Friday, May 24, 2019

Wisata Air Terjun dan Pantai di Malang dan Batu Yang Seru Dikunjungi

CeritaSakti.com - Terletak di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota Malang dan Kota Batu memiliki daya tarik tersendiri bagi para pelancong dari daerah sekitar maupun dari luar kota yang ingin menikmati suasana liburan yang lebih mengesankan dan tentunya memiliki panorama alam yang berbeda dengan tempat wisata daerah lainnya di Indonesia.

Dengan begitu banyaknya pilihan lokasi wisata di Malang dan Batu, menyebabkan tidak hanya wisatawan domestik saja yang sering berkunjung kesini. Namun, banyak pula turis asing sari mancanegara ikut menikmatinya.




Kota Malang dan Batu yang populer dengan sebutan kota pelajar dan kota apel memanglah mempunyai banyak sekali pesona tempat-tempat buat berwisata yang sungguh elok dan sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut hanya beberapa saja dari sekian banyaknya loka wisata di Kota Malang dan Kota Batu, Jawa Timur.

Pantai Balekambang

Memiliki pantai yang super indah dan menawan dengan gulungan ombak yang sangat cocok sekali buat berselancar. Bisa disebut Balekambang adalah tanah lot-nya Kota Malang, dikarenakan memang struktur lokasinya yang mirip dengan tanah lot yang berada di Kabupaten Tabanan, Bali.

Berbicara tentang pemandangannya, Pantai Balekambang kenyataannya memang tidak kalah bagusnya dengan tanah lot kok. Jadi bagi kalian yang sedang berada di wilayah Kota Malang, tidak perlu jauh-jauh ke Bali lagi deh, karena ternyata di malang juga terdapat pantai indah yang mirip Tanah Lot.

Lokasi Pantai Balekambang terletak kurang lebih 57 Km, kearah selatan jika ditempuh dari Kota Malang, tepatnya di Desa Srigonco Kecamatan Batur, Malang Raya.

Sumber Pitu Malang

Sumber Pitu atau Tujuh mata air artinya dalam bahasa Indonesia, Tempat ini menurut informasi dari beberapa penduduk setempat, bahwa terdapat Tujuh sumber mata air berdekatan yang terletak di tebing sehingga menyemburkan air dan jadilah disebut air terjun sumber pitu sampai sekarang.

Masih menurut cerita dari warga setempat, konon masih banyak yang percaya bahwa air terjun ini mempunyai nilai magis tersendiri. Jadi sebagai akibatnya, jangan heran apabila terlihat masih ada orang yang sengaja datang melakukan ritual-ritual dan pulang membawa air dari Sumber Pitu tadi lantaran dianggap sebagai air keramat.

Loka wisata yang satu ini masih jarang sekali diketahui para traveller, jadi masih sedikit pengunjungnya, tetapi lokasi Sumber Pitu mempunyai pemandangan yang bagus sekali dan layak untuk dikunjungi.

Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep Malang, sebuah pantai cantik yang mempunyai pasir yang halus ini berada 62 Km ke arah selatan Kota Malang. Selain mempunyai pasir yang putih, pantai ini juga masih cukup sepi dan belum banyak di kunjungi wisatawan pada hari-hari biasa.

Tentunya sangat cocok bagi kamu yang ingin liburan dengan menikmati suasana yang damai sambil menikmati indahnya pemandangan pantai yang menyejukkan dan suara deburan ombak nan merdu. Menurut beberapa traveller yang sudah berkunjung ke Pantai Ngliyep, kalau keindahan pantai ini sanggup menyamai keindahan tempat wisata pantai lainnya di Indonesia.

Apabila kamu sedang berada di wilayah Malang dan tidak cukup budget berlebih buat berkunjung ke pantai di wilayah pulau Lombok yang memang terkenal eksotis, kamu tidak perlu risau lagi sebab pantai ini sanggup menggantikannya, lantaran dari segi keindahannya Ngliyep tidak kalah indah dari pantai-pantai yang terdapat di Lombok.

Pantai Sipelot

Panorama pantai yang berpasir coklat dan laut yang berwarna biru jernih menjadi magnet tersendiri. Deburan ombak di Pantai Sipelot ini relatif ganas dan tinggi, cukup berbahaya bila dipakai berenang disini.

Tetapi kamu tidak perlu kecewa dengan hal tersebut, karena masih dilokasi ini terdapat juga Coban sipelot (Coban sebutan air terjun di Jawa) yang memiliki tinggi sekitar 10 meteran. Coban Sipelot juga mampu menjadi daya tarik para wisatawan yang berkunjung, dan memang layak buat dikunjungi, lokasinya terletak di desa Pujiharjo Kabupaten Malang Raya.

Agro Wisata Tawon Rimba Raya

Setelah puas bermain bersama deburan ombak di pantai, sekarang kamu wajib berkunjung kesini, lantaran di Agro wisata tawon rimba kamu tidak akan hanya merasakan sensasi liburan, namun kamu juga bisa belajar bagaimanan cara memanen madu secara langsung dari sarangnya. Setiap sarang yang siap panen dihargai 10 ribu sampai 20 ribu rupiah saja.

Tidak perlu khawatir ngiler setelah melihat dan mencium aroma manis madu, sebab disini kamu juga bisa mencoba berbagai minuman olahan dari madu, misalnya es madu, jus jambu madu, durian madu, dan berbagai varian produk-produk yang lain.

Air Terjun Coban Rondo

Dibalik keindahan nan alami Coban Rondo ternyata ada kisah Legenda tentang tempat wisata air terjun ini loh, Konon pada zaman dahulu terdapat suami yang gugur dalam pertempuran dengan Joko Lelono yang sangat mencintai dan menginginkan Dewi Anjarwati dan berniat merebut Dewi Anjarwati dari tangan suaminya Raden Baron Kusuma.

Masih menurut legenda di masyarakat, bahwa air terjun ini ada karena kisah percintaan Dewi Anjarwati dengan suaminya Raden Baron Kusuma tersebut. Sang suami menyembunyikan istrinya di balik air terjun dari incaran Joko Lelono, maka semenjak saat itulah konon katanya air terjun ini mulai ada. Ya gitu deh, kira-kira kisah legenda yang melekat pada Air terjun yang satu ini.

Air Terjun Coban Rondo memiliki debit air cukup besar dan mampu menjadi salah satu wisata air terjun dambaan yang selalu dikunjungi para traveller muda-mudi.

Air Terjun Coban Pelangi

Wisata air terjun ini terletak terletak di sebuah Desa Gubuk klakah, Kecamatan Pancokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Sedangkan jaraknya kalau dari Kota Malang sekitar kurang lebih 31 Kilometer dan kalau di tempuh dengan kendaraan menghabiskan kurang lebih 1 jam dengan catatan arah kesana tidak macet.

Air Terjun Coban Pelangi

Rute jalan menuju Coban Pelangi ini sangat banyak, tapi tidak perlu bingung karena banyak sekali petunjuk arah menuju ke lokasi dan terpampang jelas di sepanjang perjalanan menuju Coban, dan kamu bisa pilih salah satu rutenya.

Meskipun relatif jauh bila ditempuh dari Malang Kota dan membutuhkan stamina ekstra buat menuju ke lokasi, namun di sepanjang jalan pelancong akan terhibur dan dimanjakan oleh pemandangan alam hijau khas perbukitan yang indah menawan.

Air Terjun Coban Talun

Pemandangan disini memang relatif indah akan tetapi disarankan jangan sembarangan menggunakan batu-batu yang ada disekitar air terjun waktu ingin berselfie ria sebab sangat licin bosquh.

Letak lokasinya tidak terlalu jauh dari tempat pemandian selecta, kira-kira sekitar 3 Km sampai 5 Km. Lebih tepatnya berada di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumi Aji, Kota Batu.

Pemandian Air Panas Cangar

Sudah pada tahukah, kalau mandi menggunakan air panas mempunyai banyak sekali manfaat, selain dapat menciptakan kondisi yang rileks pada otot-otot di sekujur tubuh yang tegang, juga berfungsi buat menurunkan tekanan pada darah.

Tiket untuk masuk ke area Pemandian Air Panas Cangar terbilang sangat murah yaitu sekitar 5 ribu sampai 10 ribu per Orang. Untuk lapangan parkiran kendaraan cukup luas kok.

Nah, setelah selesai berwisata ke berbagai tujuan wisata yang ada di Batu dan Malang, sekarang saatnya buat memanjakan tubuh kamu dengan jakuzi dari alam yang ada di pemandian air panas cangar, sambil menikmati segelas minuman fermentasi ketan hitam yang bisa dibeli dari penjaja di sekitar lokasi, sungguh mantap aduhai buat melepas lelah, penat dan bau keringat bosquh!!

Sumber Mata Air Krabyakan Lawang

Untuk dapat mencicipi sejuk dan dinginnya air di Sumber Air Krabyakan pengunjung harus mengeluarkan sedikit dana buat bayar tiket masuk sebesar 10 ribu per Orang. Dan dengan membayar tiket masuk pengunjung sudah dapat merasakan mandi pada Sumber Air Krabyakan ini. Lokasinya terletak di Desa Sumber Ngepoh, Kecamatan Lawang, Malang.

Mandi di kamar mandi yang ada di rumah sih sudah biasa bosquh, tapi mandi dengan suasana alam yang asri akan menciptakan hati damai tenteram. Sambil mandi kamu juga bisa menikmati suasana alam sekitar sumber air krabyakan Lawang yang mengasyikkan.

Kaliwatu Rafting

Masih butuh keseruan lagi, Bosquh ? Cobalah rasakan derasnya air yg mengalir mengombang ambing perahu karetmu di Kaliwatu Rafting. Tempat Wisata rafting ini sangat dianjurkan buat kamu yang datang beramai-ramai berombongan, karena bisa menambah kekompakan dan kerseruan.

Apabila kamu datang berwisata beramai-ramai beserta keluarga dan sahabat cocok banget buat diajak menguji adrealin disini dengan rafting di kaliwatu malang, liburan bersama keluarga akan lebih seru dan mengasyikkan bersama keluarga.

Nah, itulah kira-kira tempat-tempat wisata yang mesti kalian kunjungi saat berada di Kota Malang dan Batu. Oke bosquh.

Load comments