Monday, April 22, 2019

Tempat Wisata Kuliner di Lampung yang Murah dan Enak ( bagian 1 )

CeritaSakti.com - Lampung merupakan kota di Pulau Sumatera yang memiliki beraneka ragam rupa budaya. Lampung memiliki aneka rupa budayanya karena kota ini masih dekat dengan Pulau Jawa. Hal inilah yang membuat Kota Lampung memiliki budaya makanan yang heterogen termasuk kulinernya.

Bagi kalian yang sudah terbiasa dengan kuliner Medan. Kalian akan merasakan sedikit asing dengan cita rasa masakan yang ada di Kota Lampung. Hal ini lantaran kuliner di Kota Medan topologi kulinernya lebih pedas ketimbang kuliner Lampung. Kendati demikian, Kota Lampung sendiri memiliki beberapa kuliner yang jauh dari kesan rasa manis. Ada banyak pula cita rasa kuliner lain yang bisa Anda dapatkan di tempat ini.





Tapi yang jelas, kuliner di Lampung itu terkenal dengan cita rasanya yang enak-enak. Selain itu, harganya juga murah-murah banget lho guys. Kalian penasaran ? Berikut ceritasakti.com paparkan wisata kuliner di Kota Lampung yang enak dan murah.

Bakso Son


Bakso Son

Berbeda dengan bakso Medan yang biasanya tak dikasih bihun.  Bakso dari Kota Lampung ini biasanya dikasih bihun. Salah satu bakso yang ada bihunnya bisa kalian dapatkan di Bakso Son.

Di tempat ini, baksonya tuh enak banget rasanya. Cita rasa yang ditumbalkan dari bakso Son bahkan sudah dikenal sampai daerah-daerah lain di luar Lampung. Cara masak kuliner baksonya sebetulnya tidak terlalu berbeda dengan cara masak bakso lainya. Hanya saja cara masaknya menggunakan tambahan berupa bumbu-bumbu jinten. Inilah yang membuat aroma baksonya lebih kuat.

Bagi kalian yang penasaran dengan cita rasa dari bakso ini. Silahkan segera saja datang ke Bakso Son sekarang juga. Bakso Son ini letaknya berada di jalan Wolter Mongonsidi 42 A, Bandar Lampung. 

Kisaran harga dari bakso ini sekitaran Rp 15.000 per porsi saja, harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk jam operasionalnya sendiri cukup lama. Warung bakso ini buka mulai dari kisaran pukul 10:00 hingga 21:00, setiap hari selalu buka.

Mie Khodon Lampung

Kalau di Medan ada mie ayam pedas mampus. Dimana kuliner ini dibuat dengan tambahan sambal yang ekstra pedas. Di Kota Lampung juga ada kuliner mie yang pedasnya kebangetan pake banget. Kuliner yang super pedas itu adalah kuliner Mie Khodon Lampung. Kalau dilihat dari penampakannya, sekilas mie ini mirip dengan bakmi. Hanya saja mie ini lebih pekat kuahnya.

Bahan-bahan mie khodon sendiri cukup kaya kreasi. Kuliner ini dibuat dengan mie kuning, sawi, tomat, kari sapi, dan bumbu-bumbu dapur lainnya. Untuk menciptakan rasa yang lebih nikmat, Mie Khodon ini ditambahkan telur setengah matang. Penambahan telur sendiri bisa telur ayam, atau telur bebek, tergantung selera dari pemesannya. Tapi yang jelas, baik telur ayam maupun telur bebek yang digunakan sama-sama enak kok.

Agar lebih gurih. Mie Khodon ini kemudian diberi toping berupa suiran ayam goreng. Adanya suiran ayam ini yang membuat mie khodon-nya terasa lebih gurih.

Mie Khodon Lampung sendiri cukup banyak peminatnya, tidak hanya dari Kota Lampung saja tapi juga banyak pengunjung yang datang ke tempat wisata kuliner ini. Hal ini lantaran Mie Khodon Lampung sudah tua banget umurnya. Tempat kuliner ini sudah ada sejak tahun 1965. Makanya Mie Khodon Lampung ini pelanggannya sudah menyebar ke mana-mana.

Kalian sendiri pasti penasaran kan dengan kuliner Mie Khodon ini, hayo ngaku ? Kalau kalian penasaran ingin mencoba kuliner Mie Khodon yang luar biasa enak ini, kalian bisa langsung saja datang ke tempat wisata kuliner Mie Khodon Lampung yang beralamatkan di Jalan Ikan Bawal, No 23 Teluk Bentung, Bandar Lampung.

Harga dari kuliner Mie Khodon Lampung ini cukup murah kok. Kalian bisa mendapatkan mie khodon ini dengan harga sekitar 12 ribu rupiah saja per porsinya. Harga segitu sih sudah murah banget ya. Makanya segera saja deh, kalian mampir ke tempat wisata kuliner mie khodon ini. Ajak keluarga ya, kalau datang ke tempat ini.

Pecel Lele Bu Gendut

Mendengar namanya saja bikin penasaran gila. Jangan-jangan, pemilik tempat wisata kuliner ini bertubuh gendut. Jangan-jangan tempat wisata kuliner ini pengunjungnya gendut-gendut semua. Aduuh.. jangan-jangan yang ada dipikirkan kalian yang ternyata meleset semua. hehe..

Dinamakan Pecel Lele Bu Gendut bukan karena pemilik tempat wisata kuliner ini bertubuh gendut. Dinamai Pecel Gendut juga bukan karena pembeli pecel lele di tempat ini orangnya gendut-gendut, bukan itu maksudnya. 

Dinamai Pecel Lele Bu Gendut karena pecel lele yang tersedia di tempat ini ukuran lelenya gendut-gendut banget, alias berukuran raksasa. Lele gendut itu kemudian diolah ke dalam olahan kuliner aneka lele. Ada lele pecak sambal hijau, lele bakar asam manis, dan lele goreng saus tiram.

Semua menu olahan lele yang disediakan oleh tempat wisata kuliner Lele Ibu Gendut sangat enak. Kualitas cita rasa dari lele ini gak main-main. Itulah mengapa tempat wisata kuliner Lele Ibu Gendut selalu saja laris manis diserbu banyak pengunjung.

Apalagi tempat wisata kuliner ini sudah buka sejak tahun  90-an. Tentu saja pengalaman, cita rasa, dan kelezatan dari aneka olahan Lele Ibu Gendut benar-benar amat jempolan sekali. Makanya segera saja deh kalian mampir ke tempat wisata kuliner Lele Ibu Gendut.

Tempat wisata kuliner yang super enak ini bisa kalian dapatkan dengan harga murah kok. Harganya sendiri cuma 15 ribuan per porsi saja. Ini jelas murah banget, murahnya gak ketulungan malah. Bagi kalian yang pingin segera icip-icip lelenya, silakan langsung saja datang ke tempat wisata kuliner Pecel Lele Bu Gendut yang berada di Jalan Ki Maja, Way Halim, Bandar Lampung.

Jumbo Kakap Seafood Resto

Sebagian kadang ada yang alergi dengan olahan lele. Hal ini karena lele sendiri terlalu tinggi kandungan lemaknya. Bagi yang sedang ada program diet, mengkonsumsi lele tentu saja jadi pantangan tersendiri.

Tapi tenang, di Kota Lampung ada kok tempat wisata kuliner yang menyediakan kuliner ikan lainnya yang bukan dari lele, kuliner itu bernama Jumbo Kakap Seafood Resto. Di tempat ini, kalian bisa menikmati aneka olahan ikan kakap dengan berbagai sajian masakan.

Mulai dari kakap gulai, sampai dengan kakap bakar pun ada. Bagi kalian yang hobi kuliner yang pedas-pedas. Di tempat ini sajian kuliner kakapnya kebetulan bercitarasa pedas, hal ini terlihat dengan penggunaan cabe hijau yang lumayan banyak.

Kendati pun kulinernya cukup pedas, kalian jangan khawatir. Soalnya di tempat ini tersedia aneka minuman pelepas pedas yang mengurung lidahmu itu. Di sini tersedia es teh, dan es jeruk yang bisa mengobati rasa pedas itu.

Oh ya, tempat wisata kulinernya juga sangat instagramgenik banget lho. Dinding tempat wisata kuliner di tempat ini banyak memakai ornamen batik, dan wayang. Ornamen batik, dan wayang ini keren buat foto-foto. Kalian pasti nanti akan disangka teman-teman medsos sebagai orang yang cinta akan budaya. Keren kan.

Makanya yuk langsung saja datang ke tempat wisata kuliner ini. Wisata Jumbo Kakap Seafood Resto ini berada di Jalan Kakap, No. 45, Teluk Betung, Bandar Lampung.

Eeeits..belum selesai sampai di sini ya gaes, masih banyak kok tempat-tempat kuliner lainnya di kota lampung yang coba ceritasakti.com rangkum di cerita Wisata Kuliner berikut-berikutnya...

Load comments