Wednesday, May 8, 2019

Cara Menyingkirkan Komedo

CeritaSakti.com - Komedo, biasanya muncul pada saat seseorang menginjak masa-masa remaja, komedo biasanya selalu kembali muncul berulang kali untuk sebagian orang di sepanjang hidup mereka. Hampir 8 dari 10 remaja memiliki jerawat, yang merupakan istilah resmi untuk penyebutan komedo.




Tapi bukan hanya remaja, banyak orang dewasa pun juga memiliki jerawat. Namun itu tidak mengherankan, sebab ada lebih dari 5 juta pori di tubuh dan ribuan pori hanya di bagian wajah kamu saja, serta sekitar 650 kelenjar keringat per 6,5 cm persegi di kulit manusia.

Cara menyingkirkan jerawat

Apa yang menyebabkan komedo ? Jadi bagaimana bentuk komedo ?

Komedo terbentuk hanya ketika folikel rambut (pori-pori) menjadi tersumbat dengan minyak dan sel-sel kulit mati.

Jika pori-pori yang tersumbat tetap terbuka, terkena oksigen dan berubah menjadi hitam dan berwarna gelap, maka istilahnya disebut komedo terbuka (blackhead). Jika kulit di atas pori-pori tetap tertutup, ini disebut komedo tertutup (whitehead).

Komedo adalah jenis jerawat ringan yang biasanya terbentuk di wajah, tetapi komedo juga dapat muncul di area lain dari tubuh seperti Leher, Bahu dan Dada.

Komedo biasanya tidak menyakitkan, karena tidak meradang seperti jerawat. Sedangkan jerawat muncul ketika bakteri menyerang dan menimbulkan penyumbatan di folikel rambut, menyebabkan kemerahan dan peradangan.

Apa saja yang bisa membuat kamu mendapatkan banyak komedo ?

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi apakah kamu cukup berpotensi mendapatkan banyak komedo, yaitu:

  • Mengkonsumsi pil KB
  • Haid/menstruasi pada wanita
  • Tumpukan minyak alami pada kulit
  • Minum obat-obatan seperti kortikosteroid atau androgen
  • Tidak mencuci wajah untuk jangka waktu tertentu
  • Kulit kering (mendorong lebih banyak minyak untuk menumpuk)
  • Timbunan kulit mati
  • Kosmetik yang mengiritasi kulit kamu
  • Menghapus komedo menggunakan kuku secara manual dan membabi buta

Jelas, lebih baik menghilangkan komedo dengan sedikit rasa sakit untuk mengembalikan wajah cantikmu kembali. Kamu bisa saja menyusuri cara-cara kuno seperti menggunakan jari-jari kamu untuk memeras isi komedo. Tetapi itu dapat meningkatkan resiko lebih banyak tumbuh komedo lagi.

Kamu bisa juga memakai produk-produk plester komedo yang mengandung lem kimia atau menggunakan obat-obatan resep untuk menghilangkan komedo. Tetapi itu semua mendatangkan efek samping yang tidak menguntungkanmu.

Alat Khusus Jerawat atau sering di sebut Alat Ekstraksi Blackhead

Hal terbaik yang harus dilakukan untuk menghilangkan komedo adalah melakukannya secara manual namun menggunakan alat khusus. Alat Khusus Jerawat atau Alat Ekstraksi Blackhead, dapat menghilangkan komedo dan rambut tumbuh ke dalam pori yang juga dapat menyebabkan komedo.

Dengan cepat dan tanpa rasa sakit, alat tersebut menghilangkan komedo dengan metode menggunakan ujung khusus yang digunakan untuk membuat sayatan lembut pada komedo.

Kemudian kamu dapat membalik alat tersebut dan menggunakan ujung yang bulat dan kokoh untuk mendorong keluar serpihan komedo yang terperangkap di bawah kulit, sehingga komedo benar-benar menghilang dari pandangan mata, Horee..!!

Sangat penting bagi kamu untuk menghilangkan komedo dengan aman, lembut dan hati-hati. Karena beberapa komedo ada yang sayang banget tidak mau berpisah dengan Empunya. Komedo bandel ini tak jarang menyakitimu ketika sedikit saja disentuh.

Jangan lupa, penting untuk menjaga kebersihan wajah kamu saat menggunakan alat ini ya. Misalnya, untuk setiap lima sampai enam komedo yang berhasil kamu ekstraksi/keluar, pastikan kamu menggunakan toner untuk membersihkan puing-puing komedo yang lepas.

Setelah selesai menggunakan alat-alat tersebut, sebaiknya gunakan masker wajah untuk mengencangkan kulit dan menyerap kotoran dan minyak yang mungkin tersisa dari sesi ekstraksi komedo kamu tadi.

Dibandingkan dengan alat ekstraksi blackhead loop bentuk bulat, alat bergaya ujung lancip bekerja lebih baik di tempat-tempat yang menyakitkan seperti komedo akibat rambut tidak mampu keluar atau rambut tumbuh ke dalam pori-pori.

Ingat, tidak akan ada hasil tanpa perjuangan, Selamat Ber-ekstraksi Blackhead!

Load comments