Wednesday, May 22, 2019

Tempat Wisata Kota di Yogyakarta yang Wajib di Kunjungi

CeritaSakti.com - Kota Yogyakarta terkenal masih sangat menjaga dan memegang teguh tradisi yang sudah di lakukan secara turun temurun. Yogyakarta adalah merupakan sebuah kota istimewa yang berada di jawa tengah. Selain tradisi uniknya, kota ini juga terkenal dengan banyaknya tempat wisata yang indah-indah.

Memang sudah sejak lama Kota Yogyakarta terkenal di kalangan wisatawan lokal dan wisatawan dari mancanegara untuk tujuan berwisata. Berikut beberapa tempat wisata menarik yang dimiliki yogyakarta.




Keraton Yogyakarta

Ingin berwisata yang berbau sejarah ? Kunjungi saja Keraton Yogyakarta, yang merupakan sebuah bangunan bersejarah dari Kesultanan Jogjakarta dan menjadi tempat tinggal bagi Sultan dan keluarganya.

Berkunjung ke Keraton Yogyakarta, kamu bisa melihat bangunan kuno yang khas keraton dan melihat lihat berbagai koleksi barang-barang bersejarah masa lampau milik Kesultanan Yogyakarta
yang sebagian besar merupakan hadiah dari Bangsa Eropa.

Bagi kamu yang sedang berlibur ke Yogyakarta dan ingin berkunjung ke Keraton, sebaiknya berkunjung pada waktu pagi hari, karena Keraton Yogyakarta hanya buka mulai jam 08.00 sampai jam 14.00 saja.

Candi Borobudur

Candi Borobudur secara letak geografisnya berada di kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Namun secara jarak tempuhnya, Candi Borobudur lebih dekat dikunjungi dari yogyakarta. Candi Borobudur merupakan tempat wisata yang menarik dan pernah termasuk ke dalam 7 keajaiban dunia. Candi Budha terbesar ini sudah terkenal di kalangan wisatawna mancanegara dan menjadi tujuan utama untuk menghabiskan waktu liburan.

Candi Borobudur Yogyakarta

Dari Kota Yogyakarta, candi ini berjarak sekitar kurang lebih 40 kilometer. Banyak biksu dari segala penjuru yang mendatangi candi ini untuk tujuan berziarah, karena candi borobudur merupakan tempat yang suci bagi para umat Budha.

Ditempat ini banyak ditemukan relief-relief dan konon memiliki patung bercorak Budha paling banyak di dunia. Memasuki area candi, kamu akan diharuskan memakai sarung yang dipinjamkan di pintu masuk dan harus mengembalikannya ketika keluar kompleks area candi.

Candi Prambanan

Selain Candi Borobudur, tempat wisata candi di Yogyakarta yang juga sudah terkenal adalah Candi Prambanan. Berbeda dengan candi budha borobudur, Candi Prambanan ini merupakan sebuah Candi Hindu terbesar di Indonesia. Banyak relief-relief yang mengisahkan tentang cerita Ramayana dan Krishnayana yang diukir mengelilingi dan menghiasi candi.

Lokasi tempat wisata di Yogyakarta yang menarik ini terletak sekitar 17 KM dari pusat Kota Yogyakarta. Kamu bisa mengunjungi tempat wisata ini menggunakan kendaraan pribadi, atau menggunakan transportasi umum.

Jika kamu ingin menggunakan transportasi umum kamu bisa naik bis dan turun di Halte Bus Prambanan. Dari sini lokasi candi sudah tidak jauh dan sangat mudah ditemukan karena letaknya berada dekat dengan jalan raya.

Museum Sisa Hartaku

Masih ingat dengan kejadian erupsi Gunung Merapi di tahun 2010 ? Bencana alam yang menyerang kota Yogyakarta, tepatnya di daerah Sleman. Nah, buat kamu yang ingin melihat atau sekedar flashback kejadian erupsi tahun 2010 itu, kamu bisa berkunjung ke Desa Kepuharjo Sleman Yogyakarta.

Museum Sisa Hartaku merupakan salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang masih terbilang baru, dan wajib untuk disinggahi. Disini kamu bisa melihat koleksi bangkai sepeda motor, gamelan yang terbakar, bangkai hewan sapi, dan koleksi lainnya.

Jalan Malioboro

Jalan Malioboro merupakan nama sebuah jalan di Kota Yogyakarta, yang juga menjadi salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang wajib untuk dikunjungi. Tanpa berkunjung kesini maka liburan kamu ke Yogyakarta akan berasa ada yang kurang Loh.

Lalu apa yang membuat Jalan Malioboro istimewa ? Di Jalan Malioboro kamu bisa menikmati wisata belanja dan wisata kuliner. Jika kamu berkunjung atau jalan-jalan kesini di siang hari, kamu bisa berwisata belanja dengan membeli beberapa oleh-oleh khas seperti kalung manik, pakaian, kerajinan tangan, dan lainnya dengan harga yang murah.

Sedangkan jika berkunjung di malam hari, kamu bisa menikmati wisata kuliner yang pastinya mantul suwer, sangat banyak orang yang menjajakan makanan khas Yogyakarta. Satu lagi yang sama sekali gak boleh dilewatkan jika berkunjung kesini, yaitu berfoto di papan penanda yang bertuliskan JL. MALIOBORO. Berfoto di papan penanda ini kamu harus rela antri karena peminatnya sangat banyak.

Istana Air Taman Sari

Tempat wisata di Yogyakarta yang satu ini juga patut kamu kunjungi adalah Istana Air Taman Sari. Dahulu tempat wisata ini merupakan tempat rekreasi dan meditasi untuk para keluarga Keraton Yogyakarta.

Selain itu, tempat wisata ini juga pernah digunakan sebagai benteng pertahanan. Tetapi sekarang Istana Air Taman Sari sudah menjadi tempat wisata buat umum dan sangat terkenal.

Harga untuk tiket masuk wisata ini kamu hanya perlu membayar 5.000 rupiah saja. Kamu bisa menikmati udara yang sejuk, berendam di kolam-kolam buatan dan menikmati harumnya aroma bunga yang berada disitu.

Letaknya berada di Jalan Taman Yogyakarta tidak terlalu jauh dari Keraton Yogyakarta, hanya sekitar 15 menit saja dari Alun-alun Utara Keraton.

Nah itulah beberapa tempat-tempat wisata di Yogyakarta yang wajib untuk dikunjungi, karena memiliki keindahan yang menakjubkan. Tunggu apalagi? ayo berlibur ke Yogyakarta dan kunjungi salah satu tempat wisata diatas. Oke.

Load comments