Tuesday, August 6, 2019

5 Pantai Paling Berbahaya Di Dunia, Untuk Dikunjungi Manusia

CeritaSakti.com - Berlibur dan bersenang-senang di pantai memang sangat menyenangkan, apalagi dibarengi sahabat atau keluarga yang pastinya akan menambah suasana menjadi lebih seru ya.

Tapi tahukah kamu, selain bahaya akan tenggelam karena gulungan ombak kalau kamu tidak pandai berenang, banyak sekali penyebab lain yang menjadi resiko tidak baik bagi keselamatan manusia saat berada di pantai.




Banyaknya resiko yang bisa mengancam keselamatan manusia selama berada di area pantai itulah, maka pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk merangkumkan secara singkat saja ulasan mengenai 5 Pantai Paling Berbahaya Di Dunia, Untuk Dikunjungi Manusia.

Menimbang dari berbagai aspek pendukung penyebab berbahaya suatu pantai tersebut, saya mengambil dari sudut pandang geografi pantainya, fenomena alamnya dan banyak faktor-faktor lainnya. Nah, daripada penasaran langsung saja simak bersama sampai habis yuk.

1. Pantai Volusia County Florida

Pantai Volusia County Florida

Pada tahun 2013 Pantai Volusia County pernah masuk dalam berita utama di berbagai media luar negeri, karena saat itu ada banyak penampakan hiu di lepas pantainya. Yang jumlahnya melebihi penampakan hiu di di perairan Afrika selatan yang memang terkenal sebagai habitat ikan hiu.

Namun, sebagian besar kemunculan hiu di pantai Volusia County di anggap tidak berakibat fatal dan bila pengunjung berani juga masih boleh berenang di pantainya.

Sementara itu, ternyata bukan hanya hiu yang menjadi ancaman berbahaya para pengunjung pantai di Florida ini, akan tetapi sambaran petir di pantai volusia county telah tercatat memakan korban cukup tinggi untuk ukuran seluruh kawasan di Amerika Utara.

Hemm, ikan hiu di air serta petir di pantainya, betul-betul beresiko dan berbahaya pantai tersebut bukan.

2. Pantai Bikini Atoll Pasifik Selatan

Pantai Bikini Atoll Pasifik Selatan

Ada yang suka nonton film kartun Spongebob dan Patrik ? Nah, tempat yang bernama Bikini Atoll ini di yakini merupakan wujud asli dari lokasi kota fiksi Bikini Bottoms tempat Spongebob dan kawan-kawannya tinggal loh.

Sebenarnya Bikini Atoll yang berada di Pasifik Selatan ini dulunya adalah pantai indah seperti umumnya pantai-pantai lainnya, tetapi sekitar hampir 70 tahun silam atau lebih tepatnya pada tahun 1950 pulau ini menjadi lokasi serangkaian tes nuklir negara paman sam.

Salah satunya adalah tes nuklir castle bravo yang terkenal menimbulkan ledakan dahsyat yang di perkirakan oleh para ilmuwan ledakannya seribu kali lebih besar dari bom hiroshima.


Lalu, apa yang membuat pantai di Bikini Atoll berbahaya yaitu radioaktif yang telah mengkontaminasi lokasi tersebut seluas 7.000 mil persegi atau sekitar 18.000 kilometer persegi. Hal tersebut di kala itu membuat banyak nelayan di sekitar pulau dan perairan samudera pasifik meninggal karena terkena dampak radioaktif beracun.

Memang sih, sekarang ini pemerintah setempat telah berusaha mengembalikan reputasi mengerikan itu dengan di bukanya kembali Pantai Bikini Atoll sebagai tempat berwisata menyelam. Tapi apakah sepadan dengan resiko berbahaya terpapar radioaktif mematikan tersebut ya ?

3. Pantai Fraser Australia

Pantai Fraser Australia

Pantai berbahaya selanjutnya ialah pantai di Pulau Fraser yang telah mendapat predikat sebagai surga yang dilarang untuk manusia. Kenapa bisa begitu ? karena di dalam perairan lautnya di penuhi dengan ubur-ubur lengkap juga dengan ikan hiu yang berbahaya.

Tetapi bahaya dari Pantai Fraser tidak berhenti hanya di situ saja, ancaman dari Dingos sebutan untuk anjing liar asli pulau fraser adalah merupakan bahaya nyata bagi siapapun yang menginjakkan kaki di Pantai Fraser.

Tak cukup disitu, baik pantai maupun pulaunya ternyata sama berbahayanya. Selain Ubur-Ubur, Ikan Hiu dan Dingos ada pula salah satu species laba-laba paling mematikan di dunia tinggal di Pulau Fraser ini, sedangkan di muaranya buaya besar dan ganas berkembang biak di dalamnya. Waduh, serem dan berbahaya betul ya tempatnya.

4. Pantai Hanakapiai Hawaii

Pantai Hanakapiai Hawaii

Pantai yang indah dan terpencil ini terletak di Kauai, Pali, Hawaii. Untuk menemukan pantainya harus membutuhkan sedikit perjuangan dengan menembus hutan dan medan terjal.

Sebelum mencapai pantai di sepanjang jalur melalui hutan para petualang akan di sambut oleh banyak sekali tanda peringatan berbahaya lengkap dengan jumlah korban yang telah meninggal maupun korban hilang di pantai ini.

Banyak faktor yang membuat Pantai Hanakapiai Hawaii sangat berbahaya. Yang pertama, selain tempat ini sepi juga tidak adanya penjaga pantai yang akan menolong bila terjadi sesuatu yang buruk pada pengunjung.

Kemudian, penjelasan mengejutkan lainnya kenapa pantai ini berbahaya dan telah memakan banyak korban tenggelam dan hilang adalah struktur pantai di bawah air tidak memiliki batuan atau terumbu karang dan arus kuat yang tak terlihat terbentuk dari gelombang menuju ke arah pantai dan langsung kembali ke tengah laut.

Tentu saja hal tersebut membuat mustahil siapa pun yang berenang dan terseret arus kuat tersebut untuk melawan atau berenang kembali ke darat, karena tiba-tiba terbawa arus kuat di bawah air berpuluh-puluh meter ke tengah laut.

5. Pantai Sentinel Kepulauan Andaman

Pantai Sentinel Kepulauan Andaman

Pantai Sentinel berada di salah satu pulau terpencil bernama Pulau Sentinel Utara di Kepulauan Andaman, Teluk Benggala, Samudera Hindia.

Pulaunya memiliki jenis hutan hujan tropis di lengkapi dengan pantai berpasir putih dan terumbu karang indah di perairan lautnya.

Pantai Sentinel dan Pulaunya di perkirakan dihuni oleh sekitar 15 sampai 500 orang suku sentinel yang benar-benar tak tersentuh peradaban dunia modern sama sekali, mungkin lebih tepatnya peradaban suku ini hanya sedikit saja lebih maju dari zaman batu.


Suku Sentinel, pribumi pulau ini sangat tidak menyukai orang dari luar pulau, berbagai upaya untuk melakukan kontak telah gagal di lakukan pemerintah India. Sebelum helikopter maupun kapal sempat mendekati pantai sudah lebih dulu dihujani panah dan tombak.

Menurut catatan berita, pengunjung terakhir Pantai Sentinel adalah dua nelayan itu pun karena mereka tertidur dan perahu yang di jangkar lepas lalu perahu terbawa arus menuju pantai sentinel.

Penjaga pantai India pun mengirimkan Helikopter untuk mencari nelayan tersebut, namun nahas kedua nelayan tersebut telah terbunuh suku sentinel di pantai dan helikopter tak sempat mendarat karena tentu saja di hujani panah penduduk asli suku sentinel.

Sebetulnya masih ada banyak pantai indah dan pulau tak berpenghuni lainnya yang aman buat di datangi di Kepulauan Andaman, tetapi semua orang seakan trauma dengan reputasi mengerikan yang di miliki oleh Pantai Sentinel dan Pulau tersebut.




Nah, kira-kira demikian lah ulasan dan pengetahuan dari saya tentang 5 Pantai Paling Berbahaya Di Dunia, Untuk Dikunjungi Manusia versi ceritasakti. Oh iya, tentunya jangan lupa juga untuk mengetahui Info menarik lainnya di halaman selanjutnya ya.

Terimakasih telah berkunjung di ceritasakti serta menyimak tulisan-tulisan saya sampai habis. Semoga Bermanfaat.(E/S)

Load comments