perbedaan antara Kemangi biasa dengan Daun Tulsi 

Sebelum mengulas manfaat Kemangi Suci (Daun Tulsi), anda harus tahu ketidaksamaan antara tanaman ini dengan kemangi biasa.

Kemangi suci mempunyai banyak panggilan, dari mulai Tulsi, Holy Basil, juga Ocimum Sanctum.

Tanaman obat ini mempunyai permukaan daun yang kasar saat disentuh, pada bagian pinggirnya berwarna kecokelatan, dengan gradasi warna keseluruhan yang hijau keabu-abuan.

Kemangi biasa mempunyai daun yang halus serta berwarna hijau tua. Jika dilihat, kemangi biasa mempunyai bunga berwarna putih sedang bunga tulsi berwarna ungu, seperti lavender.

Tidak hanya hijau keabu-abuan, sisi batang kemangi suci terkadang mempunyai warna yang berlainan, terkadang putih atau merah. Jika anda mencium baunya, kemangi suci akan beraroma manis.

Berbeda dengan kemangi biasa yang wanginya lebih kuat serta beraroma pedas. Jika kemangi biasa gampang diketemukan jadi pelengkap lalapan, tulsi seringkali didapat sebagai pelengkap dalam masakan Thailand.

Setelah kita mengetahui tentang perbedaan antara kemangi biasa dan Tulsi, kini saatnya kita semua mengetahui apa aja sih Manfaat Daun Tulsi Untuk Kesehatan.

Manfaat Daun Tulsi Untuk Kesehatan

Manfaat daun Tulsi (Kemangi suci) untuk kesehatan 

Tahukah anda mengapa tanaman ini diberi nama kemangi suci atau holy basil? Kata “suci” ditambahkan oleh umat Hindu sejak jaman dulu sebab manfaatnya di dunia penyembuhan.

Menurut Ayurveda (pengetahuan kesehatan dari negara India), Tulsi disebutkan dengan “The Incomparable One,” “Mother Medicine of Nature” serta “The Queen of Herbs”.

Tersebut manfaat Daun Tulsi untuk kesehatan menurut riset yang diedarkan pada Journal of Ayurveda and Integrative Medicine.

1. Berpontensi kurangi depresi fisik 

Depresi bukan sekedar berlangsung pada otak, dan juga pada organ yang lain pada badan, misalnya otot. Jika otot dipakai dan bekerja secara terus menerus, otot dapat mengalami depresi serta rusak.

Bukan itu saja paparan udara dingin dapat juga menyebabkan berlangsungnya depresi fisik.

Sebuah riset memberikan laporan tentang manfaat Daun Tulsi dalam mengurangi depresi fisik. Analisa yang berbasiskan hewan ini memberi desakan, paparan keributan serta udara dingin.

Hewan tersebut selanjutnya diberi ekstrak Daun Tulsi. Hasilnya menunjukkan jika kemangi suci dapat kurangi dampak depresi fisik pada hewan dengan tingkatkan neurotransmitter serta tanggapan imun.

2. Mempunyai senyawa aktif yang berpotensi ampuh menanggulangi infeksi

Studi ini memberikan laporan manfaat Daun Tulsi dalam memberi perlindungan pada badan dari infeksi.

Tulsi mempunyai karakter yang bersifat anti-bakteri, anti-virus dan anti-jamur sehingga tanaman ini banyak dipakai dalam memelihara hewan ternak.

Diluar itu, tanaman ini jadikan obat kumur herbal sebab mempunyai kemampuan untuk menantang bakteri Streptococcus yang mengakibatkan kehancuran gigi.

Keampuhannya sama juga dengan obat kumur yang di beli di toko sekitar rumah anda.

Gabungan dari zat aktif kemangi memberi dukungan pengobatan pada hewan, seperti bekerja sebagai aspirin, meloxicam, indometasin, serta serotonin.

3. Berbentuk anti-diabetes serta anti-inflamasi

Manfaat Daun Tulsi selanjutnya yaitu memiliki kandungan yang bersifat anti-diabetes.

Satu eksperimen berbasiskan hewan menunjukkan bahwa kemangi suci dapat mengurangi glukosa darah serta melakukan perbaikan lipid (lemak) yang abnormal.

4. Memiliki khasiat dalam menstabilkan kesehatan mental

Manfaat daun tulsi yang diunggulkan lainnya ialah dapat menstabilkan kesehatan mental.

Kemangi suci mempunyai senyawa aktif yang bermanfaat dapat mengurangi kekhawatiran serta depresi di otak.

Berdasar hasil studi, Daun Tulsi membantu mengurangi kekhawatiran serta depresi dengan menentramkan beberapa sel badan serta pemikiran.

Eksperimen pada hewan menunjukkan jika tanaman ini mempunyai dampak yang sesuai dengan Diazepam, yakni obat penenang.

Lalu apa manfaat Daun Tulsi berpengaruh pada manusia? 

Pada studi awalnya, manfaat tulsi baru ditest lewat hewan saja. Akan tetapi, studi paling baru pada jurnal Evidence-based Complementary and Alternative Medicine memperhatikan dampak daun tulsi pada manusia.

Hasilnya, menunjukkan bahwa Kemangi Suci atau Tulsi bisa jadikan obat pilihan untuk menolong menormalkan kandungan gula darah, tekanan darah, skema imun, serta depresi psikologis.

Nah, itulah Manfaat Daun Tulsi Untuk Kesehatan yang telah ceritasakti kupas dalam artikel ini. Masih banyak artikel-artikel lain yang sangat menarik untuk dibaca pada halaman selanjutnya. (E/S)

Load comments