Wednesday, June 5, 2019

Tempat Wisata Kuliner di Aceh yang Murah dan Enak

CeritaSakti.com - Aceh merupakan provinsi yang sangat menarik dan membuat penasaran karena termasuk daerah istimewa di Indonesia. Hanya ada dua daerah istimewa, yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta dan Nangroe Aceh Darusalam atau disingkat NAD.

Selain keistimewaan itu, ada berbagai hal unik lain dari Aceh. Mulai budaya dan adat istiadat, misalnya tari saman yang terkenal sampai ke mancanegara, terdapat juga berjuta destinasi wisata alam dan sejarah yang tak boleh dilewatkan.




Faktor lain yang membuat NAD istimewa adalah wisata religinya. Terkenal dengan agama Islam yang kental membuat muslim di  luar daerah singgah di Aceh.  Tidak hanya itu, ada berbagai kuliner khas Aceh yang wajib dicoba. Rasa kuliner Aceh sangat khas dan terkenal kaya rempah-rempah. dijamin membuat ketagihan.

Karena itulah, jika Anda berkesempatan singgah di Kota Serambi Mekah ini, sempurnakanlah liburan tersebut dengan mencoba berbagai jenis kuliner khas Aceh. Dalam artikel ini, akan dijelaskan berbagai tempat kuliner populer di Aceh. Sehingga, lebih mempermudahkan Anda menemukan lokasi untuk menjajal kulinernya.

Tidak susah lama-lama, berikut ini tempat wisata kuliner di Aceh yang wajib didatangi dan terkenal sangat legendaris. Dan paling daftar di bawah merupakan tempat makan paling murah dan enak.

Ayam Penyet Pak Ulis

Ayam penyet mungkin sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia. Kuliner ini memang tersebar di berbagai daerah sehingga mudah ditemui. Namun, jika Anda sedang singgah di Aceh, sangat disarankan untuk datang ke Ayam Penyet Pak Ulis.

Tempat makan ini sangat terkenal, jadi tidak heran jika antrian pesanan cukup panjang. Namun tenang saja, karena pelayanan di tempat makan dengan bangunan bercat merah dan kuning ini sangat baik dan cepat. Tidak lama setelah memesan, ayam penyet sudah akan tersaji di meja dan siap untuk Anda pindahkan ke perut.

Ketika Anda menggigitnya pertama kali, Anda akan merasakan sensasi ayam penyet yang berbeda dengan yang lain. Hal tersebut karena racikan sambal yang dirahasiakan oleh pemiliknya langsung meledak di mulut. Semakin tinggi level pedas yang Anda pilih, semakin banyak mulut membuka dan menutup disertai bulir-bulir keringat.

Walaupun rasa pedasnya meledak di mulut, namun Anda tidak akan bisa berhenti memakannya karena rasanya yang super mantap. Apalagi harganya satu porsi ayam penyet sangat terjangkau, hanya Rp10.000 saja. Di samping itu, fasilitas wifi gratis yang disediakan membuat tempat ini semakin istimewa.

Restoran yang dibangun sejak 2006 ini dibuka setiap hari, Senin sampai Minggu, mulai pukul 10.00 sampai 22.00 WIB. Lokasi Ayam Penyet Pak Ulis berada di Geuceu Kayee Jato, masuk kawasan Banda Raya, Kota Banda Aceh, Aceh. Lokasi tersebut dapat dengan mudah ditempuh menggunakan kendaraan pribadi.

Mie Razali

Mie memang tidak pernah kehilangan penggemar, dari anak-anak, dewasa, sampai lansia menyukai. Teksturnya yang kenyal dan gurih membuat mie bisa diolah dengan berbagai cara dan rasa. Nah, jika Anda berkunjung ke Aceh, sempatkan untuk singgah ke Mie Razali. Di restoran ini, Anda akan menemukan mie super lezat dengan bumbu yang begitu meresap.

Mie Razali Aceh

Ada berbagai pilihan menu mie di tempat ini. mulai mie goreng basah, mie kuah, dan mie kering dengan berbagai tambahan bumbu dan bahan. Yang menjadi favorit di tempat ini adalah mie kepitingnya yang benar-benar berasa surga. Menakjubkannya lagi, harga kuliner yang ditawarkan cukup murah, yaitu mulai Rp8.000.

Restoran ternama ini dibuka setiap hari, Senin sampai Minggu, mulai pukul 11.00 sampai 23.00 WIB. Jadwal buka tersebut pada hari Jumat berbeda, yaitu dibuka mulai pukul 02.00 sampai 23.00 WIB. Untuk menuju lokasi, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi menuju Jalan Panglima Polem Nomor 83-85. Tepatnya berada di Penayong, Kuta Alam, Kota Banda Aceh, Aceh.

Banda Seafood

Seafood seperti udang, kepiting, lobster, ikan, cumi, dan lainnya memang memiliki banyak penggemar. Selain rasanya yang enak, aneka seafood tersebut juga terkenal kaya protein dan berbagai kandungan lain yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Bagi Anda yang juga termasuk pencinta sajian seafood, jangan sampai melewatkan Banda Seafood. Tempat makan ini sangat terkenal di Aceh dan mendapatkan julukan restoran seafood terlezat.

Sewaktu memesan, Anda tidak boleh melewatkan menu kepiting soka lada hitam. Menu tersebut merupakan andalan restoran ini yang dijamin super enak. Menyenangkannya lagi, restoran ini terkenal dengan harga makanan yang ramah di kantong. Harga yang ditawarkan mulai Rp20.000 saja.

Mencari restoran yang buka sampai malam, tenang saja ada Banda Seafood. Restoran ternama ini dibuka mulai pukul 10.00 sampai 00.00 WIB. Untuk hari bukanya setiap hari, Senin sampai Minggu. Lokasi tempat tersebut berada di Jalan Lintas Banda Aceh. Masuk ke kawasan Kejuruan Muda, Aceh Tamiang, Gampong Blang, Meuraxa, Kota Banda Aceh, Aceh.

Mie Ayah

Selain Mie Razali, Anda juga harus mencoba Mie Ayah. Namanya sangat unik, ya? Tak kalah dengan rasanya yang membuat lidah Anda jatuh cinta. Mie ayah terkenal dengan tekstur yang kenyal dengan kuah yang kental dan berwarna merah. Benar-benar menggugah selera makan. Anda juga dapat memilih menambahkan kepiting yang berdaging tebal dan gurih. Pasti Anda benar-benar berpaling dari mie ini.

Lokasi Restoran Mie Ayah berada di Lhoong. Dengan mudah, dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun umum. Sebenarnya, jika Anda ada di Jakarta, Mie Ayah juga membuka cabang di Ibu Kota di daerah Menteng. Sedangkan Mie Ayah di Aceh, berlokasi lebih detailnya, yaitu di Jalan Wedana, tepat di Lhong Raya, Banda Raya, Kota Banda Aceh, Aceh.

Rumah Makan Hasan

Ingin membuktikan kelezatan makanan khas Aceh, datanglah ke Rumah Makan Hasan. Di tempat ini, Anda dapat menjajal kelezatan kari kambing dan ayam tangkap yang terkenal di Kota Serambi Mekah ini. Tempat ini sangat legendaris dan menjadi tempat tujuan para pelancong dari luar daerah. Ini tidak lain karena rasa kuliner di tempat makan ini sangat pantas mendapat dua jempol atas kelezatannya.

Ketika berada di Rumah Makan Hasan, Anda harus bersabar antri. Karena memang pengujungnya tak henti-henti berdatangan, membuat meja-meja penuh. Namun, penantian itu pasti terbayar lebih ketika pesanan Anda datang. Menikmati kuliner khas Aceh pasti membuat lidah berdecak karena kelezatannya.

Tempat makan ini juga sangat nyaman, karena selalu memperhatikan kebersihan dengan meja makan besar. Menariknya lagi, harga berbagai kuliner khas Aceh di tempat ini dibandrol dengan harga terjangkau. Yang termahal hanya Rp25.000 saja, dan termurah Rp15.000 per porsi.

Rumah Makan Hasan ini memiliki banyak cabang. Salah satu cabangnya yang ketiga berlokasi di Jalan T.P Nyak Makam, Pango Raya, Jembatan Laang Pango Raya, Banda Aceh. Lokasi tersebut sangat dekat dengan pusat kota Aceh, jadi membuat Anda lebih mudah mengaksesnya menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

Sate Matang Dek Wan

Sate memang kuliner favorit di Indonesia. Di berbagai daerah, memiliki sate khasnya masing-masing termasuk di Aceh. Namanya adalah sate matang Dek Wan. Sate ini memiliki bumbu yang tebal dan meresap sampai ke bagian dalam daging ayam. Uniknya, sate ini disiram dengan kuah kaldu bukan sambal kacang seperti umumnya. Disajikan juga dengan irisan jeruk nipis segar.

Sate matang dek wan ini akan sempurna jika didampingi oleh kopi susu khas Aceh. Sungguh kenikmatan yang tak akan dilupakan. Harga makanan di tempat ini sangat bersahabat dengan kantong. Harganya mulai dari Rp25.000.

Sate Matang Dek Man beralamat di Blang Cut, Lueng Bata, Kota Banda Aceh. Tidak terlalu jauh dari pusat kota dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Untuk jam bukanya dimulai pada pukul 17.00 sampai 00.00 WIB.. Sedangkan hari bukanya setiap hari Senin sampai Minggu, baik hari libur maupun tidak tetap buka.

Canai Mamak Kuala Lumpur

Siapa yang tak kenal canai? Canai ini merupakan kue dengan tekstur cukup lembut dan empuk. Di Aceh, ada kuliner khas bernama canai mamak kuala lumpur. Di dalam canai ini akan ada isian, yang paling populer adalah isian srikaya yang manis. Kue ini benar-benar favorit, jadi jangan heran jika restoran ini sangat ramai.

Memesan canai di tempat ini, Anda akan mendapatkan lima potong kue canai berisi srikaya per porsinya. Selain itu, ada berbagai menu lain yang dapat dicoba. Selain makanannya yang enak, tempatnya juga sangat nyaman dan bersih. Dengan didinding warna cokelat dipadukan warna putih, juga kursi-kursi berwarna oranye.

Lokasi Canai Mamak Kuala Lumpur berada di Jalan Teuku Umar Nomor 51, tepatnya di Seutui, Baiturrahman Seutui, Baiturraman, Kota Banda Aceh. Dibuka setiap hari, Senin sampai Minggu, mulai pukul 16.30 sampai 00.55 WIB.

Ayam Lepas

Nama kuliner khas Aceh ini unik, ya? Mungkin membuat Anda terbayang-bayang ayam yang terlepas dari kandang. Tetapi, bukan itu. Sajian ayam lepas ini terdiri dari ayam yang digoreng sampai renyah. Ketika membuka ayam ini, Anda akan menemukan berbagai sayuran, seperti sawi, timun, kol, tomat, dan sebagainya. Bumbunya juga tak kalah unik karena memiliki cita rasa percampuran antara manis, pedas, dan asam. Bentuk bumbunya seperti rujak.

Ada berbagai tempat untuk mencoba merasakan gurihnya ayam lepas, salah satu tempat populernya ada di Jalan Tgk Chik Ditiro yang terletak di Peuniti, Baiturahman, Kota Banda Aceh. Restoran sederhana ini dibuka setiap hari, Senin sampai Minggu, pukul 10.00 sampai 22.00 WIB. Jika Anda ingin memesan tempat maupun pesanan diantar ke rumah, dapat menghubungi nomor telepon 0812-6997-8185.

Ayam Pramugari

Satu lagi, olahan ayam pemilik nama unik yaitu ayam pramugari. Ayam pramugari merupakan olahan ayam yang gurih yang kaya rempah-rempah dan benar-benar lezat. Dalam penyajiannya, Anda akan menemukan ayam bercampur daun kare yang hijau dan cabai. Selain daging ayam, ada juga jeroan ayam. Daging yang digunakan adalah daging ayam kampung yang memiliki tekstur sangat enak.

Ayam pramugari disajikan dengan nasi hangat serta sambal kecap dengan irisan bawang dan ulekan cabai hijau. Jika menyukai kesegaran jeruk nipis, Anda dapat menambahkannya ke dalam sambal kecap. Selain ayam pramugari, sajian lain yang tak kalah lezat adalah gulai kambing dan gulai ayam. Santai saja, harga yang ditawarkan ramah di kantong, mulai dari Rp15.000 saja.

Ayam pramugari memiliki banyak sekali penggemar, jadi tidak salah tempat ini sangat ramai pengunjung. Lokasinya berada di Jalan Banda Sultan Iskandar Muda, Paya-Ue, Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, Aceh.

Rumah Makan Bu Sie Itek Bireuen

Warung sederhana namun dengan menu yang lezat merupakan kesan dari Rumah Makan Bu Sie Itek Bireuen. Menu utama di tempat ini adalah Bu Sie Itek, ini bukan nama ibu pemilik warung namun nama daerah yang artinya gule bebek. Nah, karena lokasinya berada di Beruen tepatnya di Jalan Teuku Umar, Seutui, nama gule ini Bu Sie Itek Bireuen.

Gule bebek di tempat ini pasti akan membuatmu kewalahan dengan rasanya yang enak. Daging bebek yang bertekstur lembut dengan bumbu yang meresap sampai ke dalam benar-benar pantas diacungi jempol. Sajian ini memiliki kuah kental dan berminyak dengan bumbu yang melimpah. Selain gule bebek, Anda juga dapat menikmati sajian lain, yaitu ayam goreng tungkap dengan daun pandan, daun temuri, serta cabai hijau dimasak bersama.

Jam buka rumah makan ini dibuka pagi hingga malam, namun pada hari puasa hanya dibuka pada jam berbuka puasa. Untuk harinya dibuka setiap hari Senin sampai Minggu. Bisa dibilang menu lezat di tempat ini memiliki harga yang sangat terjangkau mulai dari Rp10.000 sampai Rp13.000 per porsi.

Nasi Gurih Pak Rasyid

Satu lagi tempat makan legendaris di Banda Aceh, namanya Nasi Gurih Pak Rasyid. Rumah makan ini sudah berdiri lama, dan dikelola turun menurun, sekarang dikelola oleh generasi ketiga. Sehingga tidak perlu dipungkiri, jika tempat ini begitu populer. Anda akan melihat deretan orang mengantre untuk mencicipi kelezatan menu utamanya yaitu nasi gurih.

Tempat yang dikenal juga dengan Bu Guri ini memiliki tempat sederhana, dengan nuansa serba jingga dan krem. Mulai cat dinding, tempat duduk, sampai celemek yang para pelayannya.

Nasi gurih memiliki bentuk yang mirip dengan nasi lemak maupun nasi uduk. Memasaknya juga sama yaitu memasak beras menggunakan air santan. Namun bedanya, nasi gurih ditambahkan daun salam dan daun jeruk. Sehingga, selain rasanya yang gurih, aromanya juga harum dan segar. Untuk rasanya tidak perlu ditanya, benar-benar mantap.

Nasi gurih semakin sempurna dengan berbagai pilihan lauk. Anda dapat memilih dendeng sapi khas Aceh yang manis dan gurih. Pilihan lauk lainnya yaitu gulai ayam, paru goreng, dan berbagai pilihan menu lainnya. Untuk harganya tidak perlu khawatir, karena hanya dengan Rp10.000 sampai Rp20.000 saja, Anda dapat menikmati berbagai kuliner di tempat ini.

Tempat makan ini dibuka setelah subuh dan ditutup pukul 11.00 WIB. Jam bukanya sangat singkat, ya? Itu karena nasi gurih cepat sekali ludes bahkan sebelum jam tutup. Sehingga, Anda tidak boleh telat untuk datang ke lokasinya yang berada di Kp. Baru, Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh.

Kebab Ali

Kebab merupakan makanan yang berasal dari Timur Tengah tepatnya di Turki. Keberadaan kuliner satu ini sudah tersebar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, salah satunya di Aceh. Kebab ini memiliki banyak penggemar karena rasanya yang enak dan cukup mengenyangkan.

Nah, di Aceh ada tempat makan kebab terkenal selama satu dekade, namanya Kebab Ali. Berdiri sejak 2008 dengan kebab yang sudah disesuaikan dengan lidah orang Aceh.

Lokasi tempat ini berada di Jalan Panglima Nyak Makam Nomor 107 A, Doi, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh, Aceh. Walaupun kebab di tempat ini disajikan dengan sederhana, tetapi jangan salah rasanya benar-benar tidak sederhana. Rasanya begitu enak dan tentram di kepala, hingga membuat ketagihan.

Kebab Ali juga sangat ramai karena tempat nongkrong para kaula muda. Hal tersebut karena harga makanan di sini sangat bersahabat dengan kantong.

Sop Sumsum Kutaraja

Sedang mencari makanan berkuah di Aceh, Anda dapat merasakan sensasi sop sumsum kutaraja. Lokasinya berada di Jalan Tunguk Imum Iung Bata, Lueng Bata, Aceh. Lokasi tersebut dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun umum.  Dibuka hari Senin sampai Minggu, pukul 09.20 sampai 00.00 WIB. Pelayanan di tempat ini sangat menyenangkan dan ramah sehingga membuat pengujung betah.

Walaupun tempatnya sederhana, warung ini sangat nyaman dan bersih. Walaupun tidak seterkenal kuliner khas Aceh lainnya, tempat ini cukup ramai dikunjungi. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda datang dan menjajal kuliner lezat satu ini.

Sop sumsum kutaraja disajikan di piring dengan tulang sumsum yang sangat besar. Cara makan sumsumnya sangat unik yaitu dengan sedotan. Dimulai dengan menggerakkan sedotan naik turun dan berputar-putar, sehingga membuat sumsum menjadi lembut. Nah, setelah itu baru disedot. Wah, sensasi sumsum yang gurih dengan campuran bumbu yang sempurna akan membuat lidah Anda jatuh cinta seketika.

Anda juga tidak boleh melewatkan kuahnya yang berwarna cokelat pekat yang penuh rasa kaldu. Benar-benar kenikmatan yang sesungguhnya. Agar lebih lengkap, Anda dapat memakan sop sumsum dengan nasi hangat.

Selain sajian sop sumsum, tempat makan ini juga menyediakan menu lain. mulai dari soto buntut, soto ayam, soto sapi. Juga berbagai sop seperti sop daging dan sop iga. Untuk harganya sangat terjangkau dan sesuai dengan rasanya.

Mie Ramen Aceh Akira

Mau mencoba kuliner khas Aceh yang berkuah? Anda dapat menjajal Mie Ramen Aceh Akira. Mie Ramen memang berasal dari Jepang, namun ramen di Aceh memiliki rasanya yang lebih enak. Karena rasanya sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Mie ramennya memiliki tekstur yang kenyalnya pas dan lembut serta kuah yang super lezat. Yang terpenting adalah, mienya dibuat sendiri dengan mesin khusus dan tanpa pengawet.

Selain itu, Anda juga dapat mencoba berbagai kuliner jepang lainnya, seperti Gyoza, Tsukemen, dan Ocha. Anda juga harus menjajal nasi goreng jepangnya yang super nikmat. Lokasi Mie Ramen Aceh berada di Jalan T.Umar 53, Setui, Banda Aceh, Aceh. Kalo tidak dapat datang ke lokasi atau ingin memesan tempat dapat menghubungi nomor 0823-6643-5795.

Demikian daftar tempat wisata kuliner di Aceh yang terkenal enak dan murah. Semoga informasi tersebut membantu Anda untuk menentukan tempat berburu kelezatan kuliner khas selama berada di Banda Aceh. Menikmati kelezatan tersebut pasti akan lebih lengkap jika datang bersama keluarga atau sahabat. Sehingga, dapat berbagi kesan selama mencicipi berbagai kuliner tersebut. Selamat berpetualang berburu kuliner khas Aceh!

Load comments