Thursday, May 16, 2019

Lailatul Qodar adalah Malam yang Wajib Kamu Ketahui !!

CeritaSakti.com - Lailatul Qadar merupakan satu malam di bulan ramadhan yang kedatangannya benar – benar dinantikan oleh seluruh umat Islam di dunia. Malam ini selalu terjadi di setiap bulan Ramadhan. Malam lailatul juga disebutkan dalam Ad-Dukhaan dan Al-Qadar dan sangat di muliakan.

Apa bila dalam surah Ad-Dukhaan pada surah ke-44 menerangkan bahwa malam Lailatul Qodar disebut sebagai 'malam penuh keberkahan'. Malam lailatul qadar pun disebut dalam alquran adalah malam yang penuh sekali dengan kebaikan. Bahkan di malam lailatul qadar tersebut bisa di bilang lebih baik dari pada seribu malam yang telah dilalui oleh umat manusia.

Kamu wajib banget mengetahui bahwa beberapa riwayat yang telah menceritakan sebab Allah menurunkan Malam lailatul Qodar untuk nabi muhammad dan seluruh pengikutnya. Menurut Imam Malik, Rasulullah SAW. Memandang tentang umur umatnya yang tidak sepanjang umat sebelum mereka. maka dari itu Rasulullah memohon diri kepada Allah untuk memberikan peluang agar umatnya supaya mampu beramal dengan dengan kadar yang sama lamanya dengan umat – umat sebelumnya. Nah karena hal tersebut lah allah menciptakan malam lailatul qadar di bulan suci ramadhan ini

Lailatul Qadar memang sangat dimuliakan oleh seluruh umat Islam di dunia karena memang pada malam lailatul qadar tersebut turun lah sebuah rahmat dan kebaikan dari Allah SWT kepada seluruh umat nabi muhammad. Namun, berkah dan kemuliaan Lailatul Qodar sangatlah singkat yaitu, hanya terjadi dalam satu malam saja. Dan tentunya akan berakhir ketika mencapai waktu subuh.

Ramadan 2019

Bagi seorang Muslim yang taat kepada allah, keinginan dan pengalaman untuk mendapatkan malam Lailatul Qodar adalah sebuah hal spiritual dan individual yang sangat luar biasa. Namun, tidak semua orang bisa mendapatkan malam lailatul Qadar ini. Karena, hanya orang – orang yang merasa dan memang selalu dekat dengan allah saja lah yang bisa merasakan malam lailatul qadar ini.

Banyak literasi yang mengatakan bahwa lailatul qadar akan sering muncul di malam ganjil 10 hari terakhir bulan ramadhan. Untuk bisa merasakan dan menjumpai malam tersebut kita harus benar – benar dalam keadaan berserah diri kepada allah. Jika kamu sudah melakukan hal tersebut maka kamu akan melakukan pencapaian ibadah yang sangat luar biasa.

Kebanyakan ulama, pemuka agama dan juga kaum Muslim yang benar – benar meyakini Lailatul Qadar akan mulai beribadah secara khusuk sejak awal ramadhan demi mendapatkan rahmat allah dan bisa berjumpa dengan malam lailatul qadar. Namun pada kenyataanya, tidak ada seorang pun yang benar – benar mengetahui secara pasti kapan tepatnya Lailatul Qadar turun ke muka bumi.

Jika kita berkonsentarsi pada beberapa riwayat Nabi Muhammad SAW yang memberikan beberapa tanda – tanda mengenai akan turunnya malam lailatul qadar ini. Beberapa tanda – tanda tersebut adalah sebagai berikut : Hawa yang menjadi sejuk, Cuaca yang cerah, dan Keadaan alam sekitar sangat tenteram.

Menurut sebagian ulama telah mempercayai bahwa malam Lailatul Qadar sebenarnya tidak hanya turun ke bumi pada bulan Ramadhan saja. Malam tersebut juga bisa turun di bulan Sya'ban. Menurut mereka, Malam Lailatul Qadar juga bisa hadir pada malam Nisfu Sya'ban.

Pada malam tersebut akan turun beberapa kebaikan dan rahmat dari Allah SWT untuk seluruh umat Nabi Muhammad SAW seperti syafaat, ampunan dari dosa – dosa keji, dan pembebasan dari azab yang allah berikan.

Rasulullah SAW telah bersabda, bahwa ketika datang malam Nisfu Syakban, Allah akan memberikan ampunan kepada penghuni bumi, kecuali bagi manusia yang syirik dan berpaling dari keyakinannya.

Nah, Itu dia tentang pembahasan, pengetahuan dan beberapa informasi terkait malam lailatul qadar yang bisa kamu cerna dan pahami dengan sangat baik.

Apabila artikel ini bermanfaat, kamu bisa membagikannya bersama teman dan keluarga kamu agar bisa lebih rajin lagi bersama-sama beribadah mulai dari sekarang yah.

Load comments