Tuesday, May 7, 2019

Kehilangan Smartphone dan Metode Untuk Menemukannya

CeritaSakti.com - Fakta atau hanya sebuah semboyan saja ? Bahwa kebutuhan akan smartphone seperti ibu dari segala kebutuhan manusia dan seolah-olah tak akan tergantikan.

Smartphone telah menggantikan cara menulis lebih cepat dan efisien menggantikan cara lama menulis  yang masih membutuhkan akses ke beberapa fasilitas dan alat misal mesin tik manual pada zaman dahulu.




Dengan digitalisasi, semua orang beralih ke smartphone dari pada cara cara terdahulu. Seiring waktu ponsel pintar telah menggantikan akses-akses vital, semisal dalam kebutuhan kesehatan, pendidikan, perbankan, belanja, pemesanan perjalanan, makanan, buku harian pribadi dan semua informasi penting, bahkan mencari jodoh pun dilakukan dari smartphone.

Simpel dan praktis, smartphone seukuran telapak tangan, yang menjelma menjadi asisten pribadi semua orang untuk mewujudkan semua keinginannya, dalam hitungan menit bahkan detik.

Kehilangan Smartphone

Tetapi apakah kamu pernah berpikir ? Apa yang akan terjadi, jika kamu suatu waktu kehilangan asisten pribadimu itu atau lenyap dicuri ? Data pribadi kamu, detail akun dalam perangkat yang hilang dapat disalahgunakan, nah lo...

Pertama-tama, mari mengucapkan Terima kasih kepada pengembang beberapa aplikasi yang membuktikan keahlian inovatif mereka untuk merancang aplikasi seluler yang gesit, untuk membantu pelanggannya menemukan ponselnya kembali jika hilang atau dicuri.

Berikut adalah beberapa aplikasi standar yang dapat ditemukan di beberapa smartphone dengan beberapa variasi metode dan kehandalannya untuk menemukan smartphone dan mengamankan semua data kembali.


Aplikasi pengelola perangkat Android

Mungkin aplikasi ini sedikit terbaik di atas yang lain. Temukan aplikasi tersebut dan pilih pengembang yang benar-benar terpercaya, beberapa tersedia di play store gratis, untuk diunduh lalu diinstal dan rata-rata sudah kompatibel untuk hampir semua perangkat Android pintar.

Jika kamu adalah pengguna Android, maka aplikasi ini harus ada di smartphone kamu sebagai pencegahan dari kehilangan yang tidak terduga.

Untuk menikmati layanannya, buka pengaturan ponsel kamu > Google > Keamanan > layanan > aktifkan opsi Temukan Perangkat Ini dari Jarak Jauh. Di beberapa merek vendor ponsel mungkin urutan dan tampilan bisa berbeda, silahkan kamu explore untuk menemukan fitur tersebut.

Setelah itu, sekarang kamu dituntut untuk membukanya pada aplikasi web untuk menemukan smartphone, membuatnya berdering atau menghapus semua data agar tidak disalahgunakan dan menemukan smartphone jika kamu kehilangannya.

Berbicara tentang kelemahannya, aplikasi ini hanya bekerja dengan kondisi smartphone yang diaktifkan GPS-nya, maka pastikan GPS ponsel kamu menyala sebelum hilang. Tetapi untuk memanfaatkan layanannya, kita dapat mengabaikan fakta mengenai GPS on ini, karena tersedia untuk ponsel-ponsel Android keluaran terbaru secara default.

Aplikasi Lokasi Keluarga

Family locator adalah aplikasi pencari orang yang dirancang untuk membuat kamu tetap terhubung dan melacak lokasi keluarga atau teman melalui Smartphone.

Oleh karena itu memang tidak begitu efektif untuk pelacakan perangkat yang hilang, dengan locator keluarga akan lebih akurat jika digabungkan dengan aplikasi-aplikasi locator perangkat lainnya.

Aplikasi Cerberus

Memiliki fungsi pencari lokasi smartphone yang tak tertandingi, aplikasi seluler anti-pencurian ini layak mendapat tempat di smartphone kamu. Cerberus dirancang dengan sangat baik oleh pengembangnya, aplikasi seluler yang satu ini terampil dan cukup cerdas dibanding para pesaingnya pada saat pertama kali dirilis.

Pengguna dapat menyembunyikan aplikasi dari folder sehingga aplikasi tidak terlihat. Jika kamu kehilangan smartphone, ini memungkinkan kamu untuk mengakses dari jarak jauh, baik dengan melalui web-nya cerberusappdotcom atau dengan aplikasi klien Cerberus di ponsel cadanganmu. 

Gunanya untuk mengunci ponsel kamu atau mengatur ulang ponsel kamu atau membuat telepon berdering atau menampilkan pesan di layar untuk pencuri iseng tersebut. Selain itu, Cerberus dapat mengakses kamera depan untuk mengambil gambar pencuri dan membuatnya mudah bagi kamu untuk menemukan ponsel yang hilang sekaligus si pemegangnya.

Metode Menemukannya

Aplikasi Anti Pencurian Mangsa

Aplikasi ini sebenarnya hanya terfokus pada dasar menemukan keberadaan ponsel, dengan semua fitur umum seperti pada manajer perangkat Android untuk mengatur ulang ponsel kamu dan membuatnya berdering dan membiarkan kamu melacak lokasi perangkat, mungkin saja kamu dapat menemukan perangkat yang hilang dengan bantuan aplikasi ini.

Metode Tradisional

Sungguh amat sayangnya, jika ponsel kamu terlanjur hilang atau dicuri tanpa ada aplikasi pelacak ponsel satu pun di dalamnya, maka kamu harus mencoba beberapa metode klasik untuk menjaga keamanan data-data pribadi.

Segera setelah kamu menyadari ponsel hilang, cobalah sesegera mungkin menelpon atau mengirim pesan menggunakan handphone cadangan kamu atau bisa juga meminjam saudara, kawan disebelah kamu, atau tetangga juga tidak apa-apa, asal sudah ijin dulu iya kan.

Tujuannya untuk paling tidak mendapatkan info atau mendengar deringnya, siapa tahu smartphone kamu masih berada tidak jauh disekitarmu atau berharap siapa tahu si pencuri iseng tersebut menjadi iba dengan permohonanmu dan mengembalikan smartphone kamu lagi.

Jangan menunda-nunda melaporkan kehilangan ponsel, pelaporan lebih awal dapat meminimalisir fungsionalitas ponsel kamu, agar data-data pribadi tidak terlanjur disalahgunakan, dengan memasukkannya ESN atau IMEI ponsel kamu ke daftar hitam aparat penegak hukum.

Maksudnya ini untuk menyulitkan pencuri menjual atau cepat di deteksi aparat cyber saat pencuri berusaha mengobok-obok akun sosial media kamu.

Ingat! kamu harus segera mengubah semua kata sandi perbankan dan media sosial untuk menjaga keamanan akun kamu ya. Oke :)

Load comments