Friday, July 26, 2019

Tips Mengolah Daging Kambing Supaya Tidak Alot dan Bau

CeritaSakti.com - Seperti yang telah di ketahui, Daging kambing merupakan salah satu dari sekian banyaknya sumber protein hewani yang memang sangat di butuhkan oleh tubuh manusia. Selain itu, daging kambing banyak di konsumsi oleh masyarakat Indonesia selain daging ayam dan sapi.

Terlebih saat menjelang Hari Raya Idul Adha banyak sekali orang muslim seluruh dunia terlebih di Indonesia berkurban menggunakan kambing, sehingga memungkinkan sebagian besar masyarakat Indonesia pun memasak dan mengkonsumsi daging kurban kambing itu pada bulan event tersebut.




Walau pun kamu termasuk yang gemar mengkonsumsi daging kambing, bisa jadi kamu lebih suka memilih memasak daging kambing tersebut di rumah dari pada membeli di restoran ya. Memasak daging kambing dengan bau yang khas memang gampang-gampang susah, sehingga kadang malah menjadikan daging alot dan kurang enak untuk di santap.

Namun jika di masak dengan cara yang tepat daging akan dapat memunculkan aroma cita rasa yang khas dan kuat serta menjadikan sebuah hidangan yang enak dan lezat buat di nikmati bersama keluarga.

Memasak Daging Kambing

Baca Juga: Tips Memasak Sayur Kangkung Supaya Tetap Hijau Segar Tidak Hitam

Nah, bila kamu ingin jadi Juru Masak dadakan yang pandai mengolah daging kambing, maka perlu membaca tulisan di bawah berikut ini beberapa Tips Mengolah Daging Kambing Supaya Tidak Alot dan Bau. Langsung saja simak sampai habis yuk.

Buang lemak pada daging

Pada kenyataannya bau khas kurang sedap pada daging kambing biasanya berasal dari lapisan lemak yang menempel pada daging. Dengan begitu kamu dapat pisahkan atau membuang saja lapisan lemak yang menempel dengan cara mengirisnya.

Supaya lebih mudah untuk mengiris lemaknya buat daging membeku terlebih dahulu dengan cara menaruh daging kambing di dalam lemari es sampai membeku.

Daging jangan di cuci

Daging kambing memang memiliki tekstur yang unik sedikit berbeda dengan daging olahan lainnya. Daging kambing yang akan kamu olah sebaiknya tidak di cuci air terlebih dahulu agar terhindar dari bau amis dan tekstur yang alot nantinya.

Cukup dengan cara daging kambing langsung di masukkan kedalam kuali dan merebusnya, kemudian kamu dapat mulai memasak daging seperti yang di inginkan.

Taburi dengan garam

Akan tetapi apabila daging kambing tersebut sudah terlanjur kamu cuci, maka untuk menetralisir darah dan bau amis tadi kamu bisa menaburkan garam pada daging.

Untuk caranya cukup sederhana dan mudah, balurkan garam seperlunya pada seluruh bagian permukaan daging lalu diamkan kurang lebih selama satu jam dan setelah itu baru lah daging siap untuk di masak seperti biasa.

Rebus dengan rempah-rempah

Seperti poin sebelumnya, jika daging kambing terlanjur di cuci atau memang sengaja di cuci terlebih dahulu, maka supaya daging tidak alot dan berbau lengur, kamu bisa menambahkan berbagai macam rempah-rempah yang harum, seperti daun jeruk, kemangi, jahe dan sebagainya saat proses merebus daging.

Hal tersebut perlu kamu lakukan, dengan tujuan untuk menghilangkan bau amis daging yang kurang sedap tercium nantinya ya.

Baluri dengan parutan nanas

Daging kambing yang alot bisa pula di lunak kan dengan memanfaatkan getah nanas sehingga dapat di hasilkan daging yang empuk. Selain itu jika kamu membalurkan parutan nanas pada daging bisa juga berfungsi menghilangkan bau amis.

Setelah daging di baluri dengan parutan nanas, kemudian diamkan kurang lebih satu jam saja, lalu olah daging seperti biasanya.

Selain dengan menggunakan parutan nanas, alternatif cara ini juga bisa dengan menggunakan parutan buah pir atau parutan buah pepaya muda untuk menghilangkan bau amis dan tekstur alot pada daging kambing.

Oleskan air perasan jeruk nipis

Jeruk nipis sangat ampuh dan bermanfaat untuk menghilangkan bau amis juga dalam melunakkan daging. Selain itu, jeruk nipis juga mampu membunuh bakteri yang terdapat pada daging.

Untuk caranya, cukup dengan mengolesi seluruh bagian daging dengan air perasan jeruk nipis dan diamkan kurang lebih satu jam. Kemudian olah daging seperti yang kamu inginkan.

Lihat Juga: Tips Memasak Nasi menggunakan Rice Cooker Supaya Tidak Cepat Basi

Nah, demikian kira-kira tips singkat mengolah daging kambing agar menjadi santapan yang istimewa dengan tidak meninggalkan bau amis dan tekstur daging alot yang bisa kamu terapkan sendiri di rumah.

Bila kamu merasa artikel ini berguna silahkan di bagikan pengetahuan ini ke semua teman dan saudara serta jangan lupa lihat juga tips menarik lainnya di halaman selanjutnya ya. Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba.

Load comments